6 Cara Mengenali Karyawan Berpotensi Tinggi

Perusahaan papan atas dikenal unggul memimpin dalam hal mengidentifikasi pekerja yang terbaik. Inilah yang mereka cari…

Kesuksesan jangka panjang suatu perusahaan bergantung pada kemampuan dalam mengenali dan membimbing orang yang memiliki bakat dan potensi tinggi. Akan tetapi banyak pemimpin berasumsi bahwa kinerja karyawan saja sudah cukup membawa kesuksesan perusahaan tersebut, perlu diingat juga perilaku juga memegang penting dalam hal ini. Kenyataannya adalah perusahaan papan dikenal dapat menghasilkan pemimpin yang tahu bahwakinerja merupakan hal yang tidak sama dengan potensi.

Kinerja di satu tingkat tidak dapat memprediksi kinerja pada tingkat yang lebih tinggi. Potensi menyiratkan kemampuan untuk tumbuh, beradaptasi, dan mengubah diri sendiri sebagai ruang lingkup dan kompleksitas dari perubahan dan peningkatan pekerjaan seseorang. Jadi mengidentifikasi karyawan yang “berpotensi tinggi” harus didasarkan pada apakah dia memiliki karakteristik yang dibutuhkan untuk mengubah dirinya untuk dapat memenuhi persyaratan di tingkat berikutnya.

Berikut karakteristik yang berhubungan dengan seseorang yang berpotensi tinggi dan Anda harus memperhatikannya seperti seekor elang…

Kemampuan untuk belajar dan beradaptasi

Hal ini berarti dapat belajar dengan cepat, internalisasi pengetahuan yang diperoleh dari kesalahan dan keberhasilan, dan memperluas kapasitas dengan beradaptasi dalam kondisi baru. Termasuk juga di dalamnya beradaptasi pada dosis pekerjaan yang berat seperti istilah, “What got you here won’t get you there” (Apa yang membuat Anda di sini tidak akan membuat Anda di sana).

Jadi, carilah orang-orang yang dapat melatih ketajaman adaptif mereka.

Semangat untuk menang dan meningkat

Mantan seorang bos dariP&G (yang sekarang menjadi CEO salah satu perusahaan besar) pernah berkata, “Winners visibly exude a desire to win and get better. Losers hide” (Pemenang tampak memancarkan keinginan untuk menang dan mendapatkan yang lebih baik. Pecundang bersembunyi).

Perhatikanlah siapa saja yang gemar dalam mengejar peningkatan dan mempergunakan kegemarannya itu sebagai tantangan dan dorongan dalam meraih kesuksesan di tangan mereka.

Kemampuan untuk mempengaruhi secara efisien

Karyawan yang memiliki potensi paling tinggi dapat mempengaruhi orang lain dengan cepat tanpa ‘tawar-menawar’ yang tidak perlu dan berulang-ulang pada saat melakukan hal politik dalam bisnis. Mereka fokus pada apa yang benar, bukan siapa yang benar.

Terampilah dalam mengenali mereka yang berkemampuan dalam membawa orang lain bersama mereka dan mengurangi ketergantungan mereka pada kekuatan posisi untuk menyelesaikan sesuatu.

Kehadiran pribadi yang kuat

Terkait dengan hal di atas, orang-orang dengan pribadi yang kuat menanamkan kepercayaan pada orang lain. Mereka bertindak dengan empati yang besar dan melakukan sendiri dengan kode moral yang teguh untuk selalu melakukan apa yang benar. Mereka menginspirasi orang lain dengan kata-kata dan tindakan mereka.

Setiap pemimpin dapat membuat kekuatan posisi mereka menjadi fleksibel saat mereka bergerak ke atas. Mereka yang menggunakan kekuatan pribadi mereka lebih besar memiliki  efek yang menonjol sebagai orang yang berpotensi tinggi.

Perhatikan orang-orang yang menempatkan kekuatan pribadi dengan selalu melakukan ‘susah benar’ versus ‘mudah salah’, bagi mereka yang mengangkat moral dengan kata-kata dan tindakan mereka, dan bagi mereka yang merupakan lentera kepercayaan dan kepedulian yang terlihat.

Kecerdasan Emosional dengan Kecerdasan Intelektual (EQ dengan IQ)

Kecerdasan Intelektual merupakan topik yang hangat dibicarakan saat ini, dan inilah merupakan alasan yang baik. Ambil catatan khusus dari orang-orang yang melakukannya sendiri yang memiliki temperamen diri yang tinggi dengan kesadaran diri dan refleksi diri, itu seperti sebuah mercusuar perilaku yang berpotensi tinggi.

Berikan poin ekstra untuk mereka yang telah belajar membaca situasi dan berperilaku yang sesuai.

Ahli pengambil keputusan

Karyawan yang berpotensi tinggi memperhitungkan keputusan yang diambil sebagai kekuatan inti mereka. Mereka bisa memilah kompleksitas dan ambiguitas untuk membuat keputusan. Mereka tetap fleksibel jika ada masukan yang baru selama dalam pengambilan keputusan sambil memegang teguh apa yang telah diputuskan sebagai pedoman umum.

Mereka melihat pola dan membuat koneksi yang orang lain tidak dapat lakukan. Jangan lewatkan membuat hubungan sendiri, hal itu hadiah akhir untuk menemukan karyawan yang berpotensi tinggi.

 

Dari semua hal di atas, mengetahui tanda-tanda dari ‘rising star’adalah langkah pertama. Sekarang cari dan bimbing mereka yang telah membangun perilaku seperti karyawan berpotensi nilai A!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>