payroll outsourcing

7 Alasan Mengapa Harus Menggunakan Payroll Outsourcing

Sistem penggajian (payroll) di sebuah perusahaan adalah hal yang tidak bisa dianggap sepele. Hal ini tidak hanya soal memberikan kompensasi kepada karyawan, tetapi juga menyangkut hal-hal lain seperti laporan penggajian, perhitungan irreguler seperti THR, lembur, dan bonus, potongan pajak, pengelolaan BPJS, dan lain sebagainya. Divisi HRD yang mengurusi hal ini pun bahkan tak jarang mengalami kesulitan karena urusan payroll ini terbilang rumit dan menguras waktu.

Dalam upaya mengantisipasi risiko kesalahan dalam proses penggajian, maka sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa payroll outsourcing. Jasa ini disediakan oleh vendor sehingga perusahaan tak perlu lagi mengerjakan urusan penggajiannya sendiri karena akan dilakukan oleh pihak penyedia jasa. Dengan menggunakan payroll outsourcing, efisiensi bisa didapat sehingga kerja HRD bisa terbantu.

Namun selain itu, masih ada 7 alasan lain mengapa payroll outsourcing harus digunakan oleh perusahaan. Apa saja alasan tersebut?  Berikut penjelasannya.

 

1.     Menghemat Biaya

Perusahaan mana yang tidak ingin hemat, bukan? Tapi mengapa dengan menggunakan payroll outsourcing justru bisa menghemat pengeluaran padahal harus membayar jasa lain?

Mengalihdayakan proses penggajian kepada jasa payroll outsourcing sebenarnya akan menghemat biaya dalam jangka panjang. Secara sederhananya, dengan menggunakan jasa payroll outsourcing, artinya perusahaan tak perlu mempekerjakan dan melatih karyawan untuk urusan penggajian, tak perlu membayar gaji dan pajak atas karyawan tersebut, dan tak perlu membeli software akuntansi yang cukup mahal.

 

Baca Juga: Minimalkan Biaya Operasional Perusahaan Anda dengan Payroll Service

 

2.     Menghemat Waktu

Dikutip dari laman inc.com, Karen McMullen berpendapat bahwa salah satu tantangan utama bagi proses penggajian di perusahaan adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya dan ketidakmampuan untuk menemukan cara yang efektif.

Ya, meskipun pekerjaan penggajian adalah pekerjaan rutin tiap bulan, tetapi detail pengerjaannya tetap membutuhkan waktu yang tak cepat. Oleh karena itu, memberikan tugas rutin namun detail ini kepada pihak yang profesional menjadi langkah strategis. Bagi perusahaan kecil termasuk startup juga banyak yang menggunakannya karena biasanya mereka belum memiliki karyawan khusus sehingga perlu bantuan yang lebih ahli.

 

3.     Fokus Pada Pengembangan Bisnis

Pekerjaan penggajian memang bukan inti-usaha di perusahaan produksi tetapi perannya sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan. Oleh karena itu, dengan penggunaan jasa payroll outsourcing akan membantu banyak perusahaan untuk bisa lebih fokus pada hal-hal yang membantu bisnis anda lebih berkembang seperti meningkatkan penjualan dan memperluas bisnis.

 

4.     Meningkatkan Keamanan Data

Mengerjakan proses data penggajian secara mandiri oleh perusahaan artinya beberapa karyawan bisa mendapatkan akses ke informasi payroll di server perusahaan. Hal ini memungkinkan terjadinya pengutak-atikan catatan untuk kepentingan pribadi karyawan dan risiko penggelapan lainnya.

Berbeda jika menggunakan jasa payroll outsourcing, data perusahaan tidak diketahui oleh karyawan internal karena diurus oleh pihak ketiga. Artinya keamanan data bisa lebih terjaga dan peluang adanya kecurangan untuk kepentingan pribadi menjadi lebih kecil. Namun perusahaan tetap harus teliti dalam mencari vendor payroll outsourcing dengan melihat profil dan rekam jejak perusahaan tersebut.

 

5.     Dikerjakan oleh Ahlinya

Melalui payroll outsourcing, artinya perusahaan menyerahkan proses pekerjaan penggajian kepada yang lebih ahli dan profesional. Perusahaan bisa mendapatkan akses langsung ke tenaga ahli sehingga segala macam problem bisa diselesaikan dengan benar dan tepat. Lebih dari itu, perusahaan payroll outsourcing juga bisa melakukan pelatihan standar atau bahkan datang ke kantor untuk melakukan sesi pelatihan dan konsultasi kepada manajemen dan staf.

 

6.     Menghasilkan Laporan yang Lebih Baik

Berkaitan dengan poin 4, suatu pekerjaan yang dikerjakan oleh ahlinya tentu akan menghasilkan produk yang lebih baik pula. Begitupun dalam urusan penggajian, dengan dikerjakan oleh payroll outsourcing yang profesional maka hasil laporan akan lebih baik seperti tingkat akurasi yang lebih tinggi, pembuatan laporan gaji yang lebih lengkap, dan adanya standarisasi yang terjamin.

 

7.     Menghindari Kesalahan dan Sanksi Pajak

Perusahaan/vendor payroll outsourcing juga akan membantu dalam membuat laporan pajak karyawan dengan semua form yang dibutuhkan. Hal ini penting karena nyatanya banyak perusahaan terutama yang baru merintis justru belum memahami sistem perpajakan sehingga mendapat sanksi. Sanksi atas kesalahan, kelalaian, atau keterlambatan pembayaran pajak ini bisa menjadi sangat mahal dan tentu merugikan perusahaan itu sendiri.

 

Penggunaan jasa payroll outsourcing adalah salah satu cara efektif untuk membantu perusahaan agar bisa lebih fokus kepada hal-hal yang lebih produktif. Selain memberikan kemudahan, payroll outsourcing juga bisa menghemat pengeluaran perusahaan bahkan membantu meningkatkan produktifitas perusahaan tersebut.

 

LinovHR sebagai penyedia jasa payroll outsourcing di Indonesia dapat membantu anda untuk mengelola penggajian karyawan, pengelolaan  BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, pengelolaan PPh 21, perencanaan dan assesment kebutuhan payroll serta automatisasi data payroll.

 

Dapatkan kemudahan mengelola payroll perusahaan bersama LinovHR Payroll Outsourcing