Budaya Kerja

7 Budaya Kerja Yang Bisa Tingkatkan Produktivitas

Bagi siapapun yang merupakan seorang pekerja dalam suatu perusahaan, pasti sangat ingin bekerja di tempat yang nyaman dan menyenangkan. Namun, sekarang ini tidak sedikit pekerja yang malah merasa tertekan dan tidak nyaman denga tempat kerjanya, ini bisa jadi karena atasannya membuat aturan yang sangat kolot, yang mementingkan hasil dibandingkan karyawannya. Padahal, bila karyawan merasa senang, kinerjanya pun bisa terjamin kualitas dan kuantitasnya, atau bisa dibilang karyawan bisa semakin produktif. Nah, untuk menghindari ketidaknyamanan karyawan dalam bekerja, berikut ini adalah 7 budaya kerja yang bisa tingkatkan produktivitas.

 

1. Aturlah Tantangan untuk Karyawan

Dalam perusahaan, apalagi yang mengutamakan hasil tentunya akan ada rasa persaingan diantara mereka. Persaingan yang dilakukan secara sehat tentu sangat baik untuk perusahaan, dibandingkan harus melakukan kecurangan-kecurangan tertentu. Nah, sebaiknya perusahaan sudah bisa mengatur cara bersaing para karyawannya. Misalnya saja, dengan membuat beberapa tim dengan dipimpin oleh satu orang. Terapkan aturan-aturan tertentu yang mempersilahkan mereka bekerja sekreatif mungkin. Budaya kerja yang lebih terbuka dengan kreatifitas akan sangat membantu pada perusahaan.

 

2. Jangan Larang Karyawan Beristirahat bila Memang Sudah Waktunya

Perusahaan tentunya mempunyai waktu kerja dan waktu istirahat, misalnya saja dalam 8 jam kerja, ada kesempatan 1 jam untuk beristirahat. Jangan sampai karyawan dibiarkan kerja lembur bagai kuda tanpa ada istirahatnya sama sekali, karena mereka adalah manusia bukan mesin. Karena hingga sekarang masih saja ada perusahaan yang beranggapan bahwa membiarkan karyawannya bekerja tanpa istirahat non stop akan lebih produktif, padahal faktanya anggapan tersebut adalah salah besar. Dengan menyempatkan waktu untuk beristirahat, karyawan bisa mengistirahatkan pikiran, membuatnya lebih fokus kembali dibandingkan sebelumnya.

 

Baca Juga: Jam Kerja Tetap Vs Jam Kerja Fleksibel

 

3. Buat Acara yang Mempererat Kerjasama antara Karyawan dan Atasan

Seseorang bisa lebih produktif dan nyaman bekerja di dalam kantornya bial mereka merasa nyaman juga dengan kondisi kantor, dengan karyawan dan atasannya. Bila ada pembatas yang membuat mereka bahkan tidak bisa bergerak dan hanya boleh melakukan pekerjaanya saja itu malah membuat tidak produktif bahkan perusahaan cenderung tidak akan maju sebab menutup kreatifitas dari para karyawannya. Buatlah sebuah kantor seperti rumah kedua bagi karyawan, ciptakan suasana kerja karyawan dengan mempererat hubungan antara karyawan dan atasan.

 

4. Penghargaan pada Prestasi Karyawan

Penghargaan yang dilakukan perusahaan pada karyawan juga akan memicu karyawan untuk semakin lebih produktif. Ada banyak cara yang bisa dilakukan khususnya untuk merayakan prestasi, misalnya saja dengan memberikan gaji tambahan, promosi ataupun bonus. Hal ini dapat anda pelajari pada artikel mengenai contoh reward dan punishment di dalam perusahaan.

 

5. Fokuslah pada Produktivitas Karyawan, Bukan Hanya Jadwalnya

Cara lain yang juga bisa membantu karyawan meningkatkan produktivitas kerjanya adalah dengan mendorong mereka secara langsung. Alih-alih harus mengatur jadwal yang sangat ketat, lebih baik Anda memberikan keleluasaan namun masih teratur agar tidak terlalu bebas.

 

6. Membuat Suasana Ruangan yang Nyaman

Kantor merupakan tempat yang akan digunakan karyawan bekerja selama berjam-jam, mereka dituntut harus bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik di tempat tersebut. Namun, apa jadinya bila perusahaan membuat sebuah kantor yang membuat karyawannya tidak nyaman? Tentu saja itu akan mempengaruhi pada kinerja karyawan. Misalnya saja, kantor yang gelap, pencahayaan yang buruk, warna cat yang tidak sesuai, pengap dan yang lainnya, itu malah akan membuat tidak nyaman. Usahakanlah Anda bisa membuat kantor yang sangat nyaman, sekarang ini sudah banyak sekali desain-desain kantor yang bisa dijadikan referensi.

 

7. Membantu Penyelesaian Masalah Karyawan

Tidak selamanya karyawan akan bekerja  tanpa ada masalah, bisa saja sewaktu-waktu mereka mendapatkan masalah yang akan mengganggu pada kinerjanya. Misalnya saja masalah antar karyawan atau antar pribadi, perusahaan harus mampu menghindari hal ini. Jangan sampai masalah yang dimiliki karyawan benar-benar mengganggu pada pekerjaan. Manfaatkanlah HRD sebagai tempat mediasi atau menyelesaikan masalah tertentu dengan baik agar kinerja karyawan tetap bisa terjaga.

 

Itulah 7 budaya kerja yang bisa tingkatkan produktivitas karyawan saat bekerja. Ingat, produktif bukan berarti bekerja tanpa henti, namun karyawan bisa memberikan hasil yang terbaik dan maksimal dalam pekerjaanya.