promosi jabatan

Promosi Jabatan Tak Kunjung Tiba? Ini Alasannya!

Promosi jabatan? Semua karyawan tentu saja menginginkannya, karena promosi jabatan bukan hanya kesempatan yang bisa membuka peluang untuk kenaikan gaji atau tunjangan saja. Lebih daripada itu, promosi tersebut bisa menjadi salah satu bentuk penghargaan atas hasil kerja keras yang telah Anda lakukan selama bekerja, selain itu hal tersebut juga menandakan bahwa Anda sudah sangat dipercaya oleh perusahaan untuk memegang peranan yang lebih penting di dalam suatu perusahaan. Namun sayangnya tidak semua karyawan bisa mendapatkan promosi jabatan meskipun telah bekerja dalam waktu cukup lama. Lantas, mengapa promosi jabatan tak kunjung tiba? Ini alasannya!

 

1. Skill Masih sangat kurang

Biarpun sudah bekerja lama dalam perusahaan tapi skill Anda masih sangat kurang dan belum memenuhi kualifikasi, tentu saja hal tersebut akan sangat mempengaruhi pada promosi jabatan yang Anda inginkan. Misalnya saja, Anda memiliki kemampuan dalam bidang graphic design, namun sayangnya Anda malah bekerja di dalam dunia perbankan. Tentu saja Anda tidak akan mudah mendapatkan promosi sebab kemampuan Anda belum memenuhi. Solusinya adalah sebaiknya ikuti berbagai macam pelatihan yang bisa mendukung job desk Anda.

 

2. Tidak Terlihat Istimewa dan menonjol

Memperlihatkan bagaimana hasil kerja Ada dihadapan atasan juga sangat penting, ini bukan berarti Anda sedang menyombongkan diri namun Anda bisa memperlihatkan bahwa itulah kemampuan yang dimiliki. Sayang sekali rasanya bila kemampuan sudah cukup tinggi dibandingkan yang lainnya, namun Anda sangat pasif sehingga perusahaan tidak melihat pada kemampuan yang Anda miliki dan Anda malah kehilangan kesempatan untuk memperoleh promosi kerja.

 

3. Kompetensi soft skill

Selama bekerja di dalam perusahaan, mungkin saja Anda berpikir bahwa Anda sudah menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan tepat waktu. Namun sayangnya di lain sisi, Anda tidak mempunyai keahlian untuk memimpin bahkan sangat pasif. Kalau sudah begini, Anda jangan heran bila ternyata rekan karja Anda malah memperoleh promosi kerja yang lebih dulu.

Mungkin saja, perusahaan lebih melihat bahwa karyawan baru memiliki kemampuan memimpin yang lebih baik serta bisa memberikan ide dan masuk ke dalam diskusi ketika sedang mengadakan meeting. Solusinya, tentu saja keluarlah dari comfort zone Anda! Berusahalah untuk aktif dan menyampaikan ide yang Anda miliki. Buatlah atasan melihat kemampuan yang Anda miliki dan menyadari bahwa Anda mempunyai jiwa kepemimpinan.

 

Baca Juga: 10 Jenis Soft Skill yang Membuat Karier Anda Meroket

 

4. Perusahaan belum membuka kesempatan promosi

Sebaiknya Anda juga jangan berkecil hati bila belum mendapatkan promosi kerja meskipun Anda menyadari bahwa skill sudah sangat memenuhi. Bahkan kinerja yang dimiliki juga sudah sangat maksimal. Ini mungkin saja karena perusahaan belum membuka peluang pengisian posisi oleh orang baru atau belum membuka kesempatan promosi kerja untuk karyawan lain.

 

5. Kepribadian karyawan yang buruk

Kepribadian juga sangat mempengaruhi pada kelayakan Anda dalam bekerja ya! Siapa sih perusahaan yang mau mempekerjakan karyawan dengan etika buruk di samping keahliannya yang tinggi? Tidak ada yang mau! Perusahaan akan lebih mempertimbangkan secara matang, bahkan bisa saja keputusan untuk mengganti karyawan agar bisa mendapatkan yang lebih baik lagi terlintas oleh perusahaan.

 

Baca Juga: 7 Indikator Penilaian Dalam Promosi Jabatan

 

Itulah beberapa alasan mengapa promosi jabatan yang Anda inginkan tidak kunjung Anda dapatkan. Namun terlepas dari beberapa hal di atas, bila Anda merasa bahwa perusahaan tidak pernah memberikan kepastian mengenai promosi jabatan sebaiknya segeralah melakukan evaluasi pada diri sendiri di dalam perusahaan. Tidak ada salahnya juga bila Anda memutuskan untuk bekerja di dalam perusahaan lain agar bisa mendapatkan tempat yang tepat.