Slip Gaji

Proses penghitungan slip gaji mengalami permasalahan teknis akibat kesalahan manusia (human error). Akan berbeda jika Anda sebagai pengusaha sedang menjalankan bisnisnya yang lagi berkembang, bisa jadi saat yang tepat bahwa Anda ingin menggunakan Software Payroll Indonesia berbasis cloud seperti Linovhr. Sehingga penghitungan gaji dilakukan dengan lebih cepat dan lebih akurat.

Kali ini LinovHR akan share mengenai format slip gaji dan komponen penyusun slip gaji beserta contohnya.

Format Slip Gaji

Format slip gaji karyawan untuk tiap perusahaan bisa berbeda tergantung dari komponen-komponen yang ingin dimasukkan. Format slip gaji karyawan terdiri dari beberapa bagian yang meliputi:

1. Nama Perusahaan

Ini adalah koponen utama yang berguna untuk memastikan jika perusahaan yang membuat slip gaji karyawan itu.

2. Menyatakan kerahasiaan dokumen

Di bawah nama perusahaan adalah penjelasan yang menegaskan kerahasiaan slip gaji ini. Kerahasiaan tersebut bisa berupa kalimat “Private and Confidential“. Hal ini beraarti bahwa slip gaji tersebut adalah dokumen rahasia dimana karyawan yang namanya tertera di dalamnya saja yang boleh mengetahui.

3. Tanggal pembayaran dan data karyawan

Selanjutnya dari format slip gaji karyawan yakni tanggal pembayaran, penjelasan sub departemen serta data karyawan. Data karyawan bisa berupa nama karyawan, nomor pegawai serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

4. Besarnya gaji dan jumlah potongan

Komponen berikutnya dari format slip gaji karyawan yaitu jumlah gaji dan potongan yang didapat oleh setiap karyawan. Penghasilan atau gaji meliputi gaji pokok, tunjangan serta insentif lain. Sedangkan, potongan meliputi premi kesehatan BPJS, saving plan karyawan, utang karyawan ke perusahaan serta iuran keanggotaan karyawan, contohnya ke koperasi perusahaan.

5. Keterangan lengkap pembayaran

Komponen terakhir yaitu keterangan lengkap mengenai pembayaran gaji, dimana hal ini berisi penghasilan tahun berjalan sebelum dikurangi pajak, penghasilan tahun berjalan sesudah dikurangi pajak, pajak bulan berjalan, total uang yang diperoleh karyawan dan nama bank sebagai institusi  pembayar.

 

Komponen Slip Gaji

Tak jarang, komponen gaji yang tercantum di dalam slip gaji. Pada prinsipnya, komponen gaji meliputi gaji pokok dan tunjangan tetap. Besaran gaji pokok setidaknya 75 % dari jumlah gaji pokok dan tunjangan tetap sebagaimana tercantum dalam UU No. 13 tahun 2003.

  1. Gaji Pokok merupakan gaji dasar yang ditentukan bergantung dari jabatan atau pekerjaan tertentu. Perusahaan mematok gaji pokok mengikuti jabatan atau jenjang karir, dimana hal ini mencerminkan kualifikasi dan kompetensi dari karyawan yang mengembannya.

  2. Tunjangan merupakan pelengkap dari gaji pokok. Fungsinya bisa bersifat sosial ataupun insentif. Beberapa jenis tunjangan adalah tunjangan jabatan, tunjangan transportasi, tunjangan makan. Ada juga pembagian tunjangan menjadi tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

  3. Potongan diambil untuk hal-hal yang terkait dengan karyawan, seperti potongan pajak penghasilan, potongan pinjaman, premi asuransi kesehatan BPJS, premi asuransi hari tua dan iuran keanggotaan BPJS.

  4. Lembur adalah waktu kerja yang melebihi 7 jam sehari dan 40 jam seminggu (Menakertrans No.102/MEN/VI/2004). Bila karyawan bekerja lembur maka sudah semestinya akan memperoleh uang tambahan tersendiri.

  5. Komisi / Bonus Tahunan biasanya dimasukkan kategori pendapatan tidak tetap dalam slip gaji. Komisi atau bonus biasanya ditentukan oleh performa kerja.

 

Contoh Slip Gaji

Laporan slip gaji di cetak setiap bulan untuk diberikan kepada karyawan. Berikut contohnya.

Contoh dan Format Slip Gaji Sederhana

Jika Anda sebagai pengusaha atau pemilik industri merasa sulit untuk membuat salary slip, maka Anda bisa mengelola salary slip untuk seluruh karyawan dengan mudah melalui Jasa Payroll Outsourcing kami. Jangan ragu untuk menghubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>