aplikasi absensi

Aplikasi Absensi LinovHR dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Melakukan pencatatan kehadiran pegawai adalah pekerjaan yang menyita waktu. Tak hanya harus tahu berapa banyak jam kerja yang dilalui karyawan, tapi juga harus paham alokasi waktu yang dipunyai tiap pegawai. Akan repot jika suatu perusahaan tetap melakukan pekerjaan semacam ini secara manual atau melalui sistem absensi finger print

.

Satu persoalan besar menyangkut kehadiran karyawan yaitu pencurian waktu, baik itu waktu masuk atau keluar. Survey dari Kessler International menyebut bahwa 80% pekerja mengakui pernah mencuri waktu. Penggunaan sistem kehadiran elektronik, LinovHR misalnya, mampu mengurangi tindakan tak professional ini. Masih ada banyak keunggulan lain yang bisa didapat dari sistem aplikasi absensi ini.

 

1. Mengurangi Peluang Error

Tak ada individu yang sempurna, meski sudah punya spreadsheet atau alat komputasi lain. Bahkan penulis paling akurat sekalipun akan mengalami kesalahan tiap menulis 300 karakter. Padahal satu kesalahan kecil bisa berpengaruh langsung ke manajemen perusahaan dan nasib karyawan.

Mengutip dari Inc, software dan aplikasi absensi mampu mengurangi kesalahan input data hingga 80% karena human error. Inilah manfaat paling dasar yang coba diberikan aplikasi absensi LinovHR, bahwa perusahaan mampu menekan kesalahan saat akan mengkalkulasi kehadiran karyawan.

Dengan sistem absensi berbasis aplikasi, LinovHR memberi kemudahan untuk mengkalkulasi jam kehadiran pegawai tanpa menyita banyak waktu. Jumlah waktu yang dihemat akan memberi efek yang luar biasa besar terhadap produktivitas kerja, juga tingkat kepuasan karyawan secara keseluruhan.

 

2. Akurasi Tinggi

Dibanding dengan buku absensi manual, aplikasi absensi jelas lebih unggul dalam aspek akurasi tinggi. Berkat teknologi tinggi yang ada pada aplikasi absensi, semua catatan kehadiran terdokumentasi secara pasti dan sistematis. Selain itu, pelaporan juga akan lebih mudah dibuat lewat aplikasi absensi.

Aplikasi absensi sudah teruji dengan menghasilkan prosentase data sampai 99% akurat tanpa ada intervensi campur tangan manusia sama sekali. Dengan sistem yang berjalan otomatis, pencatatan dan pengelolaan waktu tiap karyawan akan lebih mudah dilakukan.

Satu contoh, saat karyawan melakukan absen, aplikasi akan merekam waktu masuk dan keluar secara pasti. Karyawan juga tak kuatir gaji lembur tak akan terbayar karena datanya sudah ada, dan perusahaan juga bisa melihat berapa waktu efektif yang digunakan karyawan untuk bekerja. Hasilnya, tingkat produktivitas keseluruhan perusahaan akan terangkat.

 

3. Memudahkan Proses Perhitungan Penggajian

Dengan sistem lama, karyawan diharuskan mengisi semacam formulir lalu dinilai manajer kemudian diserahkan ke bagian keuangan sebelum gaji benar-benar diproses. Keseluruhan proses ini butuh waktu tak sebentar juga tenaga yang tak sedikit pula, dan tak jarang banyak kesalahan terjadi.

Metode semacam ini jelas tak efisien untuk perusahaan skala besar, juga rentan terjadi salah hitung sehingga menyebabkan karyawan tak menerima haknya secara layak. Suasana kerja menjadi tak kondusif karena karyawan frustasi akibat merasa dicurangi perusahaan.

Lewat aplikasi absensi, waktu masuk dan keluar karyawan secara pasti tercatat dalam bentuk digital sehingga mudah di-review bagi yang punya kepentingan. Selain itu, aplikasi absensi macam LinovHR mudah diintegrasikan dengan sistem payroll dan HR untuk kepentingan penghitungan gaji, liburan, cuti, sakit, waktu lembur, dan fasilitas.

 

4. Hemat Anggaran

Pernahkan berpikir berapa banyak anggaran yang bisa diselamatkan lewat sistem aplikasi absensi online ? Studi dari Axsium Group melaporkan bahwa perusahaan besar mampu menghemat uang sampai USD 1,600 dari tiap karyawan dari beberapa sebab, seperti tidak akurasinya pelaporan, titip absen, tidak masuk, salah jadwal, dan gaji berlebih.

Di sisi lain, perusahaan kompetitif adalah perusahaan yang secara aktif mengejar pertumbuhan bisnis sambil menyeimbangkan neraca anggaran. Sistem pelacakan waktu kehadiran didesain untuk meningkatkan performa manajemen sehingga mampu mencapai tujuan lebih cepat.

Meski aplikasi absensi online terlihat mahal, yang terjadi adalah sebaliknya. Aplikasi absensi sangat hemat material, karena tak perlu mengganti kartu yang hilang dengan kartu baru. Waktu yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dari buku absensi juga bisa dipertimbangkan memakan biaya, dan ini akan tergantikan dengan aplikasi absensi.

 

5. Hemat Kertas

Menyortir, mengorganisir, dan memproses buku kehadiran bisa sangat mengkonsumsi waktu. Tak hanya sebatas kertas, buku kehadiran butuh alat penunjang lain seperti pulpen atau pensil, mesin pencetak, dan tinta. Semua ini adalah kebutuhan periodik yang harus dipenuhi tiap jangka waktu tertentu.

Hadirnya  aplikasi absensi LinovHR  juga bisa menggantikan semua kebutuhan alat di atas. Belum lagi jika mengingat kampanye ramah lingkungan yang sudah mulai marak dilakukan. Alih-alih memakai tumpukan ratusan kertas yang hanya dipakai sekali lalu memenuhi gudang penyimpanan, informasi tentang kehadiran karyawan bisa disimpan dalam database aplikasi absensi.

 

Database ini nantinya dapat dibuka dari mana saja asal memiliki akses, dan ini menghemat biaya jasa penyimpanan dan pengiriman. Bisa dibayangkan, perusahaan skala besar dengan ribuan karyawan pasti kesulitan menyimpan data karena butuh banyak tempat. Tapi dengan sistem berbasis aplikasi, data akan lebih mudah dikelola dan disortir untuk berbagai keperluan.

 

Dari beberapa kemudahan yang sudah dijelaskan di atas, dapat dikatakan bahwa penggunaan aplikasi absensi LinovHR sebagai sistem HR yang terpadu menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi bagian dari proses bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami. Dan dapatkan akses akun aplikasi absensi LinovHR.  Coba aplikasi LinovHR gratis disini