aplikasi absensi dengan lokasi

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online dengan Lokasi

Kehadiran karyawan beserta lokasi kerjanya adalah informasi penting yang perlu dicatat. Hal ini harus diterapkan terutama pada perusahaan-perusahaan yang menerapkan berbagai lokasi kerja, tidak fokus pada kantor pusat saja.

Dalam mencatat kehadiran dan lokasi kerja karyawan, Anda membutuhkan aplikasi absensi online dengan lokasi. Jika Anda membutuhkan rekomendasi aplikasi, artikel ini akan membantu Anda.

Berikut adalah rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan, simak semuanya dalam artikel LinovHR ini!

 

Perusahaan yang Perlu Aplikasi Absensi Online dengan Lokasi

Beberapa perusahaan hanya membutuhkan catatan waktu kehadiran dan kepulangan karyawan. Di perusahaan-perusahaan tersebut, pencatatan lokasi kerja karyawan tidak menjadi prioritas.

Namun, ada pula perusahaan yang harus memantau lokasi kerja karyawan. Untuk benar-benar memastikan bahwa karyawan benar-benar ada dan hadir di lokasi tersebut.

Pemantauan tersebut bisa dicapai dengan menggunakan aplikasi absensi dengan lokasi. Jika menggunakan sistem absensi yang mendukung lokasi, perusahaan bisa tahu lokasi karyawan bekerja sehingga kecurangan pun dapat diminimalisir.

Perusahaan apa yang harus memantau lokasi kerja karyawan? Inilah daftarnya:

  • Perusahaan outsourcing
  • Perusahaan ekspedisi
  • Perusahaan transportasi
  • Perusahaan logistik
  • Perusahaan tambang
  • Perusahaan konstruksi 
  • Media online

 

Mengapa perusahaan-perusahaan tersebut perlu menggunakan sistem absensi berbasis lokasi?

Ini karena karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut bisa berpindah-pindah lokasi kerja, tidak hanya di kantor pusat. 

Untuk mengatasi karyawan yang mangkir dari kerjanya, perusahaan menggunakan aplikasi absensi dengan lokasi agar tempat kerja karyawan diketahui.

 

Baca Juga: Aplikasi Absen Online Bantu Perusahaan Tetap Terhubung dengan Pekerja Lapangan

 

Daftar Aplikasi Absen Online dengan GPS Terbaik

Berdasarkan uraian sebelumnya, menggunakan sistem absensi dengan fungsi GPS adalah hal yang penting. Namun, Anda juga tidak bisa sembarangan memilih aplikasi absensi online dengan lokasi. 

Anda harus memilih aplikasi dengan fitur-fitur terbaik yang bisa mendukung kegiatan perusahaan dengan optimal.

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi presensi dengan lokasi yang dapat Anda pilih:

 

1. Aplikasi Absensi LinovHR

 

Aplikasi Absensi Online
Aplikasi Absensi Online

 

Aplikasi absensi online dengan lokasi yang paling lengkap adalah Aplikasi Absensi LinovHR. Aplikasi ini tak hanya memiliki fitur absensi, tetapi juga payroll, time management, reimbursement, dan request

Meskipun memiliki fitur yang lengkap, aplikasi ini tetap mudah digunakan karena UI/UX yang sederhana dengan memori perangkat yang ringan serta bisa digunakan di Android dan iOS.

Fitur yang akan Anda terima jika menggunakan Aplikasi Absensi LinovHR ini adalah:

 

  • Absensi, yaitu fitur pencatatan kehadiran dan kepulangan karyawan. Fitur ini memungkinkan karyawan melakukan absen menggunakan fingerprint, dan face recognition. Dilengkapi juga dengan pencatatan lokasi yang akurat untuk menandai posisi karyawan. Untuk mengantisipasi kecurangan, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan anti fake, anti root, anti jailbreak. Sehingga, tingkat kecurangan karyawan bisa ditekan.
  • Payroll, yaitu fitur yang memungkinkan karyawan dapat melihat data payroll-nya, misalnya slip gaji.
  • Reimbursement, yaitu fitur yang memudahkan karyawan dalam melakukan reimburse kepada perusahaan, misalnya reimburse medis dan perjalanan bisnis. 
  • Time Management, yaitu fitur yang membantu karyawan melihat catatan kehadirannya, kalender perusahaan, serta riwayat izin.
  • Request, yaitu fitur pengajuan izin cuti, lembur, ataupun izin secara mandiri.

 

geotagging
geotagging pada sistem absensi online LinovHR

 

2. Time Doctor

Aplikasi Time Doctor bisa diunduh di smartphone dan diintegrasikan dengan aplikasi pada desktop. Jika menggunakan Android, aplikasi ini bisa melacak lokasi karyawan dengan GPS. Selain absensi lokasi, aplikasi Time Doctor juga memungkinkan karyawan melihat tugas baru dan kemajuan pekerjaannya atau pekerjaan anggota tim.

 

2. Open Time Clock

Aplikasi absen selanjutnya adalah Open Time Clock. Aplikasi yang berasal dari Amerika Serikat ini memiliki banyak fitur yang mendukung absensi, yaitu GPS and map, face recognition, barcode RFID, dan webcam photo. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur lain seperti shift scheduling dan job tracking.

 

3. LaborSync

LaborSync adalah aplikasi absensi asal Amerika Serikat yang fitur absensi online dengan GPS, bahkan payroll dan project management. Sebagai fitur tambahan, aplikasi ini juga memiliki fitur chat agar karyawan bisa saling berkomunikasi dan berkoordinasi dengan mudah.

 

4. Hubstaff

Hubstaff Time & Hours Tracker memiliki fitur yang cukup lengkap, yaitu absensi dengan lokasi, payroll, time tracking, dan manajemen HR. Aplikasi ini bahkan juga bisa dihubungkan dengan aplikasi bisnis lain seperti Quickbooks.

 

mobile ess

 

Itulah ulasan lengkap mengenai aplikasi absensi online dengan lokasi yang perlu diterapkan dalam bisnis Anda.

Jangan sampai lokasi kerja karyawan tidak tercatat, segeralah gunakan aplikasi absensi berbasis lokasi terbaik yaitu Aplikasi Absensi LinovHR. Ajukan demo gratisnya sekarang!