Aplikasi HR berbasis Web

Aplikasi HR Berbasis Cloud, Tren Bisnis Masa Ini!

Mengelola sumber daya manusia dengan aplikasi HR berbasis cloud – software online – dibandingkan cara manual atau menggunakan sistem komputer di kantor – merupakan tren bisnis masa kini. Cara ini strategis dan dapat diandalkan, memampukan perusahaan untuk memperbaiki proses dan menyelaraskan program karyawan dengan tujuan bisnis.

Perusahaan yang menggunakan aplikasi HR berbasis cloud mempunyai keunggulan produktivitas dan biaya dibandingkan yang menggunakan teknologi yang lebih lama dan proses manual.

Berbasiskan cloud, perusahaan bisa mendapatkan aplikasi HR terintegrasi yang bisa menjangkau berbagai lokasi kerja dengan mudah. Selain itu tidak diperlukan biaya operasional yang tinggi dan tidak membutuhkan upgrade software terus menerus.

Beberapa manfaat dari aplikasi HR berbasiskan cloud yang bisa menyelaraskan tugas dan membebaskan waktu HRD dan perusahaan untuk aktivitas yang lebih strategis:

Online Oriented

Keuntungan administrasi secara online, seperti pendaftaran karyawan baru, mengubah tunjangan secara otomatis saat diperlukan, dan membuat slip gaji otomatis.

Manajemen siklus kerja karyawan

HRD bisa melihat kinerja karyawan, mulai dari bekerja hingga pensiun, tunjangan yang pernah diterima, evaluasi kinerja, perubahan gaji, cuti, lembur, sertifikasi, dan sebagainya. Anda juga bisa melihat aset perusahaan yang dititipkan kepada karyawan seperti peralatan kerja dan kendaraan.

Sistem self-service

Karyawan bisa melihat riwayat kerja mereka, membuat permohonan cuti, mendaftar training, dan memperbaharui kontak pribadi, online, kapan saja. Ini bisa mengurangi telepon dan email ke HRD. Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa self-service dan akses ini mendorong interaksi karyawan.

Kemudahan bagi manajer

Technology cloud mempercepat manajer dalam membuat keputusan. Melalui perangkat mobile, mereka bisa menyetujui permintaan cuti, mereview absensi, melihat informasi karyawan, dan sebagainya.

Satu sistem pelaporan

Aplikasi HRD berbasis cloud membantu pelaporan dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Manajer bisa dengan cepat melihat tren dan membuat keputusan yang efektif melalui laporan keluar masuk, jumlah karyawan, dan laporan spesifik lainnya.

Adaptasi perubahan HR yang cepat

Pelayanan cloud bisa beradaptasi dengan perubahan pengelolaan SDM yang terus berkembang pesat. Kekurangan sumber daya yang handal, interaksi digital, pekerja multi generasi dan pekerjaan yang diukur secara real-time, artinya HRD harus beradaptasi dengan mudah, dan cepat. Aplikasi HR berbasis cloud menawarkan pelayanan yang cepat, personal, self-service, terkoneksi, dan aman, mengurangi waktu yang dihabiskan dengan menggunakan berbagi macam sistem. Survei dari Oracle menyatakan bahwa sebanyak 30% sampai 60% biaya teknologi informasi departemen HRD bisa dikuragni menggunakan cloud. Dengan meningkatkan kecepatan dan mendapatkan kinerja operasional yang lebih baik, perusahaan lebih mampu untuk menghadapi pertumbuhan dan tantangan.

Interaksi karyawan dengan perusahaan

Bukan hanya pelanggan yang perlu berinteraksi dengan perusahaan. Karyawan yang berhubungan baik dengan perusahaan menjadi lebih produktif dan kemungkinan berpindah pekerjaan menjadi lebih kecil. Karyawan merasa puas dengan pelayanan perusahaan dan ini meningkatkan efisiensi bisnis.

Efisiensi biaya teknologi

Sistem cloud mengurangi kebutuhan perusahaan untuk mempekerjakan staf TI khusus dan investasi hardware maupun software yang relatif mahal. Selain keamanan data yang lebih terjamin, integrasi sistem mudah (upgrade fasilitas), juga pengembalian investasi yang lebih cepat dibandingkan membuat sistem sendiri. Dengan cloud, tidak perlu menginstalasi hardware, biaya aplikasi sistem HR dan waktu inplementasi bisa dikurangi sampai dengan 40%

Manfaat lingkungan. Perusahaan berpartisipasi dalam mengurangi efek rumah kaca dengan mengurangi jumlah komputer dan sentra data pribadi.

Aplikasi HR berbasis cloud semakin menjamur dan menjadi tren. Walaupun demikian, melihat keuntungan positifnya yang banyak, perusahaan dan HRD sebaiknya mempertimbangkan untuk berpindah ke cloud. Investasi yang memperbaiki kinerja dan operasional perusahaan tentunya akan meningkatkan keuntungan, bukan?