aplikasi penggajian karyawan berbasis web

Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Web: Solusi Praktis Kelola Gaji

Proses penggajian bulanan selalu identik dengan kerumitan akibat banyaknya berbagai komponen gaji dari karyawan yang berbeda. Agar tidak selalu terlibat dengan hal tersebut, perusahaan menggunakan aplikasi penggajian berbasis web. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Dengan aplikasi penggajian karyawan berbasis web, proses penggajian berjalan lebih lancar dan cepat dibandingkan cara manual. 

Perbandingan Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Web dengan Manual

Perkembangan teknologi membuat perusahaan dapat merasakan berbagai macam kemudahan dan kepraktisan dalam proses penggajian. Kecepatan dan keakuratan dalam penggajian adalah salah satu faktor penting bagi kepuasan kerja karyawan. Karena itulah banyak perusahaan mulai menggunakan aplikasi sebagai solusi sistem penggajian. Di bawah ini adalah perbandingan aplikasi penggajian karyawan berbasis web dengan manual

Kecepatan 

Jumlah karyawan dalam sebuah perusahaan sangatlah banyak. Cara manual tidak memungkinkan perusahaan untuk menghitung gaji secara serentak. Mau tidak mau, gaji setiap karyawan harus dihitung dan diproses satu-satu. Akan tetapi, dengan aplikasi penggajian karyawan berbasis web, perusahaan dapat menghitung dan memproses gaji karyawan sekaligus hanya dengan beberapa kali klik. Proses penggajian menjadi cepat dan karyawan dapat menerima gaji tepat waktu. 

Keakuratan

Keakuratan adalah manfaat lain jika perusahaan memilih aplikasi untuk mengelola gaji. Otomatisasi pada aplikasi berbasis web membuat sistem mampu memproses dan menghitung berbagai komponen gaji yang berbeda dengan akurat tanpa adanya human error. Seperti yang diketahui, human error pada penggajian manual menyebabkan hasil perhitungan gaji yang tidak akurat dan akan mempengaruhi kinerja karyawan itu sendiri. 

Baca Juga: 6 Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Menurun

Keamanan

Komponen gaji setiap karyawan seperti jumlah tanggungan, alamat, besaran gaji pokok, ID karyawan, dan lain-lain adalah informasi rahasia yang harus dijaga oleh perusahaan. Dengan penggajian manual, tidak ada sistem keamanan yang memadai untuk melindungi informasi karyawan. Oknum tak bertanggung jawab dapat dengan mudah mengakses dokumen fisik yang diletakkan di meja atau lemari. Berbeda dengan aplikasi yang didukung dengan cloud server dengan sistem keamanan berlapis, dimana hanya pihak tertentu yang berhak untuk mengakses informasi yang disimpan aplikasi. 

Integrasi

Penggajian melibatkan banyak data dan informasi dari kegiatan administrasi lain, seperti pencatatan kehadiran. Data kehadiran karyawan yang mencatat kehadiran, cuti, dan waktu lembur akan mempengaruhi gaji yang akan diterima. Cara perhitungan manual mengharuskan HRD untuk menginput data kehadiran karyawan satu-satu. Dengan intergrasi yang tersedia dalam aplikasi, HRD tak perlu repot lagi untuk menginput dengan cara manual. Data dari sistem kehadiran dapat terintegrasi secara otomatis sehingga bisa langsung terlihat bagaimana pengaruh kehadiran masing-masing karyawan tegarap perhitungan gaji mereka

Kontrol dan Pemantauan

Karena berbasis online, setiap proses dan perubahan data yang ada dalam sistem aplikasi dapat terpantau. Dengan begitu pihak manajerial HRD lebih mudah dalam memantau proses penggajian tiap bulannya. Selain itu, adanya fitur payroll report membuat HRD lebih mudah untuk membuat laporan payroll yang berguna untuk menentukan berbagai macam rencana strategis. 

Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Web dari LinovHR

Berdasarkan perbandingan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi penggajian karyawan berbasis web lebih menguntungkan perusahaan sedangkan sistem penggajian manual. LinovHR adalah aplikasi penggajian karyawan berbasis web yang memenuhi keunggulan pada perbandingan tersebut. Keunggulan yang ada pada aplikasi penggajian dari LinovHR didukung oleh berbagai macam fitur yang dapat membantu proses penggajian, yaitu: 

Menu Bank 

Gaji yang telah diproses oleh sistem dapat langsung ditransfer ke rekening pribadi karyawan melalui bank. Fitur menu bank menyimpan data-data bank yang terkait dengan penggajian bulanan karyawan. 

Payment Method

Gaji dapat dibayarkan dengan berbagai macam metode yang ditetapkan perusahaan. Payment method menyimpan data metode apa saja yang digunakan perusahaan dalam membayar gaji karyawannya. 

Account Code

Aplikasi dari LinovHR dengan mudah melakukan pengelompokkan komponen-komponen gaji berdasarkan penggolongan kode akuntansi. HRD tidak lagi pusing untuk mengatur kode komponen penggajian yang ada.

Payroll Component

Komponen penggajian ada berbagai macam, seperti  gaji pokok, tunjangan transportasi, tunjangan makan, BPJS, jaminan pensiun dan lain sebagainya. Perusahaan dapat mengatur komponen tersebut melalui fitur payroll component. 

Payroll Component Set

Komponen gaji yang sangat banyak menyulitkan HRD untuk mengelompokkannya. Dengan fitur payroll component set, HRD lebih mudah untuk melakukan pengelompokkan komponen gaji  tertentu yang diterima karyawan.

Payroll Group

Fitur payroll group membantu HRD untuk mengelompokkan data penggajian dengan cepat. Pengelompokan transaksi gaji dapat dilakukan berdasarkan proses pembayaran, periode, tanggal, metode pembayaran, pajak, dan mata uang yang digunakan untuk pembayaran. 

Employee Set

Employee Set memudahkan manajemen HR dan Payroll dalam melakukan pengelompokan beberapa karyawan tertentu dalam hal penerimaan komponen gaji yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Payroll Data Source

Penggajian membutuhkan banyak data dari luas sistem. Payroll Data Source berfungsi untuk melakukan pemilahan data-data yang akan menjadi sumber kalkulasi dari proses penggajian timesheet dari sistem kehadiran. 

Payroll Process

Setelah melakukan pemilihan terhadap komponen dari payroll data source, gaji akan diproses melalui fitur payroll process. Ada dua tipe proses yang ada di dalam menu ini, yaitu standar untuk perhitungan pada periode berjalan dan rapel untuk perhitungan selisih yang sudah lewat.

Baca Juga: Pentingnya Transparansi Perusahaan dalam Penggajian Karyawan

Payroll Report

Sistem melalui fitur payroll report dapat menghasilkan file report payroll berupa spreadsheet. Menu filter dapat digunakan untuk mengeluarkan report dapat dipilih disesuaikan dengan kebutuhan.

Setting Payroll Report 

Tata letak komponen gaji dalam laporan mempengaruhi kemudahan dalam memahami laporan tersebut. Setting payroll report merupakan fitur yang digunakan untuk mengatur posisi laporan pada saat mengeluarkan report.

Salary Slip

Slip gaji dibutuhkan karyawan untuk berbagai macam kebutuhan. Fitur salary slip dapat menghasilkan file slip gaji dengan format PDF yang siap untuk dicetak atau dikirim kepada karyawan melalui e-mail. 

Tax Calculator

Dengan menggunakan aplikasi penggajian karyawan dari LinovHR, perusahaan dapat memanfaatkan fitur Tax Calculator untuk melihat simulasi pembayaran pajak selama satu tahun. Dengan demikian HRD memahami bagaimana cara dan besaran pajak yang harus dibayarkan perusahaan. 

Pemanfaatan teknologi seperti aplikasi dapat mempermudah perusahaan dalam menjalankan operasional. Kegiatan yang dilakukan secara manual dan merepotkan mulai ditinggalkan dengan alasan efektifitas dan efisiensi kerja.  Aplikasi penggajian karyawan berbasis web dari LInovHR menjawab kebutuhan perusahaan dalam proses penggajian. Proses penggajian dapat dikelola dengan sangat mudah, akurat, dan cepat. LinovHR pun telah berpengalaman dan dipercaya oleh banyak perusahaan seperti PT. Binakarindo Yacoagung, PT. Jaya Blokmil, PT Illustrindo Medika Indonesia, dan lain-lain. Jadi, tak perlu ragu dalam mempercayakan LinovHR untuk penggajian perusahaan Anda. Hubungi LinovHR untuk keterangan lebih lanjut!