7 Aplikasi untuk HRD Terpopuler di Indonesia

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

aplikasi untuk hrd
Isi Artikel

Tidak hanya divisi IT, divisi HRD (Human Resource Development) perusahaan juga membutuhkan perangkat lunak yang dapat memudahkan seluruh proses administrasi perusahaan jadi lebih terorganisir dan tersentralisasi. Maka dari itu, perusahaan perlu aplikasi untuk HRD.

Penggunaan aplikasi ini akan membantu divisi HRD dalam bekerja lebih produktif karena mereka tidak akan lagi mengerjakan pekerjaan repetitif dan bisa mengerjakan hal analisis dan strategis untuk human development.

Namun, dalam praktiknya perusahaan jangan sampai salah pilih aplikasi untuk HRD agar sesuai dengan kebutuhan managemen. Agar tidak salah pilih simak artikel LinovHR berikut ini!

Jenis-jenis Aplikasi untuk HRD yang Harus Digunakan

Berikut adalah jenis-jenis aplikasi untuk HRD yang harus digunakan perusahaan.

1. Benefits administration software

Software ini merupakan salah satu jenis aplikasi HRD yang berguna untuk mengelola tunjangan karyawan secara otomatis.

Nantinya karyawan dapat mengakses apa saja tunjangan yang mereka dapatkan dari perusahaan melalui dashboard khusus.

HR pun dapat mengelola siapa saja karyawan yang berhak mendapatkan tunjangan tersebut, kapan diberikan, dan fungsi-fungsi lainnya.

2. Core HR software

Aplikasi untuk HRD ini berguna untuk menciptakan basis data yang terpusat, seperti data penggajian karyawan dan tunjangan karyawan, sehingga data tersebut bisa diakses dengan mudah dan praktis.

Dengan sistem HR Online, segala data administrasi perusahaan menjadi lebih terpusat dan mudah diakses di satu tempat.

3. Corporate wellness software

Aplikasi HRD satu ini berguna untuk mengelola program kesehatan bagi seluruh karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Sehingga karyawan bisa mendapatkan jaminan kesehatan dan bisa mempertahankan pola hidup sehat.

4. Employee scheduling software

Sudah bukan rahasia lagi bila mengelola jadwal dan jam kerja karyawan sangatlah rumit. Namun, dengan employee scheduling software, Anda dapat mengelola jadwal kerja, dan jam kerja karyawan lebih mudah. Tidak perlu lagi file-file Spreadsheet yang membuat mata lelah.

5. HR analytics software

Aplikasi satu ini sangat membantu HR dan manajerial dalam proses pengambilan keputusan berbasis data. HR analytics software ini berguna untuk mengumpulkan dan menganalisis data bisnis yang nantinya berguna dalam mengoptimalkan produktivitas.

Dengan aplikasi ini, manajerial pun bisa menyusun tim terbaik ketika ingin menjalankan project.

6. Talent management software

Aplikasi untuk HRD ini berguna untuk melakukan pengembangan kemampuan bagi karyawan. Melalui fitur-fiturnya seperti, manajemen karier, manajemen kinerja karyawan, perekrutan karyawan dan lain sebagainya, bisa membantu perusahaan dalam mengelola perkembangan karyawan.

7. Performance management system

Aplikasi ini digunakan perusahaan untuk membuat standar performa dan penilaian kinerja bagi karyawan. Hal ini tentunya bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam mengevaluasi hasil kinerja karyawan.

8. Recruiting software

Aplikasi untuk HRD ini berguna untuk melakukan perekrutan karyawan secara digitalisasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan aplikasi ini, perencanaan dan proses rekrutmen bisa dijalankan lebih efektif dan efisien.

Rekomendasi Aplikasi untuk HRD

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk HRD yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1.  LinovHR

LinovHR merupakan aplikasi hrd terbaik yang memiliki berbagai modul untuk menunjang aktivitas HR. seperti fitur dan modul organization management, payroll, learning and management system, performance management, loan, career path, reimbursement, ESS dll.

Aplikasi HRD dari LinovHR berbasis cloud dengan tingkat keamanan tinggi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan perusahaan untuk mengolah data dan informasi karyawan.

Karena berbasis cloud, LinovHR juga memungkinkan untuk diakses dimana saja dan kapan saja jika dibutuhkan.

2. ForwardHR 

ForwardHR merupakan aplikasi hrd berbasis web yang menyederhanakan manajemen sumber daya manusia (SDM) dengan fitur-fitur seperti dasbor analitik, proses rekrutmen otomatis, dan manajemen kinerja.

Dengan menggabungkan berbagai alat untuk mengelola karyawan dalam satu platform, ForwardHR membantu meningkatkan transparansi dan memfasilitasi pengambilan keputusan yang lebih baik dalam manajemen SDM.

3. HRDpintar 

Hrdpintar memberikan layanan Aplikasi untuk HRD secara gratis dengan fitur terbatas untuk membantu dan memudahkan divisi HRD dalam mengelola data karyawan atau pegawai, serta menghitung gaji dan payroll dengan akurat.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur lengkap seperti absensi, presensi, perijinan, slip gaji, dan pengaturan pajak termasuk PPH 21.

HRD pintar juga memiliki opsi untuk meningkatkan layanan mereka untuk mendapatkan akses ke fitur tambahan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Gadjian 

Gadjian merupakan salah satu aplikasi HRD yang mencakup berbagai fitur-fitur manajemen SDM berbasis cloud.

aplikasi Gadjian menyediakan beragam fitur untuk mempermudah pengelolaan data personalia dan administrasi karyawan secara otomatis. Beberapa keunggulan yang ditawarkan aplikasi ini antara lain:

  1. Fitur Kelola PPh 21 yang dapat menghitung pajak PPh 21 karyawan tetap, tidak tetap, dan tenaga ahli secara otomatis, dilengkapi dengan layanan pembetulan PPh 21.
  2. Fitur layanan Kelola BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan bagi karyawan.
  3. Fitur Payroll untuk menghitung gaji, lembur, Tunjangan Hari Raya (THR), dan bonus pegawai.

5. MiHCM 

MiHCM merupakan Aplikasi HRD yang memberikan solusi menyeluruh untuk rekrutmen, manajemen, dan peningkatan kinerja karyawan.

Dengan keberagaman fitur seperti Employee Self-Service, manajemen cuti dan absensi, serta manajemen kompensasi dan manfaat, MiHCM mendukung perusahaan dalam mengoptimalkan manajemen sumber daya manusia mereka dari awal hingga akhir siklus kerja.

Dalam menghadapi banyaknya pilihan perangkat lunak HR, banyak perusahaan mengalami kesulitan dalam memilih yang sesuai. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memahami kebutuhan dan skala bisnis mereka sebelum membuat keputusan.

Ketika perusahaan terus berkembang dan membutuhkan lebih banyak karyawan, penting untuk memastikan bahwa perangkat lunak yang dipilih mampu mengakomodasi pertumbuhan tersebut.

Selain itu, pengelolaan anggaran juga sangat penting. Perusahaan harus memahami bagaimana anggaran akan digunakan dan dialokasikan dengan bijak.

6. CATAPA

CATAPA adalah aplikasi manajemen sumber daya manusia (HR) yang menyajikan solusi komprehensif untuk mempermudah HRD di perusahaan.

Aplikasi ini memberikan solusi untuk mengelola data organisasi perusahaan dengan lebih efisien dan cepat.

CATAPA dilengkapi dengan beragam fitur terkait penggajian, PPh 21 dan BPJS, manajemen waktu, reimbursement, chatbot, absensi jarak jauh, pengajuan cuti dan lembur, serta digital approval.

Selain itu, CATAPA juga menawarkan solusi penggajian yang terintegrasi dan mudah digunakan untuk pemilik usaha, staff HR, dan karyawan, dengan harga yang terjangkau.

7. BambooHR

BambooHR adalah aplikasi untuk HRD terpopuler yang sudah dipakai lebih dari 18.000 perusahaan di seluruh dunia.

Bamboo HR memiliki keunggulan utama dari user interface (UI) yang ramah pengguna dan intuitif, sehingga cocok untuk perusahaan dan bisnis dengan skala kecil hingga besar.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur lengkap seperti dibawah ini:
  • Manajemen data karyawan
  • Evaluasi kinerja
  • Proses rekrutmen
  • Pengelolaan absensi
  • Manajemen cuti
  • Applicant Tracking System untuk mempercepat proses seleksi dan rekrutmen karyawan
  • Onboarding untuk mengelola masa orientasi karyawan
  • Compensation untuk mengumpulkan dan melacak data penggajian termasuk lembur

Pentingnya Menggunakan Aplikasi HRD

Sudah sejak lama HR terjebak dengan pengelolaan administrasi seluruh karyawan dengan cara-cara manual yang memakan waktu dan tenaga.

Padahal di perusahaan tugas seorang HR bukan hanya untuk itu, ia juga punya tugas untuk mengembangkan karyawan agar tujuan bisnis perusahaan bisa tercapai.

Namun, karena sudah terkurung dengan tugas administrasi yang melelahkan jarang sekali HR yang dapat memikirkan langkah strategis untuk itu.

Maka, di saat sekarang aplikasi untuk HRD telah banyak dikembangkan, menggunakannya adalah keharusan bagi perusahaan.

Aplikasi HRD membantu HR untuk mengotomatisasi banyak tugas yang berbentuk repetisi dengan begitu ia dapat bekerja lebih optimal untuk fokus pada analisis dan strategi mengembangkan SDM perusahaan

Selain itu, aplikasi untuk HRD di perusahaan adalah untuk memberikan keamanan data karyawan karena sudah terintegrasi dalam satu sistem. Hal tersebut membuat perusahaan bisa meminimalisir pencurian data karyawan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya itu, penggunaan aplikasi HRD bisa membantu perusahaan dalam mengelola data karyawan, sehingga data karyawan bisa dikelola secara mudah dan praktis.

Baca Juga: Alasan Mengapa Perusahaan Penting Membutuhkan Aplikasi HRD

Software HRIS LinovHR Sebagai Aplikasi untuk HRD yang Penting 

Aplikasi untuk HRD akan sangat membantu HR dan perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan untuk dapat mengoptimalkan sumber daya dan menghasilkan profit yang diharapkan.

Maka dari itu, implementasi aplikasi HR sudahlah menjadi keharusan agar administrasi dan operasional perusahaan dapat terorganisir dengan baik sehingga lebih lancar.

Namun, di tengah semakin banyaknya software dan aplikasi HR Anda harus lebih selektif lagi dalam memilih aplikasi HR.

Sangat penting untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut mampu menjawab seluruh kebutuhan perusahaan dalam hal administratif dan management human resource perusahaan.

software hris

Dengan banyaknya aplikasi untuk HRD di Indonesia maupun luar negeri, dan dengan berbagai harga yang berbeda-beda, Anda mungkin semakin bingung untuk memilih aplikasi yang cocok dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Namun tenang, ada Software HRIS LinovHR yang sangat cocok untuk perusahaan Anda.

Dengan menggunakan Software HRIS LinovHR, bisa membantu perusahaan dalam melakukan pengelolaan data karyawan secara tepat dan akurat, karena sudah dibekali dengan teknologi yang terbaru serta canggih.

Selain itu, Software HRIS LinovHR dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang bisa memudahkan HRD dalam melakukan proses pengelolaan data karyawan.

LinovHR akan menjamin seluruh keamanan dan kerahasiaan data karyawan yang digunakan untuk pengelolaan administrasi karyawan.

Adapun fitur dan modul yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Recruitment: Atur proses rekrutmen lebih mudah mulai dari hiring sampai onboarding.
  • Organization Management: Kelola setiap struktur organisasi perusahaan menjadi lebih efektif.
  • Personnel Administration: Urus data karyawan dengan cepat serta tepat.
  • Payroll: Pengelolaan gaji dan pajak karyawan tanpa proses yang menyulitkan.
  • Performance Management: Lakukan penilaian kinerja karyawan secara obyektif dan tepat.
  • Competency Management: Ukur kompetensi dan tingkatkan agar menunjang kinerja.
  • Reimbursement: Pengelolaan reimburse menjadi lebih efektif dan efisien.
  • Succession Management: Rencana suksesi posisi penting perusahaan lebih sistematis.
  • Time Management: Kelola jadwal kerja karyawan menjadi lebih transparan.
  • Loan: Atur bantuan pinjaman kepada karyawan agar lebih mudah.
  • Employee Self Services (ESS): Libatkan karyawan dalam mengatur data human resouces masing-masing.
  • Learning and Development: Atur pelatihan dan pengembangan karyawan menjadi lebih sistematis.

Segala kemudahan pengelolaan SDM terdapat pada Software HRIS LinovHR.

Gunakan aplikasinya sekarang juga!

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter