assessment

Pengertian Assessment, Jenis dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Assessment di dalam perusahaan dirasa sangat penting dilakukan dalam periode atau waktu tertentu. Karena jika dilakukan secara teratur, akan berdampak baik kepada perkembangan karyawan dan juga perusahaan itu sendiri.

 

Apa itu Assessment?

Assessment adalah proses penilaian yang dilakukan perusahaan terhadap kinerja karyawannya untuk mengetahui apakah mereka masih mampu untuk mensukseskan tujuan perusahaan.

Pengertian dari assessment sendiri dapat dijelaskan menurut pendapat beberapa ahli, di antaranya adalah:

 

  • Robert M Smith

Adalah kegiatan penilaian yang dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan seluruh anggota tim agar dapat mengetahui kelebihan dan kekuatan tiap orang. Pengetahuan tersebut nantinya akan memudahkan manajemen dalam pengambilan keputusan untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

 

  • Suchman

Assessment atau penilaian merupakan proses untuk menentukan hasil yang telah dicapai dari beberapa kegiatan yang direncanakan untuk memudahkan dalam mencapai tujuan.

 

  • Nana Sundjana

Assessment adalah suatu proses untuk memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu yang didasarkan pada kriteria tertentu.

Agar penilaian ini bisa dilakukan dengan baik dan terukur, hal yang harus dilakukan adalah mengumpulkan berbagai informasi dari individu. Pengumpulan informasi tersebut dapat dilakukan dengan mudah menggunakan sistem teknologi seperti halnya Software HRD LinovHR.

 

Baca Juga : Manfaat dari Performance Assessment dalam Kinerja Karyawan

 

Jenis-Jenis Assessment

Assessment ditujukan untuk mengetahui adanya peningkatan atau penurunan kinerja karyawan. Untuk itu, terdapat beberapa jenis assessment yang dapat digunakan perusahaan.

  • Psikometri

Proses assessment jenis psikometri ini digunakan untuk mengetahui kesesuaian karyawan dengan tingkat jabatan baru yang akan ditawarkan. Agar mengetahui kecocokan karyawan dengan jenis pekerjaan barunya dapat dilihat berdasarkan pengetahuan dan kepribadian yang dimiliki dan juga bagaimana cara karyawan dalam menyelesaikan suatu masalah.

 

  • Presentasi 

Selain psikometri, presentasi juga dijadikan sebagai jenis penilaian karyawan. Perusahaan akan melihat kemampuan karyawan untuk mempresentasikan suatu produk. Kemampuan mereka dalam presentasi dapat dijadikan pertimbangan untuk kenaikan jabatan tertentu yang mengharuskan karyawan untuk sering berpresentasi.

 

  • Role Play

Role Play merupakan jenis penilaian dengan memberikan simulasi dari pekerjaan baru yang akan dilakukan. Pada jenis ini, karyawan akan diuji untuk menghadapi kasus-kasus pada jabatan baru tersebut.

 

  • Analisis Kasus

Sama seperti role playing, analisis kasus juga akan menempatkan karyawan pada beberapa skenario tertentu. Namun hal yang berbeda dari jenis ini ialah lebih memperhatikan kompetensi analisis dari karyawan. Manajemen akan memberikan contoh kasus masalah dan melihat bagaimana cara karyawan untuk menemukan solusinya.

 

Tujuan Dilakukan Assessment

Perusahaan melakukan penilaian pada periode tertentu ini pastinya memiliki beberapa tujuan. Apa saja tujuan tersebut?

  • Memberikan reward bagi karyawan yang memiliki peningkatan dalam kinerja
  • Meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan karyawan
  • Memberikan peluang bagi karyawan untuk meningkatkan karirnya
  • Dapat dijadikan sebagai acuan untuk membuat rencana program pelatihan sesuai kebutuhan karyawan

 

Selain tujuan di atas, Chittenden juga mengungkapkan beberapa tujuan dari adanya assessment ini.

 

Keeping Track

Untuk menelusuri proses belajar peserta yang sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam hal ini, guru atau mentor harus memiliki data dan juga informasi dalam kurun waktu tertentu dari beberapa jenis dan teknik penilaian agar bisa mendapatkan gambaran pencapaian atau kemajuan belajar peserta.

 

Checking Up

Checking up dapat digunakan untuk memantau pencapaian kemajuan serta penurunan peserta pada saat proses belajar. Jadi, seorang mentor sangat penting untuk melakukan penilaian agar mengetahui materi apa yang belum dikuasai oleh peserta.

 

Finding Out

Kegiatan finding out adalah rangkaian pencarian, deteksi, dan menemukan  kekurangan atau kelemahan dari para peserta saat proses pembelajaran. Jadi mentor bisa segera membantu peserta untuk mencari cara penyelesaiannya.

 

Summing Up

Sementara summing up adalah cara untuk menyimpulkan tingkat penguasaan peserta pada kompetensi yang telah ditetapkan. Hasil kesimpulan tersebut nantinya akan digunakan untuk membuat laporan peningkatan belajar peserta kepada pihak-pihak yang saling membutuhkan.

 

Baca Juga : Competency Assessment untuk Penilaian Kompetensi Pada Karyawan

 

Manfaat Menggunakan System Assessment bagi Perusahaan

Kinerja karyawan merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Namun selama periode kerja, tidak selamanya karyawan akan terus meningkatkan kinerjanya dari satu periode ke periode lainnya. Untuk itu, assessment inilah yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kinerja tersebut.

Bagi perusahaan, assessment sendiri memiliki berbagai manfaat, yaitu:

 

Keteraturan Proses Penilaian

Assessment dapat memberikan penilaian kinerja formal di perusahaan dan memastikan keteraturan untuk proses peninjauan karyawan. Jika perusahaan tidak memiliki periode penilaian yang teratur, akan membuat berbagai masalah yang terjadi tidak bisa diselesaikan.

 

Mengembangkan Standar Kinerja

Dengan penilaian kinerja karyawan yang teratur, perusahaan bisa terus mengembangkan standar untuk evaluasi karyawan yang memadai. Proses penilaian yang baik akan memberikan kejelasan tentang harapan yang diinginkan dari setiap jabatan.

 

Menyelaraskan Kinerja dengan Tujuan Perusahaan

Keberhasilan pada proses penilaian akan membuat keselarasan kinerja karyawan dengan tujuan perusahaan. Sebelum manajemen melakukan penilaian, mereka akan menguraikan hal apa saja yang bisa dilakukan karyawan untuk bisa memberikan manfaat bagi perusahaan secara menyeluruh. Sehingga, kinerja karyawan nantinya akan disesuaikan dengan apa yang diharapkan perusahaan.

 

Memberikan Kejelasan di Antara Karyawan

Saat perusahaan melakukan penilaian kinerja secara reguler, karyawan akan mempelajari hal apa saja yang diharapkan perusahaan saat mereka bekerja. Dalam hal ini, perusahaan harus menjelaskan secara detail apa saja harapan yang mereka inginkan dan hal apa saja yang harus karyawan lakukan untuk mewujudkannya. Sehingga saat proses penilaian tiba, karyawan akan mengetahui apakan mereka telah memenuhi harapan tersebut atau belum.

 

Memberikan Penguatan Positif

Proses assessment tidak hanya menyatakan kekurangan yang harus ditingkatkan oleh karyawan, tetapi proses ini juga akan memberikan penguatan positif untuk para karyawan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Dengan begitu, karyawan akan merasa perusahaan menjadi tempat untuk melakukan hal-hal positif sehingga membuat produktivitas dan semangat kerja semakin meningkat. 

 

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, jenis, serta manfaat assessment bagi perusahaan. Dengan assessment ini, perusahaan bisa meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan yang akan berdampak pada kemajuan perusahaan. Maka dari itu, proses ini haruslah dilakukan dengan sangat baik benar agar hasilnya bisa sesuai dengan harapan yang diinginkan.