Analisa Jabatan

Analisa Jabatan yang Efektif Untuk Perusahaan

Setelah sebelumnya kita membahas besarnya manfaat analisa jabatan untuk perusahaanSekarang mari membahas cara analisa jabatan yang efektif untuk perusahaan. Di masa sekarang ini persaingan dunia bisnis bukan hanya terjadi di dalam negeri. Tapi juga banyak perusahaan asing yang mendunia mengembangkan bisnis mereka membuat para pelaku usaha harus bijak dan mampu berkompetisi secara apik di dunia bisnis. Tentunya, bersaing harus sehat dan wajar, tidak melakukan trik yang menipu dan merugikan orang lain.

Setiap perusahaan yang menjual produk barang atau jasa dapat bersaing baik bila mereka terus mengutamakan kenyamanan dan kepuasan konsumen, meningkatkan efisiensi dan berusaha inovatif dari waktu ke waktu. Terkadang ini yang sulit dilakukan.

Untuk kemajuan dunia usaha sekarang ini diperlukan pemikiran yang mengarah kepada pengembangan dan inovasi. Juga tak lupa perbaikan terus dilakukan dalam sistem internal perusahaan itu sendiri demi meningkatkan kinerja. Perusahaan yang secara sadar mau maju dan berkembang biasanya terus melakukan introspeksi dalam internal mereka, selain itu perbaikan yang paling penting adalah pengelolaan sumber daya manusia yang kompeten.

Dalam pengelolaan sumber daya manusia yang baik, dapat dilakukan penganalisaan pada jabatan. Analisis jabatan merupakan aktivitas yang mencakup studi tentang semua tugas yang ada dalam setiap jabatan guna mengetahui tugas-tugas, persyaratan dan kualifikasi untuk mengembangkan jabatan tersebut.

 

Baca Juga : Ini 7 Indikator Penilaian Dalam Promosi Jabatan

 

Mengapa Perlu Analisa Jabatan

Untuk perusahaan baru atau startup, analisis jabatan sangat diperlukan untuk mengetahui jabatan apa saja yang diperlukan dalam pengembangan perusahaan yang baru berjalan ini. Dalam pembentukan suatu pekerjaan yang baru yang tidak dipahami karyawan, dapat terbantukan dengan analisa jabatan yang baik dari pihak pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan itu.

Sangat penting bagi karyawan untuk memahami pekerjaan atau tugas dari jabatannya agar pekerjaan berjalan dengan baik. Selain itu tidak ada tumpang tindih pekerjaan antar karyawan yang membuat pemborosan waktu kerja dan membuat konflik dalam perusahaan.

Ada beberapa cara menganalisa jabatan secara efektif untuk perusahaan. Pertama, lakukan penetapan tujuan yang mencakup tujuan pertanggungjawaban dan standar kompetensi yang diperlukan untuk setiap pekerjaan.

Langkah kedua, tentukan bidang apa saja yang akan dianalisa seperti: identitas jabatan dalam perusahaan, tugas penting atau esensial, serta penggunaan sumber daya yang ada. Dalam hal ini terkadang kondisi lapangan kerja juga dimasukkan sebagai bahan untuk dianalisa.

 

Baca Juga  : Promosi Jabatan Tidak Kunjung Tiba ? Mungkin Ini Alasan nya

 

Lalu langkah ketiga, kumpulkan data sekunder yang terkait dengan pekerjaan seperti struktur organisasi, standar operasional,standard operating procedure(SOP), nama jabatan. Hal ini perlu agar tidak ada kerancuan dalam perusahaan yang seringkali membingungkan karyawan dan staf manjemen.

Lalu langkah keempat adalah menentukan metode yang dipakai untuk melakukan analisis jabatan. Mungkin dapat dilakukan dengan memberikan kuesioner dengan memberikan pertanyaan untuk dijawab. Dalam melakukan pengumpulan data ini perlu kehati-hatian dan ketelitian dari pihak manajemen perusahaan yang bekerja agar mendapatkan analisa data jabatan yang akurat.

Setelah semua hal itu dikerjakan, maka akan didapatkan hasil akhirnya yaitu uraian jabatan yang mendeskripsikan job atau pekerjaan dan tanggung jawab yang disertai wewenang, jumlah karyawan yang diperlukan pada setiap bidang, dan standar kompetensi bagi karyawan.

Dengan melakukan analisa jabatan maka perusahaan dapat mengevaluasi persyaratan (kualifikasi) jabatan yang ditetapkan dan juga memperbaiki kualitas kerja dari jabatan yang sudah ada. Mungkin juga dapat menemukan elemen jabatan baru yang akan ditambahkan. Perusahaan juga dapat menaikkan standar SDM dari karyawan yang direkrut ataupun yang sudah bekerja untuk mencapai potensi kerja lebih baik lagi.