Disiplin kerja

6 Cara HRD dalam membangun disiplin Kerja Karyawan

Karyawan bagi perusahaan merupakan pilar terpenting untuk kemajuan perusahaan. Segala hal yang berkaitan dengan karyawan akan mempengaruhi langsung pada apa yang akan terjadi pada perusahaan nantinya. Apalagi bila dihubungkan dengan kedisiplinan atau perfoma karyawan saat bekerja, jika memiliki disiplin kerja yang buruk maka tidak menutup kemungkinan segala urusan perusahaan akan sangat terpengaruh. Oleh sebab itulah, HRD dalam perusahaan kerap kali melakukan strategi tertentu untuk bisa mengoptimalkan kerja para karyawan tanpa harus membuat mereka tertekan.

 

Berikut ini adalah 6 cara HRD dalam membangun disiplin kerja karyawan:

 

1. Buatlah Ruangan Kerja Karyawan dengan Nyaman dan Kondusif

Fasilitas perusahaan berupa ruangan kerja yang nyaman dan kondusif untuk para karyawan bukan hanya sekedar tempat yang akan ditinggali selama 8 jam perhari oleh karyawan saja. Ruang kerja faktanya akan berdampak pada kenyamanan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal. Bila ruangan kerja dibuat dengan asal-asalan misalnya saja pencahayaan yang gelap, tidak ada ventilasi, letak tempat duduk yang terlalu berdempetan dll, itu malah akan membuat para karyawan menjadi cepat jenuh.

Ruangan yang dibuat dengan senyaman mungkin juga bisa memberikan peluang para karyawan untuk berfikir lebih kreatif dan imajinatif. Beberapa perusahaan besar yang bertarap internasional pun membuat ruanga kerja untuk para karyawan dengan mengutamakanan indeks kesenangan pada karyawan, misalnya saja seperti kantor Google yang dapat anda lihat pada artikel dari 

 

2. Hindari Menuntut Aturan Terlalu Berlebihan pada Karyawan

Aturan pada karyawan tentunya akan menjadi pegangan bagi karyawan untuk melakukan aktivitas dalam perusahaan. Namun sayangnya, bila aturan terlalu berlebihan itu malah akan membuat karyawan menjadi merasa tertekan. Apalagi bila aturan tersebut berkaitan dengan pembatasan kretifitas karyawan. Pertimbangan pembuatan aturan yang tidak terlalu menekan karyawan namun masih tetap bisa mendisiplinkan dan membuat karyawan berkembang.

 

3. Memberikan Penghargaan

Suatu perusahaan tentunya memiliki target tertentu, misalnya saja dalam hal penjualan atau yang lainnya. Nah, untuk membuat karyawan tetap disiplin dan semakin berkembang, perusahaan bisa mendorong para karyawan dengan penghargaan tertentu yang akan diberikan pada karyawan berpestasi. Ini akan membuat karyawan menjadi semakin termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya.

 

Baca Juga: Contoh Reward dan Punishment Dalam Perusahaan

 

4. Melakukan Pelatihan

Pelatihan pada karyawan juga sangatlah penting untuk dilakukan. Ada banyak pelatihan yang bisa dilakukan, baik yang berhubungan dengan perusahaan atau tidak. Misalnya saja, pelatihan keuangan atau pelatihan skill tertentu. Ini juga akan sangat membantu pada peningkatan disiplin kerja serta performa karyawan.

 

Baca Juga: 7 Program Kerja HRD yang Dapat Turunkan Tingkat Turnover karyawan

 

5. Refreshing

Sudah banyak perusahaan yang memberikan fasilitas liburan bersama untuk karyawan. Moment ini juga biasanya jadikan sebagai moment penting untuk saling mendekatkan diri antar karyawan dengan atasan. Liburan juga tentunya tidak hanya sekedar liburan saja, secara psikologi karyawan akan merasa nyaman dengan fasilitas yang ada dan membuat mereka tetap loyal dan disiplin dalam menyelesaikan pekerjaannya.

 

6. Penerapan Teknologi dalam Perusahaan

Sekarang ini perkembangan teknologi sudah berkembang sangat pesat. Pengaruhnya sudah masuk ke dalam berbagai macam aspek, termasuk perusahaan. Ada beberapa teknologi yang bisa dimanfaatkan dalam perusahaan yang bisa meningkatkan kedisiplinan para karyawan, misalnya saja sistem absensi yang tadinya manual sekarang bisa menggunakan finger print, jadi bila karyawan terlambat mereka tidak bisa membohongi data, kapan mereka datang, terlambat atau tidak, semuanya sudah terekam ketika karyawan mengabsen menggunakan sidik jari setiap harinya.

 

Itulah 6 cara HRD dalam membangun disiplin kerja karyawan. Perusahaan yang berkembang dan maju adalah perusahaan yang dibangun oleh sumber daya yang berkompeten dan memiliki disiplin kerja tinggi, tidak mungkin rasanya bila kemajuan perusahaan bisa terjamin bila karyawan di dalamnya tidak memiliki kedisiplinan yang baik.