employee engagement

Strategi HRD dalam Meningkatkan Employee Engagement

Menciptakan kondisi yang baik bagi para karyawan akan membuat mereka bekerja melebihi kemampuan dan kapasitas biasa-biasa saja. Employee engagement adalah pendekatan di tempat kerja yang bisa menghasilkan kondisi yang tepat bagi seluruh karyawan perusahaan supaya bisa memberikan kinerja terbaik setiap harinya. Dengan berkomitmen terhadap tujuan perusahaan, serta termotivasi untuk berkontribusi dalam kesuksesan perusahaan dengan kesadaran akan bermanfaat untuk semua orang yang dalam perusahaan.

Memang tidak bisa dipungkiri jika kondisi tempat kerja akan berpengaruh secara langsung terhadap kinerja karyawan. Artinya ini terkait dengan bagaimana kita menciptakan kondisi di mana karyawan menawarkan potensi dan kapabilitasnya secara lebih. Secara umum ini adalah tugas dari HRD, karena dalam menciptakan suasana kerja yang bagus itu harus didasarkan dengan mengayomi dan mengenal semua karyawan yang bekerja di perusahaan. Ya, bisa dikatakan pekerjaan ini tidak mudah.

Tetapi bila HRD membangun employee engagement didasarkan pada kepercayaan, integritas, serta komunikasi dan komitmen dua arah antara organisasi dan anggota organisasinya maka akan berhasil.

Pendekatan ini diperlukan dengan bertujuan untuk meningkatkan peluang kesuksesan bisnis, memperbaiki kinerja organisasi dan individu, serta meningkatkan produktivitas. Sangat banyak HRD perusahaan yang tidak mnghiraukan employee engagement, sehingga atmosfir kerja karyawan dipenuhi dengan perbedaan, rasa cemburu atau iri, saling tidak percaya, dan masih banyak lagi. Ini menciptakan kondisi tempat kerja yang negatif, suasana kerja menjadi tegang dan cenderung saling menjatuhkan. Tidak ada perasaan karyawan saling bekerja sama secara tulus dan mau loyal kepada perusahaan. Karyawan cenderung merasa cuek atau tidak memiliki perusahaan.

Ini merupakan tantangan bagi HRD perusahaan dalam menciptakan atmosfer kerja yang baik setiap harinya. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dipakai HRD untuk meningkatkan employee engagement:

 

1.Rekrut Karyawan Se-Visi dengan perusahaan

Sering kali pemborosan waktu terjadi dengan salahnya saat perekrutan. Karyawan yang direkrut yang tidak memiliki atau menangkap visi perusahaan akan cenderung menjadi pengacau atau merusak tim yang ada. Bila karyawan yang terekrut memiliki visi yang sama maka akan tercipta kerja sama tim yang baik saat penempatan dalam pekerjaan.

 

2. Memberikan Pelatihan Bagi Karyawan

Memberikan pelatihan demi pengembangan karyawan dan SDM  adalah cara terbaik untuk memotivasi karyawan. Melalui pelatihan, karyawan mendapat ilmu baru dan tangan baru untuk kemajuan perusahaan. Ini akan membuat karyawan termotivasi dengan “ilmu baru” yang diberikan oleh pihak perusahaan. Selain itu pelatihan bisa mmbantu karyawan melihat visi perusahaan lebih jelas.

 

         Baca Juga : 7 Jenis Pelatihan Dan Pengembangan Untuk SDM Perusahaan

 

3. Memberi Kesempatan berpendapat

Ini akan menciptakan perasaan memiliki perusahaan. Karyawan datang kerja tidak sekedar mengerjakan tugas kerja tapi memikirkan tujuan pengembangan ke depan untuk perusahaan mereka. Cara ini membuat karyawan menjadi kreatif. Dijamin perusahaan yang memiliki kultur yang seperti ini akan maju pesat.

 

4. Menunjukkan Kepedulian

HRD perusahaan yang baik adalah mereka mampu meningkatkan engagement karyawan. Tunjukan rasa peduli secara akrab namun tetap profesional. Termasuk para pimpinan perusahaan, harus mampu menciptakan rasa akrab di tempat kerja namun tetap profesional.

 

5. Outbound Training

Outbound training adalah salah satu agenda yang perlu dicanangkan perusahaan untuk meningkatkan engagement karyawan secara menyenangkan. Dengan outbound training, team building akan semakin terbentuk dan harmonisasi tim semakin terasa.

Jika hal–hal ini dilakukan di tempat kerja, niscaya kegiatan kerja di perusahaan akan terasa menyenangkan dan meningkatkan kinerja karyawan.