Surat izin tidak masuk kerja

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Benar

Dalam hidup ini, terkadang tidak semua berjalan mulus, terkadang ada saja hal-hal kecil yang mengganggu aktivitas harian kita. Tidak terlepas kemungkinan bagi karyawan, pasti pernah mengalami halangan yang membuat mereka tidak masuk kerja. Seperti ada kepentingan keluarga,cuti menikah, sakit, atau keperluan mendadak lainnya. Jika halangan untuk masuk kantor tiba-tiba, tentu saja sebagai karyawan kita harus tetap meminta izin dari atasan di mana tempat kita bekerja untuk izin. Karena jika tidak ada surat izin, maka pihak kantor akan menebak-nebak apa yang terjadi pada Anda. Dan jangan sampai pekerjaan Anda penting di kantor menjadi terbengkalai. Ini akan menjadi hal yang tidak baik, jika ada target atau proyek tertentu dalam kantor yang harus segera diselesaikan.

Untuk itu, jika kita sebagai karyawan berhalangan masuk, maka kita harus membuat surat izin kerja. Membuat surat izin tidak masuk kerja bukan hal yang gampang. Segala sesuatu yang tertulis di dalam surat izin tidak masuk kerja ini harus benar dan jelas, singkat. Jangan membuat surat izin tidak masuk kerja dengan kalimat yang bertele-tele. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan baik-baik dalam menulis surat izin tidak masuk kerja ini yaitu:

 

Tanggal

Cantumkan tanggal hari Anda izin dengan benar, supaya tercatat bagian personalia atau atasan Anda tanggal berapa Anda izin kerja. Tanggal yang jelas ini untuk mengetahui apakah Anda mempunyai deadline pekerjaan tertentu yang mungkin bisa dihibahkan ke teman lain selama Anda izin.

 

Data Anda

Cantumkan nama lengkap Anda, jabatan atau divisi, juga nomor induk kepegawaian jika ada. Ini semua akan memudahkan bagian personalia memberikan izin kepada Anda. Jika nama Anda sama dengan rekan kantor lain, buat nama Anda yang lengkap beserta jabatan Anda.

 

Tujuan Izin

Ungkapkan tujuan izin kerja Anda dengan kalimat yang jelas dan tidak bertele-tele. Jika Anda izin karena sakit, sebaiknya minta juga surat keterangan sakit dari dokter atau pihak rumah sakit yang menyatakan Anda sedang sakit dan perlu beristirahat di rumah. Sertakan lampiran surat keterangan dari dokter ini supaya memperkuat permintaan izin Anda.

 

Lama Izin

Bila Anda tahu berapa lama Anda perlu izin bekerja, cantumkan juga berapa hari Anda izin, dengan demikian pihak kantor tahu kapan Anda akan kembali bekerja.

 

Ucapan Terima Kasih

Sampaikan juga rasa terima kasih kepada bagian yang bertanggung jawab untuk meluluskan surat tidak masuk kerja Anda ini. Dengan demikian akan tercipta hubungan dan kerja sama yang baik.

 

Setelah kita mengetahui beberapa poin yang harus ada di dalam surat izin tidak masuk kerja, berikan contoh di bawah ini, kami membuatkan surat tidak masuk kerja karena sakit.

Contoh Surat izin tidak masuk kerja

 

Apabila anda tidak memperhatikan bagaimana cara penulisan, pemilihan kata yang baik dan benar dalam membuat surat izin tidak masuk kerja, anda akan terlihat tidak profesional.