surat izin tidak masuk kerja

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja dan Cara Membuatnya

Sebagai seorang karyawan yang menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat kerja, terkadang ada hal-hal yang harus dilakukan pada saat jam kerja. Bukan hanya itu, jika sedang tidak dalam keadaan sehat dan ada kepentingan lain tentu karyawan harus mengajukan izin kepada perusahaan. 

Untuk mendapatkan izin dari perusahaan, karyawan biasanya membuat surat izin tidak masuk kerja.

Melalui surat izin tidak masuk kerja ini, karyawan menjelaskan alasan izin. Jika bisa diterima maka selanjutnya surat izin tersebut akan diproses oleh HR sebelum mendapatkan approval.

Apa saja yang harus ada dalam surat izin kerja? Bagaimana cara membuatnya? Yuk simak ulasan di bawah ini!

 

Format Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Sama seperti pembuatan surat lainnya, surat izin tidak masuk kerja juga memiliki format yang harus diikuti. Berikut ini format surat izin tidak masuk kerja yang benar.

 

Pembuka 

Sebelumnya perlu Anda ketahui jika Anda mengirimkan suatu surat izin biasanya perusahaan sudah memiliki template tertentu. Agar terlihat formal untuk suatu perusahaan, pastikan surat Anda memiliki kop surat perusahaan berikut dengan tanggal surat dibuat, perihal, dan salam pembuka. 

 

Isi atau Badan Surat

Pada bagian isi tentunya Anda harus berfokus pada alasan Anda mengajukan surat izin kerja. Buat dengan jelas dan tidak bertele-tele. Pastikan alasan Anda juga logis dan tidak dibuat-buat. 

 

Penutup 

Bagian penutup surat, Anda harus mencantumkan terima kasih dan juga salam penutup. 

 

Baca juga: Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik

 

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang Benar

surat izin tidak masuk kerja
cara membuat surat izin tidak masuk kerja

 

Berikut ini cara dan tahapan yang benar untuk membuat surat izin yang baik dan benar:

 

1. Tanggal

Cantumkan tanggal hari Anda izin dengan benar, supaya tercatat bagian personalia atau atasan Anda tanggal berapa Anda izin kerja.

Tanggal yang jelas ini untuk mengetahui apakah Anda mempunyai deadline pekerjaan tertentu yang mungkin bisa dihibahkan ke teman lain selama Anda izin.

 

2. Data Anda

Cantumkan nama lengkap Anda, jabatan atau divisi, juga nomor induk kepegawaian jika ada.

Ini semua akan memudahkan bagian personalia memberikan izin kepada Anda. Jika nama Anda sama dengan rekan kantor lain, buat nama Anda yang lengkap beserta jabatan Anda.

 

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Karyawan Tetap

 

3. Tujuan Izin

Ungkapkan tujuan izin kerja Anda dengan kalimat yang jelas dan tidak bertele-tele.

Jika Anda izin karena sakit, sebaiknya minta juga surat keterangan sakit dari dokter atau pihak rumah sakit yang menyatakan Anda sedang sakit dan perlu beristirahat di rumah.

Sertakan lampiran surat keterangan dari dokter ini supaya memperkuat permintaan izin Anda.

 

4. Lama Izin

Bila Anda tahu berapa lama Anda perlu izin bekerja, cantumkan juga berapa hari Anda izin, dengan demikian pihak kantor tahu kapan Anda akan kembali bekerja.

 

5. Ucapan Terima Kasih

Sampaikan juga rasa terima kasih kepada bagian yang bertanggung jawab untuk meluluskan surat tidak masuk kerja Anda ini. Dengan demikian akan tercipta hubungan dan kerja sama yang baik.

Setelah kita mengetahui beberapa poin yang harus ada di dalam surat izin tidak masuk kerja, berikan contoh di bawah ini, kami membuatkan surat tidak masuk kerja karena sakit.

 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

 

Contoh Surat izin tidak masuk kerja
Contoh Surat izin tidak masuk kerja

 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Keluarga

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Izin Tidak Masuk Kerja

 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Keluarga Meninggal Dunia

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

 

Atur Izin Tidak Masuk Kerja dengan LinovHR

 

mobile ess

 

Pengajuan izin karyawan biasanya dikelola oleh HR suatu perusahaan. Sistematisnya bisa berbeda-beda tergantung peraturan yang ditetapkan juga kondisi karyawan saat melakukan izin.

Nah, sistematis izin yang mudah bisa dilakukan dengan bantuan Software HRD LinovHR!

Mengapa LinovHR?

LinovHR memiliki modul Time Management. Modul ini bukan hanya dapat mengatur jadwal shift kerja karyawan maupun pengajuan perubahan jadwal karyawan namun juga salah satunya pengajuan izin.

Karyawan dengan dinamika kerja yang tinggi akan lebih mudah melakukan pengajuan izin menggunakan fitur yang ada pada modul ini. 

Selain modul Time Management yang dapat digunakan secara online, LinovHR juga memiliki ESS LinovHR. ESS LinovHR ini merupakan aplikasi berbasis mobile yang ramah pengguna karena mudah digunakan.

ESS LinovHR memiliki fitur Permit Request yang membuat karyawan dapat melakukan pengajuan izin dengan mudah hanya melalui mobile phone saja. 

Anda bisa menggunakan dua kemudahan tersebut untuk membuat manajemen pengajuan izin Anda lebih mudah!

Selain itu, baik modul Time Management dan ESS LinovHR telah terintegrasi langsung dengan bagian HR perusahaan sehingga alur pengajuan dan approval izin karyawan akan lebih praktis! 

 

Itulah pembahasan mengenai surat izin tidak masuk kerja.

Apabila Anda tidak memperhatikan bagaimana cara penulisan, pemilihan kata yang baik dan benar dalam membuat surat izin tidak masuk kerja, Anda akan terlihat tidak profesional.

Pastikan Anda telah mengikuti panduan di atas dengan benar. Semoga bermanfaat!