cara meminta kenaikan gaji

Bagaimana Cara Meminta Kenaikan Gaji Sesuai Etika?

Mungkin Anda sudah lama bekerja di perusahaan ini dan merasa layak mendapatkan gaji yang lebih karena loyalitas dan kerja keras yang Anda berikan selama ini, sehingga Anda berani untuk meminta kenaikan gaji. Cara meminta kenaikan gaji sesuai etika sangat diperlukan dalam hal ini.

Biasanya karyawan lama atau yang selalu memberikan kinerja extra-nya kepada perusahaan akan terpikir untuk meminta kenaikan gaji. Hal ini tentu saja pantas karena sesuai dengan apa yang telah diberikan kepada perusahaan.

Namun bagaimana cara minta naik gaji secara profesional? Sebelum Anda salah tindak, Anda dapat mengikuti langkah dibawah ini!

 

Kiat Cara Meminta Kenaikan Gaji

Meminta kenaikan gaji merupakan hal sensitif. Kebanyakan karyawan merasa segan untuk memintanya.

Padahal dengan cara yang tepat, meminta kenaikan gaji  tentu diperbolehkan. Mari ikuti cara meminta kenaikan gaji sesuai etika di bawah ini!

 

Pilih Waktu Tepat untuk Bertanya

Ketika Anda meminta kenaikan gaji, Anda harus memilih waktu yang tepat. Lihat kondisi yang sekiranya menunjang permintaan Anda misalnya, kondisi finansial kantor yang stabil. Jangan meminta kenaikan gaji ketika perusahaan sedang mengalami banyak masalah! 

 

Riset Gaji di Posisi Anda

Pada tahap ini, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri berapa banyak kenaikan gaji yang harus diminta. Setiap pekerjaan memiliki nilai pasar. Nilai ini biasanya dalam kisaran tertentu.

Untuk mempelajari kisaran gaji untuk pekerjaan Anda, Anda dapat mencari di internet atau bertanya dengan teman di perusahaan lain.

 

Baca Juga: Menentukan Grade Gaji Karyawan

 

Mengatur Pertemuan

Sangat ideal untuk meminta kenaikan gaji secara langsung dan secara pribadi. Jika Anda tidak berada di lokasi yang sama, Anda dapat melakukannya via virtual meeting atau video call jika 1memungkinkan.

Jika dapat bertemu secara langsung, sebaiknya berada di ruangan dengan pintu tertutup. Jangan membahasnya di area umum tempat kerja, seperti pantry atau lorong kantor. 

 

Bersiap dengan Beberapa Pertanyaan dan Bukti

Jika Anda telah meminta kenaikan gaji pada saat yang tepat dan memberikan bukti bahwa Anda pantas dibayar lebih, Anda harus mengharapkan atasan Anda untuk mempertimbangkan permintaan Anda dengan cermat.

Anda dapat mengharapkan ada beberapa negosiasi. Dengarkan baik-baik bagaimana atasan Anda menanggapi permintaan Anda. Jika Anda merasa terintimidasi pada titik mana pun, kembalilah ke bukti Anda untuk memperkuat permintaan Anda.

 

Ucapkan Terima Kasih

Terlepas dari bagaimana percakapan berlangsung, akhiri dengan berterima kasih kepada atasan Anda atas waktunya. Kemudian pada hari itu atau hari berikutnya, kirimi mereka email sebagai tindak lanjut yang merangkum alasan Anda meminta kenaikan gaji dan menyertakan ringkasan percakapan yang Anda lakukan.

 

Baca Juga: Rumus Kenaikan Gaji Karyawan

 

Lantas, Bagaimana Tanggapan HRD Ketika Karyawan Meminta Kenaikan Gaji?

Setelah adanya permintaan gaji dari karyawan, bagaimana tanggapan yang tepat dari HRD sebagai pengelola SDM perusahaan ketika karyawan yang meminta kenaikan gaji?

 

Diskusikan Alasan Mengapa Meminta Kenaikan Gaji

Cari tahu mengapa karyawan merasa pantas mendapatkan kenaikan gaji, berapa lama mereka menginginkan kenaikan gaji serta hal yang ditawarkan kepada perusahaan jika mengabulkan permintaan kenaikan gaji. 

Pada titik ini juga merupakan ide yang baik untuk mencoba dan mencari tahu seberapa serius karyawan tersebut tentang kenaikan gaji dan apa yang mungkin mereka lakukan jika tidak mendapatkannya.

 

Perhatikan Perusahaan Pesaing Menggaji Karyawan

Pertimbangkan bagaimana sistem kompetitor atau bisnis serupa dalam membayar karyawannya sesuai dengan posisi saat ini. Mungkin saja karyawan yang saat ini bekerja di perusahaan telah mengalami peningkatan skill atau keterampilan. 

 

Pertimbangkan Kinerja Karyawan bagi Perusahaan

Jika perusahaan menghargai karyawan dan tidak ingin mereka meninggalkan perusahaan, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mempertimbangkan kinerja karyawan dan dedikasi mereka terhadap perusahaan.

Pertimbangkan kapan mereka terakhir kali mengalami kenaikan gaji dan bagaimana kontribusi yang diberikan bagi perusahaan. Tentunya hal ini dapat dilihat dari KPI dan penilaian kerja yang dibuat sebagai bahan evaluasi.

Untuk menilai penilaian kinerja, LinovHR memiliki modul performance management yang akan membantu menilai karyawan Anda dengan performance review, KPI, hingga feedback yang diberikan. Ketuk tautan berikut untuk info lengkap mengenai Performance Management dari LinovHR!

 

Mulai Menimbang Gaji yang Tepat

Tak perlu dikatakan bahwa pada akhirnya, keputusan yang tepat akan bergantung pada bisnis, anggaran, dan karyawan yang bersangkutan. Untuk itu mulai menimbang gaji karyawan tersebut dengan kondisi financial perusahaan serta tren gaji yang beredar di luar.

Hal ini tentunya akan berdampak pada pengelolaan gaji yang akan berubah. Tentunya jasa payroll LinovHR sangat dibutuhkan dengan perubahan pengelolaan gaji. Tak perlu repot untuk menyusun dari awal, cukup memperbaharui data yang dibutuhkan dan karyawan akan dibayarkan sesuai dengan kinerjanya.

 

payroll

 

Meminta naik gaji merupakan hak bagi seluruh karyawan.

Selama cara meminta kenaikan gaji sesuai etika dan menyertakan bukti yang valid, permintaan karyawan ini tidaklah salah. Sementara itu pihak HRD harus menimbang dan memperjuangkan hak karyawan kepada pihak pimpinan. Gaji yang sesuai tentu akan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan harmonis.