iklan lowongan pekerjaan

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan yang Menarik, HR Wajib Tahu!

Sebagai HR, tentu bukan tugas yang mudah untuk merekrut karyawan dengan skill yang dibutuhkan dengan segala proses yang dilalui, salah satunya dengan membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik. Karyawan memang mempunyai peran yang penting untuk keberlangsungan perusahaan, sehingga dalam perekrutan pun harus sesuai dengan posisi dan talenta yang dicari.

Selain itu, reputasi dan nama baik perusahaan juga dipertaruhkan dalam proses perekrutan. Terlebih lagi adanya kendala rekrutmen yang dialami oleh masing-masing perusahaan dalam persaingan untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Namun secara umum, kendala ini bisa diatasi dengan melirik contoh iklan lowongan pekerjaan di berbagai situs dan platform lowongan kerja.

 

Mengapa Harus Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan?

Untuk mendapatkan perhatian dari calon kandidat agar mau melamar ke perusahaan, maka perusahaan wajib membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik dan tidak asal-asalan. Ada banyak sekali ragam pembuatannya, mulai dari iklan dalam Bahasa Indonesia, hingga iklan Bahasa Inggris. Adapun alasan lainnya untuk membuat iklan lowongan pekerjaan adalah sebagai berikut:

  1. Agar masyarakat atau kandidat potensial mengetahui bahwa di perusahaan tersebut membutuhkan karyawan baru yang sekiranya memiliki skill yang sesuai.
  2. Sebagai salah satu sarana memperkenalkan brand dan produk perusahaan ke masyarakat luas, karena biasanya pada iklan lowongan mencantumkan penjelasan mengenai perusahaan tersebut.
  3. Membuka peluang bagi investor untuk lebih mengetahui bahkan bekerja sama dengan perusahaan terkait.

 

Baca Juga: Kiat Mempermudah Proses Seleksi Karyawan

 

Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan

Jika iklan lowongan pekerjaan yang dibuat tidak menarik, maka perusahaan yang akan rugi. Contohnya, kandidat yang melamar tidak sesuai dengan kriteria, jumlah kandidat yang melamar sedikit atau bahkan tidak ada yang melamar sama sekali. Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahan dalam pembuatannya, berikut cara terbaik untuk membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik:

 

1. Judul Jangan Terlalu Panjang

Jangan membuat judul yang terlalu panjang. Jika terlalu panjang, maka hal tersebut akan membuat kandidat karyawan tidak menghiraukan iklan dari perusahaan Anda. Buat judul lowongan dengan panjang kata maksimal 5 kata.

Lalu, isilah nama posisi yang perusahaan butuhkan dengan memastikan judul iklan tersebut singkat, jelas, dan padat. Dalam prakteknya, judul yang singkat, padat dan jelas yang akan menarik lebih banyak kandidat karyawan.

 

2. Logo dan Deskripsi Perusahaan

Setiap kandidat tentunya ingin mengetahui apa bidang industri, sudah berapa lama berdiri, dan apa saja prestasi yang pernah diraih perusahaan tersebut. Dengan logo dan deskripsi perusahaan yang menarik, perusahaan bisa menjelaskan hal-hal tersebut pada pelamar.

Oleh karena itu, berikan informasi yang jelas agar kandidat merasa yakin dan tenang jika berhasil mengisi lowongan tersebut. Cantumkan deskripsi yang mencerminkan citra perusahaan dengan baik dan jujur sehingga pelamar tidak merasa dikelabui nantinya.

 

3. Job Description

Agar kandidat tidak ragu untuk melamar pekerjaan dari iklan lowongan pekerjaan tersebut, cantumkanlah job description dari setiap lowongan yang diiklankan. Selain itu, hal ini bertujuan untuk memperjelas seperti apa pekerjaan yang akan dilakukan oleh mereka nantinya setelah bekerja. Job description juga berfungsi sebagai penentu apakah pelamar mampu mengerjakan pekerjaan tersebut atau tidak.

 

4. Kriteria

Sesuaikan posisi yang dibutuhkan perusahaan dengan kriteria yang sesuai dengan keadaan lapangan di tempat bekerja. Hal ini penting agar pelamar yang merasa cocok dengan kriteria tersebut mau melamar pekerjaan itu. Berbekal informasi ini, para pelamar bisa mengambil keputusan yang tepat untuk melamar pekerjaan tersebut atau tidak.

 

5. Lokasi Kerja

Cara membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik berikutnya adalah dengan mencantumkan lokasi penempatan kerja supaya pelamar mengetahui di mana mereka akan bekerja nantinya. Dengan demikian, pelamar dapat memperhitungkan biaya dan waktu yang harus ditempuh untuk sampai ke lokasi tersebut jika berhasil diterima.

 

6. Fasilitas Dari Kantor

Iklan yang menarik umumnya mencantumkan fasilitas yang didapatkan karyawan dari kantor. Contohnya antar jemput karyawan, tunjangan, asuransi kesehatan, kendaraan operasional dan lain sebagainya bila perusahaan memang menyediakan. Hal ini bertujuan untuk menambah daya tarik di mata pelamar untuk melamar pekerjaan tersebut.

 

7. Cantumkan Alamat Kantor, Email dan Nomor Telepon

Agar kandidat dapat menghubungi perusahaan jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, maka penting untuk mencantumkan informasi, seperti alamat kantor, sosial media, email, atau nomor telepon.

 

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, berikut ini contoh iklan lowongan pekerjaan dalam Bahasa Indonesia untuk posisi Sales dan Staf HRD:

 

contoh lowongan kerja
Sumber: salamadian.com

 

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

Berikut ini contoh lowongan pekerjaan dalam Bahasa Inggris untuk posisi Management Trainee dan Junior Software Developer:

 

iklan lowongan pekerjaan
Sumber: salamadian.com

 

lowongan pekerjaan
Sumber: uist.edu.mk

 

Baca Juga: 7 Software HRD dan Payroll untuk Kelola Mudahkan Karyawan

 

Mudahkan Administrasi Pengelolaan Rekrutmen Karyawan dengan LinovHR

Ada banyak cara yang harus diketahui oleh perusahaan jika ingin merekrut karyawan untuk mengatasi kendala rekrutmen yang tidak mudah. Salah satu pilihannya adalah dengan bekerja sama dengan kami, LinovHR yang berpengalaman sebagai vendor Software HRIS (Human Resource Information System), untuk memudahkan pengelolaan rekrutmen karyawan di perusahaan Anda secara efektif dan efisien.

Keunggulan dari Software Payroll LinovHR, yaitu data dan informasi karyawan dijamin aman kerahasiaannya, mudah digunakan oleh non praktisi IT sekalipun, dapat membuat laporan dan slip gaji otomatis, tampilan user friendly, sehingga HRD dapat beradaptasi lebih cepat, serta dapat diakses secara online maupun offline.

Selain itu, fitur yang ada dalam Software HRD dari LinovHR cukup lengkap. Beberapa di antaranya adalah performance management, organizational management, personnel management, recruitment, competency management, time management, reimbursement, succession management, learning and development, employee self service dan loan.

Fitur-fitur ini akan memudahkan tugas HRD, sehingga divisi HR bisa lebih fokus mencari kandidat dengan skill terbaik melalui iklan lowongan pekerjaan. Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi LinovHR sekarang dan nikmati kemudahan manajemen perusahaan dan karyawan mulai saat ini.