apa itu kliping

15 Contoh Kliping Serta Cara Membuat dan Susunannya

Seorang public relation kerap kali ditugaskan untuk membuat contoh kliping dari beberapa media.  Tugas ini sendiri dilakukan untuk melihat dan mengidentifikasi seperti apa perusahaan diberitakan oleh media, apakah negatif atau positif.

Hal ini sendiri sebenarnya bukanlah hal baru, di tingkat sekolah kita juga sering diminta guru untuk membuat karya tulis ilmiah satu ini.

Untuk mengetahui lebih detailnya mengenai apa itu kliping, mari simak penjelasan dari LinovHR berikut ini, ya!

 

Pengertian Kliping

Kliping adalah kegiatan yang melibatkan memotong atau memisahkan bagian-bagian tertentu dari media cetak seperti majalah, buku, koran, tabloid, atau sumber lainnya. 

Potongan ini kemudian disusun dalam suatu sistem tertentu, menggunakan bahan seperti kertas, kartu, karton, dan sejenisnya untuk tujuan dokumentasi.

Kliping umumnya memiliki tema khusus, sehingga potongan-potongan yang dipotong dari berbagai sumber media tersebut saling terkait dan berkaitan.  Dengan demikian, setiap kliping biasanya mewakili satu tema tertentu. 

Meskipun terlihat sederhana dan praktis, proses pembuatan kliping sebenarnya tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Media-media yang sudah dipotong tersebut haruslah disusun dengan sistem tertentu. Sehingga menyediakan informasi yang berharga.

Dalam buku “Seni Budaya Keterampilan” karya Sri Murtono, kliping dijelaskan sebagai kegiatan mengumpulkan benda atau gambar, mengatur, dan menempelkannya pada kertas, buku, atau media lainnya.

Secara sederhana, kliping dapat didefinisikan sebagai karya yang berisi potongan artikel dan gambar, yang disusun dengan tema tertentu untuk menjaga keterkaitan dan kesinambungan informasi di dalamnya.

 

Jenis-jenis Kliping

Ada beberapa jenis kliping yang berada dan dipergunakan, yaitu sebagai berikut:

 

1. Kliping Sekolah

Dalam dunia pendidikan, tugas kliping sering diberikan kepada siswa. Temanya dapat beragam, seperti olahraga, seni, budaya, dan lain sebagainya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama adalah menyiapkan beberapa lembar kertas catatan.
  • Selanjutnya, siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Sebagai contoh, potong beberapa bagian dari dokumen album foto masa sekolah.
  • Kemudian, buatlah bingkai dengan menggunakan kertas warna-warni sebagai hiasan.
  • Langkah terakhir, tempelkan potongan-potongan tersebut pada lembaran kertas catatan dan susun sesuai dengan kreativitas Anda.

 

2. Kliping Mini dalam Buku

Ini adalah jenis di mana di dalam terdapat paduan dari beberapa buku kecil. Cara membuatnya sederhana, Anda hanya perlu menyediakan area kosong di kertas sebelum menempelkan potongan lainnya, untuk menambahkan beberapa album foto kecil yang telah dibuat sebelumnya. 

Selanjutnya, gunakan sampul kertas kaku bersama dengan elemen lain sesuai dengan selera Anda. Hal ini akan memberikan kesan mewah pada album mini.

Kemudian, tambahkan potongan-potongan berita yang diinginkan dari surat kabar, majalah, koran, tabloid, atau media cetak lainnya sebagai pelengkap.

 

3. Kliping Monogram

Kliping monogram memiliki ciri khas penggunaan kertas berwarna abu-abu. Berikut adalah langkah-langkahnya: 

  • Siapkan bahan-bahan dan potong sesuai dengan keinginan Anda.
  • Sebelum menempelkannya, buatlah sampul kliping dengan lapisan kain.
  • Berikan sentuhan dekoratif dengan menutupi halaman kosong menggunakan kertas berpola dan menambahkan monogram logam ke sampulnya.
  • Setelah itu, kliping Anda akan memiliki tampilan yang lebih menarik.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Essay dengan Benar?

 

Struktur Kliping

Agar mudah dibaca, kliping memiliki susunan tersendiri yang perlu Anda ikuti saat membuatnya, yaitu seperti berikut ini:

 

1. Cover 

Setiap kliping sebaiknya dilengkapi dengan sampul atau cover. Tujuannya adalah untuk menarik minat pembaca dan sekaligus menggambarkan tema kliping tersebut.

Pastikan membuat cover semenarik dan sebaik mungkin agar menarik perhatian.

 

2. Kata Pengantar 

Meskipun jarang digunakan, namun kata pengantar dapat diberikan sebagai bagian dari kliping, seperti halnya dalam karya ilmiah atau skripsi.

 

3. Daftar Isi 

Sertakan daftar isi untuk memudahkan navigasi dan pencarian informasi di dalamnya. Daftar isi harus disusun dengan informasi tentang halaman dan tema yang dibahas dalam kliping.

 

4. Isi 

Isi atau pembahasan harus konsisten dengan judul, tema, dan sampul yang telah ditentukan. Pastikan agar tidak membingungkan pembaca. 

Jangan lupa mencantumkan sumber gambar dan artikel yang digunakan dalam kliping, dengan cara memotong dari majalah, koran, dan media lainnya, serta mencantumkan tanggal terbitnya.

 

5. Kesimpulan dan Saran

Tariklah kesimpulan dari berbagai informasi yang diperoleh dari sumber-sumber tersebut. Kesimpulan ini akan membantu pembaca memahami isi kliping dengan lebih baik.

Jika relevan, sertakan pula saran-saran yang dapat diberikan berdasarkan informasi dalam kliping.

 

6. Daftar Pustaka

Meskipun sumber telah disertakan, tetap perlu membuat daftar pustaka. Pastikan daftar pustaka disusun sesuai dengan aturan baku yang berlaku agar terhindar dari kesalahan.

 

Baca Juga: Contoh Proposal Usaha yang Menarik dan Cara Membuatnya

 

Cara Membuat Kliping

Kliping adalah kegiatan praktis yang melibatkan pemotongan dan penyusunan potongan-potongan tertentu dari media cetak seperti surat kabar. Dalam pembuatan kliping, caranya seperti:

 

1. Tentukan Tema

Langkah pertama dalam pembuatan kliping adalah menentukan tema yang sesuai untuk kliping yang akan dibuat. Pemilihan tema ini penting agar kliping fokus pada sumber utama yang relevan dengan tema yang diinginkan.

Misalnya, jika tema yang dipilih adalah “Perubahan Iklim,” pastikan kliping akan berfokus pada berita, artikel, atau informasi terkait perubahan iklim.

 

2. Kumpulkan Data dan Bahan

Setelah tema ditentukan, langkah selanjutnya adalah mencari dan mengumpulkan data dan bahan yang relevan dari media cetak atau internet.

Ini bisa berupa artikel berita, gambar, atau kutipan yang mendukung tema kliping. Pastikan untuk mencatat sumbernya untuk disertakan dalam daftar pustaka.

 

3. Siapkan Alat

Persiapkan alat-alat yang diperlukan untuk membuat kliping. Anda memerlukan gunting, penggaris, lem, serta tambahan hiasan seperti spidol berwarna.

Pilihlah media kliping yang sesuai, seperti kertas HVS atau folio. Pastikan kertas ini dalam ukuran yang sesuai dengan keinginan Anda.

 

4. Gunting Bahan

Setelah semua bahan dan data terkumpul, guntinglah bahan kliping sesuai dengan pola atau kreativitas yang diinginkan. Potonglah bahan dengan rapi dan pastikan agar potongan tersebut sesuai dengan ukuran kertas yang telah Anda siapkan.

Pola potongan bisa disesuaikan dengan tata letak yang menarik.

 

5. Tempelkan Bahan

Susun potongan bahan kliping secara sistematis dan rapi di atas kertas. Anda bisa menyusunnya berdasarkan tahun terbitnya untuk memberikan struktur yang jelas.

Selain itu, tambahkan hiasan seperti bunga, pernak-pernik, atau ilustrasi lainnya untuk memberikan tampilan yang menarik pada kliping.

 

6. Buat Cover

Setelah potongan bahan ditempelkan dengan rapi, buatlah cover kliping yang menarik dan sesuai dengan isi kliping. Pastikan penempelan kliping sudah rapi sebelum membuat cover.

Anda dapat menggunakan gambar atau tulisan yang mencerminkan tema kliping.

 

7. Daftar Pustaka

Terakhir, sertakan daftar pustaka yang mencantumkan semua sumber yang Anda gunakan dalam kliping. Hias daftar pustaka dengan elemen-elemen menarik seperti stiker, gambar, atau dekorasi lainnya agar terlihat lebih menarik.

Pastikan untuk mencantumkan sumber-sumber dengan lengkap, termasuk judul artikel, nama penulis, sumber publikasi, dan tanggal terbit.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat kliping yang menarik dan informatif dengan tata letak yang rapi dan tema yang sesuai.

 

Contoh Kliping

Setelah memahami mulai dari definisi, jenis, susunan dan cara pembuatan kliping, berikut ini beberapa contoh kliping yang bisa digunakan sebagai referensi saat Anda ingin membuat kliping.

 

1. Contoh Kliping Olahraga

kliping olahraga
Sumber: scribd.com

 

2. Contoh Kliping Sejarah

kliping sejarah
Sumber: scribd.com

 

3. Contoh Kliping Keragaman Budaya Indonesia

kliping keragaman budaya indonesia
Sumber: scribd.com

 

4. Contoh Kliping Tarian Daerah

contoh kliping tarian daerah
Sumber: scribd.com

 

5. Contoh Kliping Bencana Alam

kliping bencana alam
Sumber: scribd.com

 

6. Contoh Kliping Koran

 

contoh kliping koran
Sumber: muhdhito.me

 

7.  Kliping Pendidikan

 

Kliping pendidikan
Kliping pendidikan

 

8. Kliping Kesehatan

 

Kliping kesehatan
Kliping kesehatan

 

9. Kliping Informasi Hewani

Kliping informasi hewani
Kliping informasi hewani

 

10. Kliping Politik

 

Kliping Politik
Kliping Politik

 

11. Kliping Peperangan dalam  Bahasa Inggris

 

Kliping peperangan bahasa inggris
Kliping peperangan bahasa inggris

 

12. Kliping Sederhana Bahasa Inggris

 

Kliping sederhana bahasa inggris
Kliping sederhana bahasa inggris

 

13. Contoh Kliping tentang Lingkungan

 

Contoh Kliping tentang Lingkungan
Contoh Kliping tentang Lingkungan

 

14. Contoh Kliping tentang Masyarakat

 

Kliping tentang Masyarakat
Kliping tentang Masyarakat

 

15. Contoh Kliping Berita

 

Kliping Berita
Kliping Berita

 

Itulah, informasi seputar kliping yang perlu Anda ketahui. Semoga dari penjelasan diatas dapat menambah wawasan dan mempermudah Anda dalam proses pembuatan kliping, ya!