surat pengunduran diri

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Menelusuri contoh surat pengunduran diri menjadi langkah awal karyawan sebelum keluar dari perusahaan. Keputusan tersebut tak jarang mengundang keterkejutan dari korporasi. Apalagi sebagian besar perusahaan menduga mereka telah mengelola sumber daya manusia (SDM) dengan baik. Sehingga kehilangan karyawan, terutama yang terbaik, tak hanya merugikan mereka dari sektor finansial, melainkan juga waktu dan tenaga.

 

Mengapa Karyawan Memilih Mengundurkan diri?

Alasan karyawan mundur dari jabatan dan pekerjaan pun beragam. Baik perusahaan maupun pegawai perlu mempelajarinya agar hubungan di antara kedua belah pihak berakhir tanpa kesalahpahaman. Ada pun lima alasan yang mendasari karyawan mengundurkan diri, antara lain:

1. Pekerjaan dan Lingkungan Stagnan

Menurut survei yang dirilis Glassdor, perusahaan penyedia platform pencarian kerja online—para pekerja yang berada dalam jobdesc maupun lingkungan stagnan cenderung memilih mengundurkan diri untuk mendapatkan hal baru yang lebih menantang atau menarik. Hal ini kerap dirasakan karyawan yang sudah bekerja selama bertahun-tahun dan merasa perusahaan kurang menghargai mereka. Dalam hal ini, ruang berekspresi perlu dipertimbangkan perusahaan demi mempertahankan pekerja terbaiknya.

 

2. Waktu Bekerja yang Terlalu Diforsir

Alasan yang satu ini mungkin jarang dicantumkan dalam contoh surat pengunduran diri. Namun, bukan berarti perusahaan bisa mengabaikannya. Karyawan yang berada di tengah kondisi kerja berlebih atau overwork akan tertekan hingga membenci pekerjaan mereka. Hal tersebut akan membuat karyawan jatuh sakit dan kesulitan memberikan performa terbaik. Porsi kerja yang terlalu diforsir ini semakin sering dijumpai di era kompetitif seperti sekarang. 

 

Baca Juga: Tanda-Tanda Burnout di Tempat Kerja

 

3. Perusahaan Kurang Mengapresiasi Karyawan

Tidak sedikit perusahaan yang lupa bila karyawan yang mereka pekerjakan adalah manusia yang perasaannya dapat tersakiti. Salah satu kebutuhan mereka seperti apresiasi acap kali dilupakan dan hanya diingat saat memberikan dedikasi besar pada perusahaan. Maka jangan kaget bila pekerja memutuskan pergi dan mencari tempat baru yang lebih menghargai kemampuannya. Padahal, bentuk apresiasi seperti pujian saja dapat membuat karyawan bertahan di perusahaan.

 

Baca Juga: Penghargaan Yang Pantas Untuk Karyawan Yang Penuh Loyalitas

 

4.Budaya Kerja Kompetitif dan Apatis

Alasan lainnya yang membuat karyawan mengundurkan diri adalah akibat terjebak kultur atau budaya kerja apatis dan kompetitif. Penerapan ‘hukum rimba’ oleh perusahaan hanya akan membuat pekerja tersiksa, karena mau tak mau mereka harus bersaing dengan karyawan lain demi mendapatkan pengakuan. Bahkan ada yang sengaja ‘bermain kotor’ demi menjatuhkan rekan seprofesi mereka. Daripada terus tersiksa, mereka pun memilih mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

 

5.Arah Perusahaan yang Kurang Jelas

Alasan terakhir yang membuat karyawan urung menyetujui perpanjangan kontrak adalah arah perusahaan yang semakin tidak jelas. Entah karena posisi yang kurang stabil di pasaran atau orang yang menjabat posisi penting ternyata kurang kompeten. Dalam hal ini, sah saja bila karyawan mulai mencari contoh surat pengunduran diri sebelum mereka terkena kerugian bila memilih lama-lama tinggal di perusahaan yang kurang stabil.

 

Baca Juga: Metode SMART dan Pengaruhnya dalam Pencapaian Tujuan

 

Kumpulan contoh surat pengunduran diri 

Ada pun lima contoh surat pengunduran diri yang dapat Anda pelajari sebagai referensi, antara lain:

 

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

 

Kepada Yth,

Kepala Bagian SDM

PT Makmur Selalu

Jalan Daun Pandan No. 6

 

Dengan hormat,

 

Saya, Marina Budiasih, menyatakan mengundurkan diri dari PT Makmur Selalu dari posisi sekretaris. Pengajuan pengunduran diri ini terhitung sejak 4 Juli 2019.

 

Melalui surat ini pun saya ingin mengaturkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan PT Makmur Selalu. Saya mempelajari banyak hal dan pengalaman yang membantu saya berkembang di kemudian hari. Saya juga ingin meminta maaf apabila secara tak sengaja melakukan kesalahan selama berada di perusahaan ini.

 

Semoga PT Makmur Selalu kian sukses di masa depan. Terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat saya,

 

Marina Budiasih.

 

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi 

 

Kepada 

Yth. Kepala Umum

LSM Budi Mulia

Jalan Burung Tekukur 10A

 

Lewat surat ini, saya menyampaikan maksud untuk mengundurkan diri dari posisi bendahara LSM Budi Mulia. Ada pun alasan yang mendasarinya adalah saya hendak melanjutkan studi S2 terhitung tanggal 1 September 2019.

Selama bekerja dengan LSM Budi Mulia, saya mendapatkan pelajaran berharga seputar berorganisasi. Pengalaman-pengalaman tersebut sangat membantu saya berkembang lebih baik. Mohon maaf juga bila saya sempat melakukan selama berada di lembaga ini.

Demikian surat pengunduran diri saya. Terima kasih.

 

Salam hormat,

 

Anita Prisillia.

 

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Manajer

 

Kepada 

Yth. Kepala Divisi HRD

PT Digital Persada Indah

Jalan Diponegoro No. 67-69

 

Dengan hormat,

 

Sesuai keputusan direksi, melalui surat permohonan ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama: Muhammad Jafar

Jabatan: Manajer

 

Mengajukan pengunduran diri dari posisi manajer terhitung 30 Agustus 2019.

 Selama bekerja di PT Digital Persada Indah, saya menimba berbagai ilmu berharga. Pengalaman tak ternilai dari kolega pun membantu saya berkembang menjadi pribadi lebih baik. Mudah-mudahan, saya bisa menjadi sosok yang lebih profesional di kemudian hari. Saya juga bersedia untuk membantu selama masa transisi demi kelancaran pelaksanaan tugas yang saya tinggalkan.

Mudah-mudahan, PT Digital Persada Indah akan maju menjadi perusahaan besar yang lebih baik.

 

Terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat saya,

 

Muhammad Jafar.

 

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

 

Kepada Yth, 

Kepala Sekolah Menengah Atas Damai Sejahtera

Jalan Bunga Melati No. 167

 

Dengan hormat,

 

Lewat surat ini, saya:

 

Nama: Mulyadi Hasanah

Jabatan: Guru Sejarah

 

Secara resmi mengundurkan diri dari posisi guru Sejarah di SMA Damai Sejahtera terhitung hari ini, Jumat, 9 Agustus 2019.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih pada rekan guru dan staf lain di SMA Damai Sejahtera atas pengalaman serta ilmu yang saya dapatkan selama mengajar di sini. Kemudian, saya juga ingin meminta maaf pada seluruh jajaran Komite Sekolah dan Yayasan Damai Sejahtera bila terjadi kesalahan yang kurang berkenan.

Semoga SMA Damai Sejahtera kian berprestasi, baik di bidang akademik dan non-akademik, sehingga dapat mencetak generasi penerus bangsa berakhlak nan cerdas.

 

Terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat saya,

 

Mulyadi Hasanah

 

5. Contoh Surat Pengunduran Anggota Partai

 

Kepada 

Yth. Ketua Umum Partai Lima Tujuh

Jalan Rampai Senja 113

 

Dengan hormat,

 

Saya, Maman Sukadi, mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan Wakil Ketua Partai Lima Tujuh. Pengunduran diri ini terhitung sejak 5 Mei 2019. Alasan yang mendasari saya untuk mengambil keputusan ini adalah karena ingin melanjutkan studi di universitas luar negeri.

Berbagai pengalaman saya dapatkan selama menjabat sebagai wakil ketua di Partai Lima Tujuh. Apabila saya melakukan kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Saya juga mendoakan Partai Lima Tujuh dapat mewujudkan impian-impian yang lebih baik di kemudian hari dalam membangun bangsa dan negara ke arah yang lebih baik.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Dengan hormat,

 

Maman Sukadi.

 

Baca Juga: Hindari 7 Hal Ini dalam Membuat Surat Pengunduran Diri

 

Dengan memperhatikan bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik, anda akan terlihat lebih profesional di dunia kerja.