definisi manajemen

Definisi dan Fungsi Manajemen

Bila membaca kata manajemen tentunya Anda tidak akan merasa asing. Karena kata-kata tersebut sudah sangat sering diucapkan di mana saja. Pengertian serta fungsi manajemen pada umumnya mempunyai persepsi berbeda. Namun bila dikerucutkan, semuanya akan mengarah pada satu tujuan yaitu bagaimana pengambilan keputusan yang tepat. Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut ini adalah informasi mengenai definisi dan fungsi manajemen.

Definisi Manajemen

Manajemen sendiri bisa didefinisikan sebagai sebuah proses agar bisa mencapai tujuan dalam suatu organisasi yang bisa bekerja sama langsung dengan sumber daya yang dipunyai dengan tepat. Cara ini tentunya harus bisa dilakukan oleh siapa saja, baik seorang individu apalagi mereka yang masuk dalam kategori perusahaan.

Fungsi Manajemen

Setelah mengetahui apa pengertian dari manajemen, selanjutnya Anda perlu mengetahui apa fungsi dari manajemen itu sendiri. Berikut adalah fungsinya:

1.Merencanakan atau planning

Fungsi pertama dari manajemen adalah untuk membuat sebuah perencanaan atau planning. Sementara rencana sendiri merupakan hal yang sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan bila mereka memiliki tujuan yang jelas. Bila tanpa rencana, tujuan yang sudah dibuat akan sangat sulit bisa tercapai.

Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam perencanaan seperti membuat sebuah target yang spesifik, membuat sebuah rencana kegiatan, melakukan pengaturan mana urutan yang perlu dilakukan lebih dulu, menyusun berapa anggaran biaya yang harus dikeluarkan, membuat SIP yang akan berhubungan langsung dengan berjalannya pekerjaan.

 

Baca Juga :Pengertian Interpersonal skill dan manfaat nya

 

2.Mengorganisasi atau organizing

Mengorganisasi merupakan salah satu cara untuk membagi sebuah kegiatan yang tadinya besar menjadi kecil. Sementara untuk caranya sendiri bisa dengan membagikan tugas pada beberapa orang yang memang berkompeten dalam bidangnya. Ini dilakukan agar perusahaan bisa mudah mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Beberapa cara pengorganisasian yang dilakukan, misalnya saja seperti membuat desain struktur organisasi, menentukan bagaimana job deskripsi yang lengkap, menyerahkan tanggung jawab, serta membedakan antara staff dan juga atasan.

3.Melakukan pengarahan atau directing

Pengarahan sangatlah diperlukan sebagai cara atau upaya agar semua SDM di dalam perusahaan bisa menjalankan pekerjaan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti memberikan sebuah tugas yang teratur atau bisa juga dengan menjelaskan kebijakan yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

 

Baca Juga :Cara manajemen waktu kerja dan keluarga yang efektif

 

4.Staffing atau penempatan

Fungsi manajemen ini sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan cara pengorganisasi. Namun bila didalam pengorganisasian akan lebih berfokus pada SDM, sementara staffing akan berfokus pada penempatan yang akan tertuju pada sumber dayanya secara umum.

5.Kordinasi atau coordinating

Fungsi manajemen yang terakhir adalah mengkordinasi para karyawan atau SDM dalam suatu organisasi agar bisa meningkatkan efektifitas serta efisiensinya dalam bekerja. Ini juga bisa membantu karyawan  dan perusahaan agar dapat membuat sebuah lingkungan kerja sehat, dinamis, nyaman dan yang lainnya. Biasanya fungsi manajemen ini akan dilakukan oleh seorang manajer dalam perusahaan. Sehingga dengan kata lain, manager sendiri akan memegang peranan penting sebab memiliki kunci dari fungsi koordinasi para staff perusahaan agar bisa meningkatkan kinerjanya.

Itulah definisi dan fungsi manajemen dalam perusahaan. Informasi ini sangat penting Anda ketahui apalagi bila sedang mencapai suatu tujuan.Fungsi manajemen  bisa dilakukan siapa saja, tidak hanya untuk perusahaan besar. Seorang individu yang ingin mencapai tujuan hidupnya bisa menerapkan fungsi manajemen agar ia bisa melakukan segala sesuatu secara terarah.