fast paced environment

Kiat Mengelola Perusahaan Fast Paced Environment Menggunakan HRIS

Lingkungan kerja yang diciptakan dalam sebuah perusahaan berbeda satu dengan yang lainnya. Ada tipe lingkungan yang lambat dan ada juga yang memiliki lingkungan kerja cepat atau yang disebut dengan fast paced environment.

Fast paced environment artinya segala sesuatu yang terjadi di dalam perusahaan berlangsung secara cepat. Cepat di sini memiliki makna bahwa, setiap karyawan memungkinkan untuk memegang berbagai macam pekerjaan dalam waktu bersamaan, serta harus bersiap untuk melakukan pekerjaan yang baru setiap saat. 

Perusahaan yang memiliki tipe lingkungan yang serba cepat, membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu untuk mengimbanginya. Dalam hal ini kemampuan orang yang mampu beradaptasi dengan cepat sangat dibutuhkan dalam perusahaan yang memiliki lingkungan satu ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu mengelola perusahaan menggunakan HRIS, ini dia penjelasan lengkapnya!

 

Mengapa Perusahaan Fast Paced Environment Membutuhkan HRIS?

Seperti yang sudah diketahui bahwa, HRIS merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk memudahkan HR atau perusahaan dalam mengakses atau mengelola data dari sumber daya manusianya (SDM)

Melakukan pengelolaan sumber daya manusia merupakan langkah yang penting dalam sebuah perusahaan. Karyawan merupakan aset paling penting dalam sebuah perusahaan dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu, pengelolaan yang baik akan memberikan pengaruh yang positif bagi perusahaan juga nantinya.

HRIS sendiri akan membantu HR dalam mengetahui atau menggali informasi yang penting mengenai karyawannya, seperti data pribadi, jabatan, pekerjaan, informasi gaji, dan hal sejenis lainnya.

Mengingat sebuah perusahaan fast paced environment membutuhkan SDM yang baik, maka dengan penggunaan HRIS ini dapat memudahkan seorang HR dalam melakukan rekrutmen yang sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi dari perusahaan. Serta memonitoring performa karyawan terhadap pekerjaan yang telah mereka lakukan, sehingga bisa melakukan evaluasi dari performa setiap karyawannya dengan baik.

 

Cara Mengelola Fast Paced Environment Menggunakan HRIS

 

software hris

 

Terdapat berbagai fungsi yang bisa dilakukan HRIS dalam mengelola perusahaan fast paced environment.

 

Melakukan Manajemen Organisasi

Pengelolaan organisasi yang baik akan membuat sebuah perusahaan untuk mengetahui identitas dari perusahaan itu sendiri, yang nantinya akan memudahkan perusahaan tersebut berkembang dan mencapai tujuan sesuai dengan misi dan misinya selama ini.

Kelola organisasi Anda dengan Modul Organization Management dari software HRD dari LinovHR yang memudahkan Anda dalam melihat secara visual dan lengkap gambaran besar dari organisasi perusahaan dan komponen penunjang lainnya, seperti identitas perusahaan, struktur organisasi, lokasi perusahaan, tingkatan jabatan, dan hal sejenis lainnya.

 

Merekrut Sumber Daya Manusia yang Berkompeten

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa perusahaan yang memiliki lingkungan kerja yang cepat, membutuhkan SDM yang dapat mengimbanginya.

Dengan merekrut sumber daya manusia yang berkompeten, akan memudahkan perusahaan untuk terus melangkah maju dengan konsisten, tanpa adanya halangan-halangan yang bersumber dari SDM itu sendiri, yang nantinya bisa menghambat pertumbuhan dari perusahaan.

Modul Recruitment dari LinovHR bisa membantu perusahaan Anda dalam mencari bakat-bakat terbaik yang cocok dengan lingkungan dan budaya perusahaan Anda. melalui modul ini, manajemen dapat melakukan manpower plan, recruitment request, talent management, dan career announcement dengan mudah dan cepat.

 

Baca Juga: Fitur Library dari LinovHR Mudahkan Proses Rekrutmen Karyawan

 

Melakukan Pengelolaan Kompetensi

Pengelolaan kompetensi bertujuan untuk mendapatkan karyawan yang memiliki kriteria kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kompetensi yang sesuai akan memudahkan seorang karyawan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang serba cepat dan dituntut untuk selalu siap dengan hal-hal baru. 

Modul Competency Management dari LinovHR akan membantu Anda dalam menemukan karyawan dengan kompetensi yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan. Manajemen dapat melakukan pengukuran secara komprehensif mengenai kebutuhan apa saja yang harus dimiliki oleh setiap unit kerja di perusahaan.

 

Manajemen Performa

Mengelola performa dari setiap karyawan yang ada merupakan hal yang penting untuk dilakukan, terutama dalam lingkungan kerja yang serba cepat. Manajemen performa di sini meliputi penentuan target, sistem penilaian kinerja karyawan, dan laporan atau hasil review dari karyawan.

Manajemen performa yang baik, dapat memudahkan karyawan dan juga perusahaan untuk berkembang dan meningkatkan performanya dalam mencapai targetnya.

Modul Performance Management dari software HRD LinovHR akan memudahkan HR dalam memantau kinerja dari setiap karyawannya, dan memberikan feedback apabila terjadi ketidaksesuaian kinerja dengan target yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

 

Manajemen Waktu

Dalam perusahaan fast paced environment, kemampuan manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan oleh semua elemen yang terlibat. Pengelolaan manajemen waktu di sini meliputi jadwal kerja karyawan dan pola kerja yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan karyawan.

Manajemen waktu yang tepat akan membantu karyawan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan kerja yang serba cepat dan mampu untuk mengambil tindakan yang sesuai untuk menyelesaikan pekerjaan yang mereka miliki dengan tepat waktu.

Seperti fitur Time Management dari LinovHR yang memudahkan HR dalam mengelola serta rekap data absensi, izin, cuti, lembur, dan jadwal kerja yang dimiliki karyawan secara cepat dan juga tepat.

Itulah pembahasan mengenai cara mengelola perusahaan fast paced environment menggunakan sistem HRIS. Sistem HRIS akan memudahkan HR dalam mengelola sesuatu yang berhubungan dengan sumber daya manusia. Ketuk tautan berikut untuk info selengkapnya mengenai HRIS software Indonesia LinovHR! 

Pengelolaan yang baik akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan perusahaan, jadi pastikan SDM di perusahaan Anda, bisa dikelola dengan baik oleh pihak manajemen. Semoga bermanfaat!