fungsi manajemen sumber daya manusia

Mengenal Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia umumnya dikelola oleh sebuah divisi yang disebut HR Departemen atau bisa kita kenal sebagai HR. Divisi ini bertugas untuk membantu perusahaan dalam mengelola manajemen sumber daya manusia agar sesuai dengan nilai dan budaya perusahaan. Lantas, apa saja fungsi manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan? 

Secara umum, manajemen sumber daya manusia merupakan suatu proses yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengelola dan memberdayagunakan sumber daya manusia (karyawan) demi mencapai tujuan perusahaan.

Jadi, manajemen sumber daya manusia adalah proses mengelola hal-hal yang berkaitan dengan ruang lingkup tenaga kerja (karyawan, manajer, buruh) yang menunjang semua kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 12 fungsi fungsi manajemen sumber daya manusia dan bagaimana fungsinya memajukan perusahaan. Berikut fungsi-fungsinya:

 

1. Planning (Perencanaan)

Fungsi manajemen sumber daya manusia yang pertama adalah mengetahui kebutuhan masa depan perusahaan. Contohnya dalam aspek jenis karyawan seperti apa yang dibutuhkan dan berapa banyak karyawan yang harus direkrut.  Perencanaan yang matang akan meminimalisir berbagai kendala di periode mendatang. 

 

2. Selection dan Recruitment

Fungsi fungsi manajemen sumber daya manusiayang kedua berkaitan dengan proses merekrut orang untuk bekerja pada perusahaan dan menyeleksi kandidat terbaik. Merekrut orang biasanya dimulai dengan citra perusahaan. Dengan citra perusahaan yang kuat dan strategi sumber yang tepat, maka perusahaan akan mudah mendapatkan SDM terbaik.

Setelah kandidat melamar posisi yang kosong, proses seleksi merupakan cara HR untuk memilih kandidat dengan kualifikasi terbaik dan memiliki potensi yang tinggi. Perkembangan teknologi dalam proses rekrutmen berkembang sangat pesat menghasilkan berbagai jenis alat recruitment yang bisa diaplikasikan ke perusahaan Anda.

 

3. Performance Management

Performance Management atau Manajemen Kinerja sangat penting dalam memastikan bahwa karyawan tetap produktif dan terlibat dalam kegiatan perusahaan. Performance management yang baik yaitu melibatkan kepemimpinan yang baik, penetapan tujuan yang jelas, dan umpan balik yang terbuka.

Performance management juga merupakan sebuah cara untuk menutup kesenjangan antara tenaga kerja yang ada saat ini dan tenaga kerja yang Anda inginkan di masa depan. Salah satu cara terbaik untuk membangun tenaga kerja masa depan Anda ialah melalui pembelajaran dan pengembangan

 

4. Learning and development

Tanggung jawab utama dari HR adalah memungkinkan karyawan untuk mengembangkan keahlian yang mereka butuhkan untuk masa depan. Hal tersebut juga berhubungan dengan fungsi manajemen SDM yang pertama, yakni HR menjembatani kesenjangan antara tenaga kerja saat ini dan tenaga kerja yang dibutuhkan dalam waktu dekat.

Beberapa perusahaan biasanya menyiapkan anggaran yang ditetapkan untuk pembelajaran dan pengembangan. Anggaran ini kemudian didistribusikan kepada karyawan Anda yang ingin mengembangkan keahlian dan kemampuannya.

 

Baca Juga: Program Pelatihan dan Pengembangan Menggunakan Gamifikasi 

 

5. Career Planning (Perencanaan Karir)

Fungsi manajemen sumber daya manusia yang selanjutnya adalah perencanaan karir, pembinaan, dan pengembangan bagi karyawan, yang disebut juga sebagai career pathing. Tunjukkan kepada karyawan bagaimana ambisi mereka bisa selaras dengan masa depan perusahaan dan mempertahankan mereka di perusahaan tersebut.

 

6. Evaluasi

Dengan adanya fungsi evaluasi SDM, HR Department bisa memastikan bahwa perusahaan berhasil baik di tingkat strategis maupun dengan pemberian layanan serta dukungan. Perusahaan perlu memberikan tingkat layanan yang dibutuhkan, sementara perusahaan beroperasi strategis.

 

7. Rewards (Penghargaan)

Memberikan penghargaan kepada karyawan atas kerja mereka merupakan hal yang mustahil untuk dilewatkan. Kompensasi dan tunjangan merupakan cara untuk menarik kandidat yang tepat untuk posisi tersebut dan perusahaan. Penghargaan bukan selalu soal uang melainkan bisa juga kesempatan tumbuh dan berkarir, status, budaya kerja yang baik, pengakuan, dan keseimbangan kehidupan kerja yang memuaskan.

 

8. Hubungan dengan Serikat Pekerja 

Fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia lainnya adalah memelihara dan membina hubungan dengan serikat pekerja dan koleganya, serta para anggotanya. Mempertahankan hubungan yang baik akan membantu menemukan dan menyelesaikan sebuah potensi konflik dengan cepat. Serta, akan bermanfaat jika perusahaan berada di situasi ekonomi yang sulit.

 

9. Partisipasi dan Komunikasi dari Karyawan

Berdasarkan Jurnal HR yang ditulis Dave Ulrich, salah satu peran kunci HR adalah menjadi pihak yang kredibel bagi karyawan. Karyawan perlu diinformasikan dan mendengar topik berbeda yang relevan dengan mereka. komunikasi berkaitan dengan penyebaran informasi yang relevan untuk karyawan.

 

10. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

HR memainkan peran penting dalam membuat dan mengimplementasikan regulasi mengenai kesehatan dan keselamatan. Salah satu fungsi utama HR adalah menjadikan peraturan tersebut sebagai bagian dari budaya perusahaan. Keselamatan adalah bagian besar dari budaya perusahaan sehingga perlu diterapkan.

 

Baca Juga: Pentingnya Peranan HRD dalam Mendukung Program K3 

 

11. Personal Wellbeing

Fungsi manajemen sumber daya manusia berikutnya adalah membantu dan memberikan perhatian karyawan ketika mereka terlibat masalah personal. Sehingga personal wellbeing adalah tentang mendukung karyawan ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana. Permasalahan di tempat kerja maupun di luar bisa berdampak negatif terhadap 3 hal yaitu

  • Kinerja karyawan,
  • Produktivitas
  • Keterikatan.

 

12. Tugas Adminstrasi

Fungsi manajemen SDM yang terakhir adalah bertanggung jawab atas tugas administrasi. Hal ini menyangkut prosedur personalia dan sistem informasi HR. untuk setiap situasi, kebijakan dan prosedur perlu dikembangkan dan diikuti agar berhasil memenuhi permintaan atau mengatasi tantangan. 

 

Berdasarkan fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa manajemen sumber daya manusia sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan. Maka dari itu, bagian HR harus mampu mengelola serta mengembangkan sumber daya manusia dengan sebaik-baiknya.