gaji outsourcing

Cara Mudah Hitung Gaji Outsourcing Bersama LinovHR!

Tahukah Anda bahwa gaji outsourcing pasalnya berbeda dengan gaji karyawan lain pada umumnya? Karyawan outsourcing itu sendiri adalah karyawan yang bernaung di perusahaan penyalur dan ditugaskan untuk bekerja di perusahaan yang membutuhkan jasa karyawan tersebut.

Alasan mengapa gaji karyawan outsourcing itu berbeda dengan karyawan biasa adalah karena karyawan outsourcing terkadang dijadikan pilihan karena butuh pada masa tertentu saja serta pekerjaannya yang tidak langsung berkaitan dengan pekerjaan utama perusahaan. 

Sistem outsourcing ini juga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan pihak ketiga karena dapat menghemat anggaran pelatihan, mengurangi kesulitan perihal rekrutmen dan juga dapat lebih fokus dalam mengelola inti bisnis.

Keuntungan bagi karyawan outsource juga banyak, beberapa di antaranya adalah kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan tanpa harus mengirimkan lamaran ke banyak tempat.

Tidak hanya itu, karyawan outsource juga dapat menjadi lebih fleksibel dalam mengembangkan dirinya karena harus terikat ke perusahaan pihak ketiga secara menetap.

Namun, bagaimana sistem penggajian karyawan outsourcing?

 

Kendala Perusahaan Outsourcing Mengelola Gaji

Pasalnya, upah atau gaji karyawan yang telah diatur di dalam Pasal 1 Ayat 30 UU Ketenagakerjaan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari perusahaan kepada karyawan dan besarannya pun ditetapkan dan dibayarkan sesuai dengan perjanjian kerja yang sudah disepakati bersama atau undang-undang yang berlaku.

Penggajian karyawan outsourcing seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, memang berbeda dengan penggajian karyawan biasa pada umumnya. Karena penggajian untuk karyawan outsourcing ini masih belum ada regulasi yang jelas terkait pengaturan gaji outsourcing ini. 

Akan tetapi, pada umumnya memang dalam kontrak kerja perusahaan outsourcing dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja tersebut memiliki kesepakatan biaya sebesar 1,8 kali dari upahnya setelah memiliki kesepatan oleh karyawan seputar gaji yang akan diperoleh.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh perhitungan gaji karyawan outsourcing.

 

Katakanlah sebuah perusahaan outsourcing menyepakati gaji sebesar Rp 3.000.000 dan perusahaan outsourcing meminta biaya dari perusahaan di mana karyawan akan ditempatkan sebesar 1,8 kalinya, maka:

Rp 3.000.000 x 1,8 = Rp 5.400.000

Maka selisih sebesar Rp 2.400.000 akan diberikan kepada karyawan dalam bentuk lain seperti BPJS dan 1/12 gajinya akan diakumulasikan untuk tunjangan hari raya atau THR.

 

Contoh di atas hanyalah sebuah ilustrasi dari bagaimana penggajian karyawan outsourcing dilakukan. Untuk lebih jelasnya dan ketepatannya pasti akan memiliki regulasi tertentu yang sudah disepakati bersama. 

 

Baca Juga: Mana yang Lebih Bagus, Kertas Slip Gaji atau Slip Gaji PDF?

 

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa penggajian karyawan outsourcing ini memang cukup rumit karena berbeda dengan sistem penggajian karyawan biasa pada umumnya kareena besaran gaji setiap karyawan outsourcing tidak ditetapkan secara merata namun berdasarkan kesepakatan antara kedua pihak, baik itu karyawan outsourcing dan juga perusahaan yang menggunakan jasa karyawan outsourcing tersebut. 

Dapat Anda bayangkan apabila perusahaan outsourcing memiliki banyak karyawan yang ditempatkan di perusahaan yang berbeda-beda?

 

LinovHR: Kelola Gaji Outsourcing Mudah dan Praktis

payroll

 

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa penggajian karyawan memang bukanlah hal yang mudah, baik untuk karyawan biasa pada umumnya atau terlebih lagi untuk karyawan outsourcing. Terdapat kesalahan sedikit saja pastinya akan berujung kepada hal-hal yang dapat merugikan beberapa pihak.

Karena hal inilah, pengelolaan gaji untuk karyawan outsourcing dapat Anda serahkan kepada LinovHR!

Jasa payroll oleh LinovHR untuk mengelola penggajian karyawan outsourcing maupun karyawan biasa pastinya akan terjamin kemudahan dan ketepatannya karena adanya dukungan dari konsultan payroll dari LinovHR yang sangat terpercaya sehingga perihal terkait payroll menjadi sangat mudah, tepat dan juga cepat.

 

Dengan LinovHR juga Anda dapat dengan mudah untuk mengakses dan mengelola data di manapun Anda berada. Bila berbicara mengenai keamanan, Anda tidak perlu lagi khawatir karena sistem payroll dengan LinovHR pastinya terjamin keamanannya sehingga kebocoran internal maupun eksternal pun tidak akan terjadi. 

Jasa Payroll Outsourcing dari LinovHR juga menyediakan konsultan pajak profesional yang dapat membantu Anda dalam memenuhi kewajiban perpajakan yang sesuai dengan aturan Undang-Undang di Indonesia.

Maka dari itu, serahkan perhitungan gaji outsourcing kepada LinovHR untuk memudahkan perusahaan Anda! Untuk info lengkap mengenai jasa payroll LinovHR, ketuk tautan berikut ini!