analisis jabatan

Lakukan 7 Hal ini dalam melakukan Analisis Jabatan

Seperti artikel yang pernah di bahas pada artikel kami sebelumnya tentang  Analisa jabatan siapa yang bertanggung jawab dan untuk apa.   Sekarang mari membahas saat perusahaan ingin melakukan analisis jabatan, tentunya hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan mudah. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar bisa mencapai hasil yang maksimal. Selain itu, proses analisa juga akan dilakukan dalam perusahaan ataupun organisasi yang memang sedang berjalan. Artinya, perusahaan tersebut benar-benar sudah berjalan dan bukan unit usaha yang baru saja dibentuk. Nah, agar tidak keliru dalam prosesnya, lakukan 7 hal ini dalam melakukan analisis jabatan:

1.Mengkaji informasi internal perusahaan yang berkaitan dengan jabatan perusahaan

Langkah pertama yang perlu dilakukan mengkaji informasi yang ada di dalam perusahaan. Hal ini harus bisa dilakukan secara keseluruhan dan berdasarkan kesesuaian jabatan dalam perusahaan. Artinya bila informasi internal mengenai jabatan tidak benar, proses analisa belum bisa dianjurkan pada tahap selanjutnya.

2.Penentuan penggunaan informasi

Bila perusahaan sudah mendapatkan informasi lengkap mengenai jabatan dalam perusahaan secara keseluruhan, seperti job desc, kualifikasi dan yang lainnya, maka saatnya perusahaan mulai menentukan pemakaian informasinya. Perusahaan harus sudah memiliki tujuan yang jelas untuk informasi tersebut, jangan sampai salah dalam penggunaannya, agar tidak keliru nantinya.

3.Memilih jabatan

Proses pemilihan jabatan yang akan dilakukan analisis juga sangat penting dilakukan. Bila memang Anda hanya membutuhkan divisi dan jabatan tertentu untuk dilakukan analisis jabatan, tidak seharusnya semua divisi dalam perusahaan diikut sertakan. Karena bila sudah jelas, akan lebih baik bila langsung menganalisis pada divisinya tanpa melibatkan divisi lain.

4.Pengumpulan data

Bila ketiga langkah di atas sudah dilakukan, hal selanjutnya yang harus perusahaan lakukan adalah mengumpulkan data. Dengan teknik analisis jabatan yang sudah dilakukan, tentunya perusahaan akan mendapatkan data. Nah, kumpulkan data-data tersebut jangan sampai tercampur oleh data perusahaan yang lain.

5.Siapkanlah uraian jabatan

Dalam proses analisis jabatan juga sangat penting untuk Anda untuk menyiapkan uraian yang jelas mengenai jabatan yang telah disediakan oleh perusahaan. Ini akan membantu menjelaskan mengenai gambaran dari pekerjaan tersebut. Uraian jabatan juga akan mempermudah perusahaan saat akan menjelaskan mengenai tugas jabatan tertentu.

 

Baca Juga :Promosi Jabatan Tidak Kunjung Tiba, Mungkin Ini Alasannya

 

6.Siapkan spesifikasi jabatan

Selain uraian dari jabatan yang sedang dilakukan analisis, selanjutnya perusahaan juga harus menyiapkan spesifikasi jabatannya. Ini akan lebih mempermudah dalam proses analisisnya, mengenai jobdesk dari jabatan tertentu serta hal yang dibutuhkan lainnya.

7.Memanfaatkan informasi

Bila sudah mendapatkan informasi yang sesuai dengan langkah 1 sampai 6, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan informasi tersebut. Ini sangat berguna terutama untuk melakukan perencanaan jabatan, perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM), proses rekrutmen dan juga seleksi karyawan dalam perusahaan, menetapkan pelatihan dan juga pengembangan karyawan, melakukan penilaian kinerja pada karyawan, menetapkan besaran kompensasi dan juga mematuhi apa yang telah ditetapkan oleh hukum.

7 hal di atas bisa menjadi langkah paling tepat agar perusahaan dapat melakukan analisis jabatan yang sesuai. Karena bila mendapati kesalahan dalam proses analisisnya kemungkinan perusahaan harus mengulang prosesnya lagi agar memperoleh hasil yang positif. Jangan terburu-buru, siapkan waktu khusus untuk melakukan analisisnya. Tidak apa-apa harus menghabiskan waktu yang agak lama bila memang itu baik untuk perusahaan dan para karyawan yang bekerja. Selain itu, perusahaan juga sebaiknya menyerahkan proses analisis jabatan para orang yang tepat, yang benar-benar memahami bagaimana alur nya.