HRIS Software

Jenis HRIS Software yang Paling Sering dipakai Perusahaan

HRIS Software adalah sistem informasi sumber daya manusia yang dapat mengelola database karyawan di suatu organisasi atau perusahaan. Software ini dapat membantu manajemen HRD dalam melacak dan menganalisis setiap informasi karyawan seperti penggajian, kinerja, absensi, cuti, serta menyimpan seluruh data informasi mulai dari data seluruh karyawan perusahaan, mantan karyawan, serta pelamar.

Pemanfaatan HRIS Software memiliki tujuan yaitu untuk mengotomatisasi alur kerja dan pengelolaan SDM agar dapat mengefektifkan perencanaan SDM dan memudahkan dalam pengambilan keputusan bisnis perusahaan. Sedangkan, fungsi utamanya adalah mengambil data informasi karyawan secara legal.

 

Jenis HRIS Software Berdasarkan Fungsinya

Karena dinamika dan pola kerja yang dimiliki tiap perusahaan berbeda-beda, HRIS memiliki 3 jenis software yang paling umum atau sering digunakan berdasarkan fungsinya. . Untuk mengetahui ketiga jenis tersebut, LinovHR telah menyiapkan penjelasannya secara lengkap yang bisa Anda simak melalui artikel di bawah ini.

 

Human Resource Information System (HRIS)

Jenis HRIS ini adalah software yang memiliki manfaat untuk mengelola kebijakan dan prosedur untuk dijadikan karyawan sebagai pedoman dalam kelancaran bekerja. Selain itu, HRIS Software dapat membantu perusahaan dalam membuat dan mengelola informasi karyawan yang dapat dengan mudah diakses.

Dengan memanfaatkan jenis HRIS Software, terdapat beberapa kemudahan yang bisa digunakan perusahaan:

    • Melakukan rekrutmen dan pelacakan calon karyawan menggunakan sistem ATS
    • Membuat program pelatihan karyawan
    • Menyusun alur kerja
    • Pengelolaan dan manajemen absensi
    • Self Service untuk kandidat, karyawan, ataupun manajer
    • Menyusun laporan tahunan

 

Di Indonesia sendiri, HRIS Software terbaik yang sudah digunakan di beberapa perusahaan besar dengan tingkat keamanan dan keakuratan yang tinggi dimiliki oleh Software HRD LinovHR.

 

Baca Juga : 6 Contoh Aplikasi HRIS Terbaik untuk Diimplementasikan di Perusahaan

 

Human Capital Management (HCM)

Jenis kedua adalah HCM atau Human Capital Management adalah sistem yang lebih besar atau lengkap dari pada HRIS Software. Pada dasarnya HCM juga termasuk ke dalam HRIS dengan menambahkan kemampuan atau kemudahan yang ditawarkan yaitu manajemen bakat. 

Berikut ini terdapat solusi yang ditawarkan dari jenis HCM:

  • HRIS
  • Perencanaan suksesi perusahaan
  • Onboarding
  • Perencanaan gaji
  • HR Global
  • Analitik 

 

Human Resource Management System (HRMS)

Terakhir adalah solusi dari jenis Human Resource Management System (HRMS). Biasanya, fitur yang terdapat dari solusi HRMS ini berisi dari fitur HIRS yang menyertakan beberapa elemen dari solusi HCM.

Fungsi utama dari solusi HRMS adalah untuk membantu dalam pengelolaan manajemen waktu kerja yang akan diintegrasikan dalam proses pengelolaan gaji karyawan.

Jika dilihat dari manfaat dari HRIS dan HCM di atas, kedua solusi tersebut lebih berorientasi pada pengorganisasian informasi karyawan. Berbeda dengan HRMS yang memungkinkan untuk menawarkan alat atau tools perencanaan dan penilaian.

Umumnya, HRMS memiliki dua karakteristik, yang pertama adalah payroll dan kedua adalah manajemen waktu dan tenaga kerja (Time & Labor Management). Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua solusi HRMS menawarkan kemampuan untuk penjadwalan.

 

Jenis HRIS Software Berdasarkan Ruang Lingkup 

Selain HRIS berdasarkan dengan fungsi, terdapat 4 tipe software yang cukup populer digunakan di Indonesia berdasarkan ruang lingkup operasionalnya. Apa saja tipe tersebut?

 

Operational HRIS

Seperti pada penjelasan di atas bahwa HRIS adalah sistem operasional yang menyediakan seluruh data karyawan perusahaan. Terdapat beberapa jenis yang termasuk ke dalam operational HRIS, antara lain:

 

  • Employee Information System (EIS)
  • Position Control System (PCS)
  • Performance Management Information System (PMIS)
  • Applicant Selection and Placement Information System (ASPIS)
  • Government Reporting and Compliance Information System

 

Tactical HRIS

Pada tactical HRIS ini dapat membantu manajemen HR dalam mengambil keputusan rekrutmen karyawan, analisis pekerjaan, learning and development, serta kompensasi karyawan.

Tactical HRIS memiliki beberapa jenis, diantaranya:

  • Job Analysis and Design Information Systems
  • Recruiting Information Systems
  • Compensation and Benefits Information Systems
  • Employee Training and Development Systems

 

Baca Juga: Apakah Anda Mencari Software Absensi dan Penggajian? 

 

Strategic HRIS

Strategic HRIS lebih memfokuskan pada negosiasi, perencanaan dan pengembangan karyawan, serta software yang dipergunakan untuk mendukung dalam beberapa posisi tertentu.

Strategic HRIS memiliki beberapa turunan jenis, antara lain:

  • Information System Supporting Workforce Planning
  • Specialized Human Resource Information System Software
  • Information Systems Supporting Labor Negotiations

 

Comprehensive HRIS

Comprehensive HRIS adalah sistem pengoperasian yang menggunakan komputer untuk menghasilkan SDM yang terintegrasi dan komprehensif untuk mengoptimalkan data dan posisi karyawan, menganalisis perencanaan kerja, dan deskripsi pekerjaan pada masing-masing posisi. Data tersebut nantinya akan dikelola untuk menghasilkan data yang komprehensif

Itu tadi adalah pembahasan mengenai jenis-jenis HRIS Software yang paling sering digunakan oleh perusahaan. Ketiga jenis tersebut pastinya memiliki masing-masing kemampuan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Jika Anda mencari HRIS Software terbaik yang berfungsi untuk memudahkan pengelolaan SDM perusahaan Anda, Software HRD LinovHR adalah salah satu software HRD terbaik dengan menggunakan sistem HRIS yang baik sehingga mampu mengefisiensi dan mengefektifkan pengelolaan karyawan perusahaan. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih berfokus pada pengembangan bisnis dan mencapai tujuannya.

Hilangkan kompleksitas SDM perusahaan dengan HRIS Software dari LinovHR sekarang juga!