Mengenal INTJ dan Peluang Kariernya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Mengenal INTJ dan Peluang Kariernya
Isi Artikel

INTJ adalah salah satu tipe kepribadian yang dikategorikan oleh MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Tipe kepribadian ini dikatakan cukup langka, dikatakan hanya ada 1-4% orang yang memiliki kepribadian ini dari total populasi di seluruh dunia.

Orang yang memiliki kepribadian ini dikenal sebagai seorang yang ahli dalam perencanaan. Ini karena INTJ cenderung memiliki sifat yang analitis, kreatif serta logis.

Apakah Anda termasuk salah satu yang memiliki kepribadian ini? Mari cari tahu lebih dalam tentang INJT kepribadian sampai peluang kariernya di LinovHR!

Ciri Kepribadian INTJ

INTJ merupakan akronim dari IntrovertIntuitiveThinking dan Judging. Seseorang yang memiliki kepribadian ini memiliki beberapa ciri, di antaranya sebagai berikut:

1. Penyendiri

Seseorang dengan kepribadian ini merupakan pribadi yang introvert, hal tersebut sudah dapat kita ketahui melalui singkatan nama dari tipe kepribadiannya.

Seperti yang kita sudah ketahui, seorang introvert lebih senang dalam menghabiskan waktu seorang diri dibandingkan bersama dengan orang lain.

Tapi, bukan berarti mereka tidak suka bersosialisasi sama sekali. Hanya saja mereka lebih nyaman dalam melakukan sosialisasi atau berinteraksi dengan keluarga dan teman terdekatnya.

2. Ambisius

Kepribadian INTJ merupakan seseorang yang ambisius dan sangat berorientasi pada tujuan. Orang dengan kepribadian ini biasanya memiliki rencana serta tujuan yang jelas dalam mencapai tujuan hidupnya. 

3. Logis

Seorang INTJ memiliki pemikiran yang logis, biasanya mereka memiliki pola pikir sebab-akibat. Hal tersebut mereka gunakan dalam proses mengambil sebuah keputusan.

4. Rasional

Mereka mempunyai pemikiran yang rasional. Mereka juga dapat menyingkirkan emosi yang dimilikinya, serta dapat menciptakan berbagai jalan keluar dalam menghadapi sebuah permasalahan.

5. Ahli dalam perencanaan

Berkat pemikiran yang logis serta rasional, seorang INTJ sangat ahli dalam melakukan sebuah perencanaan. Baik itu perencanaan dalam jangka panjang maupun dalam jangka pendek.

Baca juga: Kenali 3 Tipe Kepribadian Karyawan: Introvert, Ekstrovert, dan Ambivert

Kelebihan dan Kelemahan INTJ

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh seseorang dengan tipe kepribadian INTJ, yaitu sebagai berikut:

  • Rasional
  • Mandiri
  • Tekun
  • Ingin tahu
  • Logis
  • Objektif
  • Berorientasi pada masa depan

Tidak hanya kelebihan, ada juga beberapa kelemahan yang dimiliki oleh tipe INTJ, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Kaku
  • Agresif
  • Terlalu kritis
  • Sangat perfeksionis
  • Tidak suka membicarakan emosi

Peluang Karier untuk INTJ

Mengutip dari Best Colleges, orang dengan kepribadian INTJ suka pekerjaan yang menantang dan dapat menguji kemampuan analitis, problem solving, dan menghasilkan ide-ide cemerlang. Berikut ini beberapa profesi yang akan cocok.

1. Akuntan

Profesi ini akan sangat cocok untuk INTJ karena untuk menjadi seorang akuntan, Anda harus memiliki kemampuan analisis yang kuat serta ketelitian.

Selain itu, dengan kepribadiannya yang terorganisir, akan lebih mudah bagi seorang INTJ saat bekerja dengan angka.

2. Project Manager

INJT memiliki kemampuan membuat strategi dengan baik. Jika dimanfaatkan dengan baik, kemampuan ini bisa menunjang kariernya sebagai project manager.

Profesi project manager memiliki tanggung jawab besar, di mana ia harus memastikan keberhasilan proyek yang dipegangnya.

3. Business Analyst

Di dalam menjalankan tanggung jawabnya, seorang business analyst amat membutuhkan skill khusus seperti kemampuan analisis, pemecahan masalah, sampai dasar bisnis yang kuat.

Nah, INTJ memiliki kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan untuk menjalani profesi ini. Apalagi mereka juga ahli dalam merencanakan strategi yang dibutuhkan bisnis.

Selain ketiga profesi di atas, seseorang dengan kepribadian INTJ juga cocok untuk berkarier menjadi arsitek, auditor, programmer, desain grafis, sampai penulis.

Baca juga: Apa Itu Akuntan? Ketahui Jenis, Tugas, Kode Etik dan Gajinya

Kebiasaan Kepribadian INTJ di Tempat Kerja

Seseorang INTJ, dalam dunia kerja merupakan seorang karyawan dan rekan kerja yang teladan. Ia akan berjuang untuk bekerja dengan memprioritaskan kenyamanan dibandingkan inovasi atau bersosialisasi daripada kesuksesan.

Dalam melakukan pekerjaannya, tipe INTJ merupakan seseorang yang to the point. Mereka tidak suka jika pekerjaannya terus berputar-putar tanpa suatu kejelasan. Mereka juga tidak suka jika pekerjaan yang dilakukannya tidak memiliki suatu kejelasan.

Menurut 16Personalities, terdapat 3 kebiasaan kepribadian INTJ yang diketahui dalam tempat kerja, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Architect Subordinates

Tipe kepribadian INTJ dikenal dengan kemandiriannya dalam melakukan pekerjaan. Akan menjadi mimpi buruk bagi mereka jika mereka bertemu dengan atasan yang memonopoli waktu mereka dengan pertemuan yang tidak berguna.

Dan juga, menilai kinerja karyawan berdasarkan penampilan dibandingkan dengan kemampuan yang dimilikinya.

2. Architect Colleagues

Kebanyakan, tipe INTJ ini lebih suka untuk bekerja sendiri daripada bekerja dengan seorang rekan kerja yang menyenangkan tetapi tidak fokus. Dengan hal ini, mereka juga memiliki keuntungan karena mereka akan membantu dalam menghasilkan pekerjaan yang lebih efektif tanpa bantuan orang lain.

3. Architect Managers

Seseorang dengan kepribadian INTJ dapat menjadi pemimpin yang hebat. Mereka akan mencari cara untuk mempromosikan sebuah inovasi serta efektivitas walaupun melanggar sebuah hierarki yang sudah mapan.

Di tempat kerja, mereka juga jarang membuang otoritas mereka hanya untuk membuktikan bahwa mereka bertanggung jawab.

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa tipe kepribadian INTJ dikenal dengan kepribadian arsitek. INTJ juga merupakan kepribadian yang analitis, kreatif serta logis dalam melakukan pekerjaannya.

Profesi yang sesuai untuk tipe INTJ adalah pekerjaan pada bidang keilmiahan ataupun teknis.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!

Baca juga: Profesi Arsitek: Tugas, Gaji, dan Skill yang Dibutuhkan

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter