automated payroll system

Automated Payroll System LinovHR: Cara Kerja dan Keuntungan Menggunakannya

Penggajian karyawan merupakan hal krusial di sebuah perusahaan yang perlu dilakukan dengan benar dan juga tepat, mulai dari gaji pokok, pemotongan pajak hingga jenis tunjangan lainnya yang diberikan. Hal ini tentunya akan lebih mudah apabila diselesaikan dengan automated payroll system.

Dengan adanya payroll system yang digunakan di sebuah perusahaan, tentunya penggajian akan dikelola dengan baik dan juga sistematis  sehingga kegiatan yang bersifat administratif pun akan lebih mudah untuk diselenggarakan. 

 

Cara Kerja Automated Payroll System Menggunakan LinovHR

Penggajian dengan cara manual memakan waktu cukup lama dikarenakan banyaknya komponen yang harus dihitung dan diproses. Cara manual juga sering menimbulkan human error seperti kesalahan hitung gaji atau ketidak sinkronan data. Oleh karena itu, automated payroll system dapat membantu HRD untuk memproses gaji dengan cepat dan akurat. 

Pengelolaan penggajian menggunakan sistem payroll ini tentunya harus melalui beberapa proses terlebih dahulu. Pengelolaan gaji karyawan ini tidak hanya soal gaji pokok saja, namun juga meliputi pemotongan pajak, BPJS hingga tunjangan lainnya. Meskipun demikian, tidak semua perusahaan melakukan tahapan yang sama. Berikut penjelasan tahapan-tahapannya.

 

Perhitungan Biaya Reimbursement

Tahap pertama yang dilakukan oleh HRD adalah menghitung reimbursement karyawan yang biasanya diakibatkan oleh adanya pengeluaran yang harus dikeluarkan karyawan dalam kebutuhan pekerjaannya. Maka dari itu, semua biaya tersebut akan dihitung untuk reimbursement yang berhak didapatkan oleh si karyawan.

 

Perhitungan Kehadiran Karyawan

Selanjutnya, tahap yang akan dilakukan adalah menghitung banyaknya jam kehadiran karyawan, baik lebihnya maupun kurangnya karena hal ini akan berpengaruh besar kepada upah yang akan diberikan kepada mereka. Data kehadiran karyawan yang tersimpan di dalam sistem absensi akan otomatis disesuaikan dengan sistem payroll.

 

Perhitungan Gaji Akhir

Tahapan akhir yang dilakukan pastinya adalah proses payroll, dimana HRD akan melakukan proses perhitungan gaji yang akan diterima oleh para karyawan. Untuk penyaluran gaji ini juga biasanya memiliki opsi dengan fitur payment method. 

Untuk gaji yang dikirimkan dengan transfer maka staff HRD akan mengirimkan uang gaji tersebut ke nomor rekening karyawan yang sudah disimpan dan dapat dilihat melalui fitur menu bank.

Sangat mudah dan efisien sekali, bukan? Cara ini tentu lebih cepat dan akurat dibandingkan menggunakan cara manual. 

 

Baca Juga: Apa Saja Komponen PPh 21? Mari Simak Komponen Perhitungan PPh 21!

 

Manfaat Automated Payroll System

Setelah mengetahui cara kerja automated payroll system dari LinovHR, berikut ini adalah beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa didapat.

 

Menyimpan Data Bank Payroll Secara Aman 

Dengan menggunakan payroll sistem dari LinovHR, penyimpanan informasi terkait data-data baru mengenai bank untuk proses payroll perusahaan akan tersimpan dengan aman sehingga tidak perlu khawatir akan adanya kebocoran data baik dari internal maupun eksternal.

 

Dapat Menentukan Sistem Pembayaran

Di dalam software payroll milik LinovHR, Anda dapat menyimpan seluruh metode pembayaran yang digunakan di dalam transaksi keuangan perusahaan dengan menu payment method. Adanya fitur ini membantu perusahaan yang memiliki banyak karyawan dengan sistem pembayaran gaji berbeda-beda. 

 

Penggolongan Kode Akuntansi Anti Ribet

Dengan menggunakan payroll dari LinovHR maka Anda dapat lebih mudah melakukan pengelompokkan komponen-komponen payroll yang didasarkan oleh penggolongan kode akuntansi yang bisa Anda buat di dalam fitur account code.

 

Mudah Mencetak Laporan Gaji

Fitur lainnya yang bisa didapatkan dari penggunaan payroll system milik LinovHR adalah fitur E payroll yang dapat mengeluarkan file report payroll. Dengan menu ini, Anda dapat mengeluarkan report yang sesuai dengan kebutuhan, baik berdasarkan tahun, periode, payroll group,  hingga bank payroll. Laporan payroll ini akan digunakan untuk berbagai keperluan seperti analisis SOP penggajian.  

 

Baca Juga: Komponen, Format, dan Contoh Slip Gaji Karyawan

 

Slip Gaji Otomatis

Tidak sampai sini saja, manfaat lainnya yang bisa didapat dari menggunakan payroll system oleh LinovHR adalah fitur salary slip yang bisa digunakan untuk mengeluarkan file pdf yang dapat langsung diunduh dan di cetak. Namun, HRD juga dapat mengirimkannya langsung agar lebih praktis dan cepat. 

 

Demikianlah informasi seputar cara kerja payroll system hingga manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan payroll system milik LinovHR.

Yuk, mulai rasakan kecanggihan dan juga kelancaran progres penggajian karyawan bersama automated payroll system dari LinovHR!