point of sales

7 Keuntungan Point of Sales untuk Perusahaan Dagang

Point of sales adalah sebuah sistem yang tidak asing lagi bagi perusahaan dagang yang menjual barang dan jasa. Dibandingkan dengan mesin kasir manual, point of sales memiliki keuntungan yang cukup besar bagi perusahaan, khususnya perusahaan dagang. Penasaran apa saja keuntungannya untuk perusahaan dagang? Apakah benar akan mendatangkan banyak konsumen? 

 

Apa itu Point of Sales?

Point of Sale (POS) merupakan wadah yang menaungi konsumen melakukan pembayaran untuk barang atau jasa sesuai dengan pajak dan harga yang ditetapkan. Biasanya point of sales diterapkan perusahaan dagang dalam gerai fisik menggunakan perangkat  komputer atau perangkat elektronik seluler. Pada dasarnya, sistem ini digunakan guna membantu perusahaan dagang mempermudah transaksi dengan konsumen mencakup segi keamanan dalam bertransaksi maupun mendata stok barang.

Penggunaan point of sales dalam perusahaan dagang bukan tanpa alasan. Terdapat beberapa fungsi canggih yang ditawarkan dalam sistem transaksi atau penjualan in. Fungsinya antara lain:  

  1. Mencatat data transaksi secara lengkap 
  2. Memproses data transaksi sebagai laporan 
  3. Mendata dan mengantisipasi ketersediaan produk.
  4. Memberikan laporan penjualan 
  5. Melakukan perubahan harga produk dengan cepat.
  6. Mencetak struk pembelian otomatis 
  7. Mempercepat proses transaksi dengan perhitungan otomatis
  8. Memproses metode pembayaran tunai, non tunai, kartu debit dan kartu kredit

 

Baca Juga: Annual Report Anti Repot untuk Perusahaan dan Masyarakat

 

Keuntungan Perusahaan Menggunakan Point of Sales

Setelah mengetahui beberapa fungsi canggih dari point of sales, tentunya perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang nantinya justru akan meningkatkan keuntungan perusahaan. Yuk, cari tahu keuntungan apa saja yang akan didapatkan perusahaan! 

 

1. Mempermudah Pemesanan

Di beberapa restoran sudah menggunakan tablet dengan sistem. Dengan sistem,  konsumen dengan mudahnya memilih, membayar, menambah pesanan tanpa harus repot-repot memanggil pramusaji. Cukup duduk manis dan pesanan akan sampai. 

Dalam beberapa perusahaan dagang, tampilan antarmuka point of sales juga sangat menjunjung kemudahan dalam penggunaanya. Sehingga mudah digunakan dan mengerti bagi konsumen. 

 

2. Fleksibel

Point of sales membuat perusahaan dapat menggunakan beberapa metode pembayaran. Hal ini akan membuat konsumen lebih fleksibel untuk menggunakan berbagai cara pembayaran. Ini adalah keuntungan besar bagi perusahaan karena akan menonjolkan sisi perusahaan yang bagus untuk konsumen. 

 

3. Mempermudah Karyawan

Bagi karyawan, salah satu keuntungan yang akan didapatkan adalah akan memiliki kontak secara langsung dengan pelanggan setiap harinya. Karyawan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menghafal harga dari produk. Input data juga dapat dilakukan otomatis dalam jumlah yang besar. Keunggulan ini tak ada dalam mesin kasir manual. Kemudahan yang dirasakan akan memungkinkan karyawan untuk menawarkan pelayanan yang lebih baik. 

 

Baca Juga: Kebijakan HR dan Perusahaan Jika Kecelakaan Kerja Menimpa Karyawan

 

4. Mengurangi Tingkat Kesalahan

Mesin kasir manual dapat terjadi beberapa kesalahan berupa salah input pesanan atau salah menjumlah harga. Kesalahan pada transaksi adalah titik fatal bagi keuangan perusahaan. Jika terus dibiarkan, perusahaan akan merugi. Lain halnya dengan point of sale, karyawan dapat melakukan semua perhitungan dalam beberapa klik secara otomatis.  

 

Baca Juga:  Rekomendasi Software HR Terbaik Saat ini

 

5. Meningkatkan Efisiensi

Menggunakan point of sale tak hanya memudahkan karyawan, tetapi juga meningkatkan efisiensi. Tentunya hal seperti ini akan menguntungkan perusahaan anda bukan? Pemindaian produk dengan barcode reader pada sistem canggih ini hanya membutuhkan waktu sekitar 0,3 detik saja, loh!  Bandingkan saja jika kegiatan seperti ini harus dilakukan dengan mesin kasir manual. Tentu akan membuang banyak waktu. Semakin efisien transaksi, pendapatan lebih cepat masuk bahkan berpotensi memiliki lebih banyak pelanggan. 

 

6. Aman

Dengan menggunakan aplikasi ini, perusahaan dapat dengan mudah memeriksa  berbagai transaksi yang sudah dilakukan secara real time. Perusahaan dapat meminimalisir risiko kebocoran data maupun penyelewengan dana transaksi yang menghambat operasional perusahaan.

 

7. Terintegrasi

Kelebihan lain dari point of sale dibandingkan dengan mesin kasir manual adalah sistem yang terintegrasi. Sistem dapat dengan cepat menghubungkan persediaan dengan akuntansi perusahaan serta terintegrasi dengan baik. 

 

Masih berniat menggunakan mesin kasir manual? Apa Anda siap untuk menggunakan point of sales di seluruh gerai? Jika masih berpikir secara lambat, dunia semakin pergi jauh ke depan. Lambat laun perusahaan  akan tertinggal dalam memperoleh keuntungan dan kesempatan dalam bisnis. Tentu semua perusahaan tak menginginkan hal ini, bukan?