Analisa Jabatan

Analisa Jabatan: Manfaatnya Untuk Perusahaan

Kegiatan mengumpulkan data atau informasi yang menyangkut suatu jabatan atau pekerjaan guna menentukan tugas dan persyaratan dari pemegang jabatan atau pekerjaannya disebut menganalisa jabatan. Pada dasarnya analisa jabatan menyangkut dua aspek yaitu orang yang melakukan pekerjaan dan isi pekerjaan itu sendiri. Secara tidak langsung analisa jabatan merupakan prosedur untuk menetapkan tugas dan dituntut ketrampilan atau talenta khusus dari orang yang melakukannya.

Analisa jabatan merupakan suatu prosedur untuk menetapkan tugas dan tuntutan keterampilan dari suatu jabatan dan orang seperti apa yang akan melaksanakan pekerjaanya. Dalam pengertian ini menekankan pada dua aspek, yaitu job description dan job spesification.

Job Description

Job Description merupakan sebuah catatan sistematis mengenai tugas maupun tanggung jawab pada jabatan tertentu, ditulis berdasarkan fakta yang ada serta penting sekali untuk dibuat yang nantinya akan berguna untuk menghindari terjadinya perbedaan pemahaman, menghindari rangkap pekerjaan, mengetahui batasan wewenang di setiap jabatan. Yang perlu dicantumkan dalam job description adalah nama jabatan, kode yang dipakai dalam perusahaan, tugas yang dikerjakan, peralatan yang digunakan juga lingkungan tempat bekerja.

 

Job Specification

Job Specification adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pekerja yang akan menduduki suatu jabatan, agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan benar – benar maksimal. Adapun beberapa hal yang perlu dimasukan ke dalam Job Specification, diantaranya seperti persyaratan mengenai minimal pendidikan, pelatihan dan pengalaman kerja yang dimiliki. Juga diperlukan wawasan dan kemampuan apa saja yang dimiliki. Mungkin diperlukan persyaratan jenis kelamin khusus atau umur tertentu.

 

Baca Juga :Mudahkan Proses Rekrutment Karyawan Dengan Software Ini

 

Terkadang informasi ini yang dipakai dalam menganalisa jabatan adalah karakter atau tipe orang yang bagaimana yang menduduki dan mengerjakan pekerjaan ini. Saat menganalisa jabatan, diteliti pekerjaan apa yang dilakukan, menyangkut tugas, tanggung jawab, wewenang bahkan kondisi kerjanya. Penggambaran ini memiliki peran yang penting dalam sebuah perusahaan. Gunanya untuk menempatkan orang yang tepat, membuat kinerja perusahaan lebih efektif dan memberikan motivasi positif sendiri untuk bersaing secara positif di dalam perusahaan. Jika pembagian tugas, pekerjaan berjalan dengan baik akan membuat kinerja perusahaan meningkat. Manfaat lain dari analisa jabatan di perusahaan adalah:

1.Untuk penilaian kinerja

Dalam analisis jabatan, setiap pekerjaan ditetapkan standar-standar kinerja. Untuk mengetahui apakah karyawan berprestasi atau tidak, manajer cukup membandingkan antara kinerja yang dihasilkan dengan kinerja standar yang ditetapkan.

 

2. Untuk keperluan rekrutmen

Rekrutmen karyawan dapat dilaksanakan apabila manajemen perusahaan sudah mendapatkan gambaran yang jelas tentang jenis dan karakteristik pekerjaaan. Dengan memahami karakteristik pekerjaan maka akan dapat ditetapkan siapa orang yang direkrut yang tepat untuk memangku jabatan tertentu tersebut.

 

3. Untuk keperluan kompensasi

Besaran gaji atau upah karyawan akan bergantung pada pekerjaan apa yang akan mereka lakukan dalam perusahaan. Ini menjadi pembeda antara karyawan-karyawan yang berbeda tingkat pendidikannya.

 

4. Mengurangi konflik karyawan

Antara karyawan yang satu dengan yang lainnya akan sering melakukan pekerjaan yang sama meskipun mereka berada dalam bidang atau divisi berbeda. Kondisi ini bisa mengakibatkan salah paham atau konflik terutama dalam hal pertanggungjawaban atas suatu pekerjaan. Analisis jabatan dapat menolong mengurangi kesalahpahaman saat bekerja.

 

5. Menolong Karyawan memahami pekerjaannya

Ada sebagian karyawan, terutama rekrutmen baru tidak memahami apa yang akan dikerjakannya nanti. Meskipun dalam iklan lowongan pekerjaan mereka sudah tergambarkan jenis pekerjaan apa yang dibutuhkan. Uraian pekerjaan akan menjadi sangat penting untuk menyamakan pandangan terhadap jenis pekerjaaan yang akan dilakukan.

 

Terbukti bahwa perusahaan akan mendapatkan banyak manfaat jika dapat melakukan analisa jabatan kepada karyawan nya. Jadi lakukan proses analisa jabatan dengan teliti dan akurat agar benar – benar dapat memberikan manfaat kepada perusahaan, Anda dapat membaca artikel 7 Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Analisa Jabatan  untuk memahami cara cara yang harus dilakukan dalam analisa jabatan