HRIS

Mengenal HRIS dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Karyawan adalah salah satu sumber daya perusahaan yang wajib dikelola dengan baik. Karena karyawan yang kompeten dan loyal akan menaikkan performa perusahaan. Karenanya, penanganan karyawan perlu dilakukan dengan serius melalui Human Resource Management (HRM).

Manfaat dari sistem manajamen karyawan yang baik adalah dapat menurunkan turnover karyawan, mendapatkan karyawan yang kompeten sesuai harapan perusahaan dan memberikan pelatihan atau training khusus, dan membantu menyelesaikan administrasi karyawan.

Untuk menyelesaikan administrasi karyawan, biasanya Human Resource Management mengerjakan rekapan absensi, menghitung proses pencutian, dan menghitung gaji yang harus dibayarkan. Sepintas lalu pekerjaan ini nampaknya sepele, tetapi diperlukan ketelitian yang super dan tanggung jawab yang besar dalam melakukan administrasi bagi karyawan ini. Seringkali pengelola perusahaan kurang memperhatikan hal ini.

 

Baca Juga: HRIS, HCMS Dan HRMS – 3 Tipe Software HR Dan Perbedaannya

 

Dalam hal ini diperlukan sistem yang baik untuk menolong HRD dalam melakukan manajemen sumber daya manusia perusahaan terutama untuk mengurus administrasi karyawan. HRIS atau Human Resource Information System adalah perangkat lunak untuk entri data, data pelacakan, dan informasi data kebutuhan sumber daya manusia, penggajian, manajemen, dan fungsi akuntansi dalam bisnis yang dapat dibuat online. Tentu saja ini akan memudahkan HRD dalam bekerja. HRIS sebenarnya sangat mudah diterapkan. HRIS kini tersedia dalam bentuk HR software atau aplikasi HRD dengan user interface yang sederhana dan berbagai fitur yang berguna.

Berikut ini adalah bagaimana HRIS dapat bermanfaat bagi perusahaan Anda:

 

Sistem Penggajian Akurat

Penggajian adalah hal serius, yang dapat merefleksikan bahwa perusahaan menghargai karyawannya. Perusahaan harus berhati-hati dalam menghitung gaji karyawan, termasuk pemberian upah lembur, bonus, hingga THR agar sesuai dengan kontribusi karyawan. Penghitungan gaji yang dilakukan secara manual memakan waktu yang lama dengan akurasi yang rendah. Namun sistem penggajian memakai HRIS dapat menghitung berapa kompensasi yang harus Anda bayarkan kepada setiap karyawan sesuai dengan kontribusi mereka dengan akurat.

 

Baca Juga: Aplikasi Penggajian LinovHR, Apa Yang Bisa Di-Handle?

 

Sistem Absensi yang akurat

Kehadiran karyawan bekerja adalah hal penting bagi perusahaan. Waktu yang mereka berikan untuk bekerja itulah yang membuat perkembangan perusahaan. Bisnis dapat terkendala jika karyawan sering absen dari hari kerjanya. HRIS, dengan fitur absensi karyawan secara online, menutup kemungkinan karyawan untuk berbuat curang dalam hal absensi, misalnya dengan menitipkan absensi ke teman. Absensi karyawan bahkan dapat terhubung ke sistem penggajian, sehingga kompensasi yang karyawan terima akan disesuaikan dengan jumlah kehadiran karyawan tiap bulannya.

 

Memudahan Karyawan Mengakses Portal Karyawan

Karyawan Anda tidak hanya memerlukan perhitungan gaji yang akurat, tapi juga kemudahan untuk mengakses kebutuhan lain seputar haknya selama bekerja. Portal karyawan adalah fitur yang menolong karyawan bisa melihat slip gaji, mengajukan cuti dan izin, serta melihat data absensi mereka secara online. HR software memungkinkan karyawan untuk mengakses slip gaji hingga mengajukan cuti atau izin, semuanya secara online. Karyawan tak perlu lagi sibuk mengetik surat permohonan cutinya.

 

Penyimpanan Data Personalia

HRIS memungkinkan Anda untuk menyimpan data karyawan berbasis online, mulai dari data pribadi, data karir, jatah cuti, hingga data penggajian di satu tempat secara digital. Jika HRD perlu menghitung tunjangan karyawan dan perlu tahu berapa anggota keluarganya, cukup mengakses data yang tersimpan secara online. Tidak perlu mengobrak-abrik lemari arsip dengan tumpukan kertas yang setinggi atap untuk mencari selembar kertas yang Anda perlukan.

 

Efisiensi Waktu

Karena HRIS beserta kemudahannya begitu canggih menghemat waktu tim HRD yang bekerja, juga karyawan tidak perlu pusing akan hal-hal yang mereka perlukan saat bekerja.

 

Kesimpulannya, Human Resource Information System atau HRIS memiliki peranan penting dalam kesuksesan tim HR  dalam mengelola sumber daya manusia di suatu perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi manajemen untuk menemukan software HRIS apa yang cocok untuk memudahkan aktivitas tim HRD. Dapatkan software HRIS berbasis web di sini.