payroll outsourcing

7 Manfaat Menggunakan Jasa Payroll Outsourcing untuk Perusahaan

Payroll merujuk ke sistem penggajian karyawan yang dilakukan perusahaan sebagai bagian dari pemenuhan hak karyawan. Terkadang dalam melakukan proses payroll, perusahaan sering melakukan berbagai kekeliruan seperti salah input data, tertukarnya komponen, dan salah hitung gaji karyawan. Ditambah lagi jumlah karyawan yang sangat banyak dalam sebuah perusahaan membuat tim HRD dibuat sakit kepala setiap menangani payroll bulanan.  

Ada alternatif yang lebih mudah dilakukan dalam memproses payroll bulanan perusahaan Anda, yaitu menggunakan jasa perusahaan outsourcing payroll.  

Perusahaan jasa payroll outsourcing adalah sebuah vendor penyedia yang mampu membantu dan memudahkan proses penggajian.  Perusahaan  Anda tidak lagi pusing mengurusi rumitnya sistem payroll.  

Lalu, apa saja manfaat yang dirasakan sebuah perusahaan jika menggunakan jasa payroll outsourcing? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah ulasan artikel di bawah ini!

 

1. Menghitung Gaji Karyawan dengan Tepat dan Cepat

Anda selalu pusing mengurusi gaji karyawan yang memiliki banyak komponen? Tidak lagi! Perusahaan outsourcing payroll dapat membantu perusahaan dalam menghitung gaji karyawan yang terdiri dari berbagai macam komponen seperti tunjangan, iuran BPJS, pajak penghasilan, dan sebagainya. Gaji akan diproses secara serentak dan akurat. 

 

2. Keamanan Data Karyawan Terjamin

Setiap data dan informasi terkait karyawan pasti cukuplah banyak dalam sebuah perusahaan. Jika hanya disimpan di lemari arsip, kemungkinan besar data tersebut akan hilang, bocor, atau rusak. Bahkan tidak jarang jika data yang disimpan dalam lemari arsip akan dimanipulasi untuk kepentingan tertentu.  

Namun, dengan menggunakan payroll outsourcing, semua data dan informasi karyawan dijamin aman dari kebocoran dan manipulasi oknum tak bertanggung jawab.

 

Baca Juga: Pentingnya Transparansi Perusahaan dalam Penggajian Karyawan

 

3. Online

Dengan jasa payroll outsourcing, Anda tidak perlu melakukan rekapitulasi manual. Anda dapat memperbaharui dan mengakses data seputar penggajian kapan saja dan dimana saja selama masih terhubung dengan internet. Anda pun bisa mengucapkan selamat tinggal pada dokumen fisik yang merepotkan.  

 

payroll

4. Mengacu Kepada Aturan dan Regulasi Terbaru

Ada kalanya regulasi terhadap pajak dan ketenagakerjaan akan berubah sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan pemerintah. Jika perusahaan Anda menggunakan payroll outsourcing, maka pengelolaan payroll akan selalu disesuaikan dengan aturan pajak yang sedang berlaku saat ini. Sehingga Anda tidak perlu was-was mengenai aspek legalitas dalam pengelolaan payroll karyawan. 

 

Baca Juga: Peran HRD dalam Mendukung UU Ketenagakerjaan

 

5. Menghemat Waktu

Mengandalkan cara manual dalam proses payroll akan memakan waktu lama. Sementara itu, menggunakan jasa payroll outsourcing membuat proses payrol perusahaan Anda menjadi sangat cepat.

Jadi, perusahaan tidak perlu berkutat terlalu lama dengan tugas administrasi yang bukan merupakan inti bisnis perusahaan. Dengan begitu, perusahaan Anda bisa lebih fokus kepada pengembangan inti bisnis. 

 

6. Laporan Gaji Otomatis

Laporan payroll atau laporan penggajian diperlukan untuk analisis dan perencanaan seputar penggajian di masa depan.

Jasa payroll outsourcing akan membantu Anda untuk memproses laporan gaji otomatis dengan detail dan akurat. Anda tidak butuh mengurusi laporan setiap bulannya karena laporan penggajian akan diproses secara otomatis. 

 

7. Slip Gaji Instan

Perusahaan tidak perlu memberikan slip gaji kepada karyawan tiap bulannya. Akan tetapi, perusahaan wajib memproses slip gaji ketika karyawan mengajukannya kepada HRD.

Perusahaan payroll outsourcing bisa memproses slip gaji secara instan tanpa waktu lama. Format slip gaji dapat disesuaikan dengan keinginan perusahaan dalam bentuk excel, pdf, email atau surat. Anda bisa langsung mengirimkannya kepada karyawan yang membutuhkan. 

Perusahaan outsourcing payroll memberikan banyak sekali kemudahan seputar penggajian karyawan.

Agar tidak salah memilih, gunakan LinovHR untuk mengelola pengerjaan payroll perusahaan Anda. Jasa Payroll Outsourcing  dari LinovHR ditangani oleh tim ahli yang berpengalaman membantu penggajian dari berbagai client. Hal ini membuat LinovHR patut dipercaya dalam pengelolaan payroll perusahaan. 

Serahkan saja semua perhitungan gaji, tunjangan, pajak penghasilan hingga pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan kepada tim LinovHR!   Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi LinovHR sekarang juga untuk mengoptimalkan sistem payroll perusahaan Anda! Klik tautan berikut untuk menghubungi tim LinovHR!