pelatihan dan pengembangan sdm

Manfaat Pelatihan dan Pengembangan SDM bagi perusahaan

Seorang karyawan mempunyai peranan sangat penting dalam suatu perusahaan, baik skala kecil, menengah atau besar. Ini karena, keberhasilan yang akan diraih oleh perusahaan akan tergantung pada kinerja karyawan yang ada di dalamnya. Bagi perusahaan yang mempunyai produktivitas kinerja sangat tinggi maka mereka mampu memberikan hasil yang terbaik untuk perusahaannya. Sementara itu, untuk membentuk karyawan dengan etos kerja atau produktivitas yang tinggi perusahaan juga harus bisa mendorongnya dengan baik, salah satunya adalah dengan membuat sebuah program pelatihan dan pengembangan SDM. Namun tentunya, manfaat tersebut tidak hanya untuk peningkatan produktivitas karyawan saja, secara lebih luas berikut adalah beberapa manfaat pelatihan dan pengembangan SDM bagi perusahaan.

1.Bisa menemukan potensi para karyawan dalam perusahaan

Tidak semua karyawan dalam perusahaan mengetahui dengan baik apa potensi mereka. Oleh sebab itulah, mereka kurang mengetahui apa yang menjadi kelebihan serta kekurangan diri mereka sendiri, juga tidak tahu apa yang harus mereka perbaiki. Dengan adanya program pelatihan dan pengembangan SDM yang diberikan oleh perusahaan, secara tidak langsung karyawan akan mengetahui skill apa saja yang harus mereka kuasai. Tidak hanya itu saja, program pelatihan yang dibuat juga bisa

membantu perusahaan agar lebih mengenali pemimpinnya di masa yang akan datang diantara karyawan yang ada di dalamnya. Nantinya para karyawan dapat mengetahui apa yang menjadi potensinya sehingga dapat digali lebih dalam terutama yang akan menguntungkan untuk perusahaan agar lebih berkembang dan maju.

 

Baca Juga :Strategi manajemen sdm dalam menghadapi persaingan global

 

2.Lebih memahami tren terbaru

Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM bagi perusahaan terutama bagi para karyawan selanjutnya adalah agar mampu melatih karyawan lebih memahami perkembangan dan juga tren terbaru yang ada di dalam industri dimana perusahaan mereka bergerak.

Tren tersebut tentunya akan bermacam-macam, bisa berupa suatu teknologi yang terbaru, bisa berupa teknik pemasarannya atau apapun yang memang berhubungan dengan pekerjaan mereka. Bila karyawan dalam perusahaan bisa update dengan teknologi atau tren terbaru dalam dunia kerja, ini juga akan berdampak pada perusahaan agar bisa mendapatkan strategi yang ramah dengan perkembangan tanpa harus mengalami hambatan karena ketidaktahuan karyawannya.

3.Mampu meningkatkan produktivitas karyawan dalam perusahaan

Seperti yang sudah dijelaskan pada awal artikel bahwa produktivitas suatu karyawan akan berdampak besar pada kemajuan perusahaan. Nah, cara untuk meningkatkan produktivitasnya tersebut adalah bisa dengan mengandalkan pelatihan pada karyawan agar mampu meningkatkan pemahaman serta kepercayaan diri yang dimiliki oleh karyawan terutama dalam hal pekerjaan. Mereka akan lebih belajar mengenai skill terbaru yang sesuai agar bisa mendukung pekerjaanya, seperti bagaimana berkomunikasi dengan baik, bagaimana cara memecahkan suatu permasalahan, bagaimana cara memimpin sebuah tim dan bagaimana agar bisa berprestasi dalam perusahaan.

Peningkatan-peningkatan skill tersebutlah yang nantinya akan menjadi salah satu cara agar para karyawan bisa semakin produktif dalam bekerja. Dengan begitu perusahaan bisa berkembang tanpa harus memberhentikan karyawan yang pasif dalam pekerjaannya.

Itulah beberapa manfaat pelatihan dan pengembangan SDM  bagi perusahaan khususnya untuk karyawan. Berdasarkan apa yang telah disampaikan di atas, perusahaan sebaiknya tidak menutup mata pada program yang dikhususkan untuk karyawan alis jangan hanya menginginkan kinerja yang tinggi tanpa ada dorongan sama sekali. Perusahaan harus terbuka dengan perubahan cara kerja dari masa ke masa, dengan begitu perusahaan juga bisa berkembang dengan baik.

Mungkin 7 Jenis pelatihan dan pengembangan untuk karyawan  ini bisa dicoba untuk digunakan oleh perusahaan anda.