Suksesi

Manfaat Succession Planning Bagi Perusahaan

Salah satu proses HR yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah Succession Planning atau Perencanaan Suksesi. Seperti yang dikutip dari artikel kami yang sebelumnya yang berjudul apa itu succession planning, perencanaan suksesi adalah strategi-strategi dan rencana-rencana yang dibuat oleh pemilik perusahaan untuk mengembangkan segala potensi, talenta, dan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan-karyawannya untuk mendapatkan calon-calon pemimpin perusahaan yang terbaik.

Suksesi merupakan hal penting dalam perjalanan sebuah perusahaan. Kegagalan dalam perencanaan suksesi akan berdampak buruk bagi perusahaan, tidak peduli seberapa besar dan kokohnya perusahaan tersebut.

Di dalam perusahaan, suksesi adalah sebuah keadaan yang pasti terjadi, karena roda perusahaan akan terus berputar sehingga perubahan posisi/jabatan pasti terjadi, pasti ada karyawan yang meninggalkan perusahaan atau naik jabatan sehingga meninggalkan posisi kosong, dan pastinya posisi tersebut harus segera diisi oleh orang baru agar perusahaan tetap berjalan.

 

Baca Juga: 7 Indikator Penilaian Dalam Promosi Jabatan

 

Banyak permasalahan akan muncul, jika perusahaan tidak memiliki perencanaan suksesi yang matang. Tidak hanya akan merugikan perusahaan, bahkan perusahaan juga bisa gulung tikar.

Dalam membangun rencana Suksesi yang baik harus dimulai dari perubahan pola pikir bahwa Perencanaan Suksesi bukanlah sebuah proses untuk mencari pengganti pemimpin yang hilang semata, namun mereka juga harus mempersiapkan perusahaan menjadi lebih baik, berkesinambungan dan tetap berorientasi ke depan agar dapat menghadapi tantangan bisnis saat ini maupun di masa yang akan datang.

Ada banyak sekali manfaat dari penerapan Succession Planning bagi perusahaan, sebagai berikut:

 

1. Perencanaan Suksesi yang Baik Merupakan Salah Satu dari Strategi Kepemimpinan untuk Melindungi Perusahaan

Anda membeli asuransi untuk melindungi perusahaan dari badai, banjir, dan kebakaran. Anda juga memasang sistem keamanan untuk melindungi perusahaan dari pencurian serta membuat back up data untuk melindungi informasi perusahaan.

Karena banyaknya kegiatan operasional perusahaan tersebut, Anda lupa menjadikan perencanaan suksesi sebagai prioritas. Anda lupa bahwa banyak perusahaan lain juga membutuhkan ketrampilan / skill yang dimiliki oleh karyawan profesional Anda dimana mereka berani membayar mahal untuk itu.

Anda tidak tahu kapan hal itu akan terjadi, namun dengan menerapkan perencanaan suksesi yang baik Anda dapat merencanakan apa yang harus dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi kondisi tersebut.

 

2. Membantu Mengidentifikasi Pemimpin Masa Depan Anda yang Paling Memenuhi Syarat

Proses perencanaan suksesi secara formal mengharuskan perusahaan Anda untuk:

  • Mengidentifikasi posisi-posisi yang paling penting bagi keberhasilan perusahaan di masa depan. 
  • Mengidentifikasi kandidat internal dengan nilai-nilai, keterampilan, dan keinginan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan penting. Bicaralah dengan calon potensial tentang minat dan rencana karir mereka.

 

Baca Juga: 5 Leadership Soft Skill yang Ampuh Tingkatkan Retensi Karyawan

 

Jika tidak ada kandidat internal yang tepat untuk posisi kepemimpinan, maka Anda bisa memulai pencarian eksternal sejak awal. Yang paling penting dalam perencanaan suksesi adalah membuat kandidat internal yang kurang berpengalaman menjadi ambisius, tahu bekerja keras dan memiliki keterampilan yang layak dipertimbangkan demi kemajuan perusahaan.

 

3. Membuat Struktur untuk Pelatihan dan Pengembangan

Pengembangan karyawan profesional dapat diwujudkan dalam bentuk pembinaan, bimbingan, bayangan pekerjaan atau peningkatan bertahap dalam tanggung jawab yang lebih besar. Posisi lainnya pun bahkan mengharuskan seorang kandidat untuk melanjutkan studinya ke tingkatan yang lebih tinggi demi mendapatkan pendidikan tambahan ataupun sertifikasi profesional.

 

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Training Need Analysis

 

4. Terus Awasi Pekerjaan Kandidat

Setelah mempersiapkan ketiga hal diatas, perusahaan Anda memiliki peluang terbaik untuk mulai tumbuh dan berkembang. Hal ini terjadi ketika pemimpin junior duduk dan berbicara dengan pemimpin senior tentang mengapa mereka melakukan sesuatu dengan cara tertentu. Proses suksesi ini dapat membantu mengungkap kelemahan dalam proses dan prosedur, menemukan peluang penjualan dan peluang untuk perubahan yang  positif. 

Proses ini memungkinkan perusahaan Anda untuk mengawasi lebih lanjut tentang peran seniornya dan mendorong mempertanyakan norma-norma perusahaan yang mungkin sudah ketinggalan zaman dan tidak efisien. Dengan cara ini, perencanaan suksesi menghasilkan pembuktian perusahaan Anda di masa depan.

Sebaliknya, ketika karyawan yang sudah pensiun pergi, mereka dapat bertindak sebagai papan suara untuk pertanyaan dan masalah, memecahkan masalah pelanggan dan banyak lagi. Hal ini akan membantu memperlancar transisi.

 

5. Mempertahankan Identitas Brand

Anda sering mendengar berita tentang CEO yang datang ke sebuah perusahaan di luar janji hanya gagal dalam waktu singkat. Ironisnya, perekrutan yang merusak seperti itu dapat merusak reputasi perusahaan dan pertumbuhan jangka panjang bersama.

 

Baca Juga: Bagaimana Seorang HR Profesional membangun Personal Branding?

 

Perencanaan suksesi dapat membantu perusahaan Anda menghindari hal tersebut. Dengan mengidentifikasi dan merawat seorang penerus internal, dapat dipastikan perusahaan tersebut akan dipimpin oleh seseorang yang mempunyai nilai-nilai dan sangat memahami janji merek perusahaan, pelanggan dan karyawannya karena mereka telah menjalaninya sendiri.

 

6. Membantu Rencana Jangka Panjang Perusahaan

Perubahan terjadi dengan cepat. Ketika perusahaan Anda tahu ke mana akan pergi, tim Anda dapat merencanakan masa depan yang terbaik.

Jika Anda menganggap suksesi adalah salah satu bagian dari keseluruhan rencana pertumbuhan perusahaan dan menciptakan jalur bagi karyawan yang telah pensiun untuk menyerahkan tahun-tahun pengetahuan yang telah diperoleh dengan susah payah dan transisi hubungan kerja yang penting sebelum mereka pergi.

 

Baca Juga: Berapa Batas Usia Pensiun Menurut Undang–Undang?

 

Rencana suksesi juga dapat membantu perusahaan tumbuh dengan pesat ketika Anda bisa mengidentifikasi dan membangun rencana untuk kerentanan di bidang bisnis lainnya. Manfaat lain dari perencanaan suksesi termasuk memberikan bantuan dalam memastikan bidang mana yang membutuhkan inovasi, menetapkan tujuan realistis untuk pertumbuhan dan perencanaan untuk kebutuhan bakat masa depan.

Taruhan kegagalan melakukan Perencanaan Suksesi akan membawa dampak yang terlalu besar karena dapat membawa efek negatif bagi perusahaan untuk jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, dalam membuat perencanaan Suksesi harus direncanakan serta diimplementasikan sebaik mungkin sejak dini, bukan hanya coba-coba.