Manfaat Uang Insentif Bagi Karyawan dan Perusahaan

Manfaat Pemberian Uang Insentif Bagi Karyawan & Perusahaan

Pernahkah Anda mendengar mengenai uang insentif? Pasti sudah banyak karyawan yang mendengar istilah ini. 

Uang insentif adalah kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan, di mana kompensasi ini tidak termasuk dalam gaji pokok yang telah ditetapkan dan diberikan kepada karyawan. 

Uang ini diberikan sebagai apresiasi atas keberhasilan kerja karyawan. Sehingga karyawan yang memiliki kinerja cukup baik semakin termotivasi bahkan dapat memotivasi rekan lainnya untuk bekerja lebih baik. 

Pemberian insentif dalam perusahaan memberikan beberapa manfaat kepada karyawan sebagai pekerja dan perusahaan sebagai pemberi kerja. Apa saja manfaat yang dimaksud? 

 

Manfaat Uang Insentif Bagi Karyawan

Pemberian insentif kepada karyawan bertujuan utama sebagai apresiasi atas pencapaian karyawan. Itu artinya, tidak semua karyawan menerima insentif yang sama. Manfaat uang insentif bagi karyawan adalah:

 

1. Meningkatkan Kualitas Hidup 

Uang insentif berarti akan menambah penghasilan karyawan. Dengan meningkatnya pendapatan karyawan, maka kualitas hidup karyawan pun akan meningkat. Karyawan tidak perlu khawatir mengenai kondisi hidupnya dan bisa lebih fokus di lingkungan kerja karena hidupnya sudah lebih terjamin dengan adanya kenaikan upah melalui insentif.

 

2. Menumbuhkan Kepuasan Kinerja

Kepuasan kinerja dapat menentukan kualitas pekerjaan seorang karyawan. Semakin tinggi tingkat kepuasan kinerja, semakin bagus kualitas dan produktivitas karyawan. Maka karyawan pun juga semakin produktif dan betah bekerja di perusahaan. Jika kepuasan kinerja meningkat, secara otomatis lingkungan kerja juga ikut menjadi positif. 

 

Baca juga: Jenis Insentif Karyawan di Perusahaan

 

Manfaat Uang Insentif Bagi Perusahaan

Pemberian uang insentif kepada karyawan juga mendatangkan beberapa manfaat bagi perusahaan walau harus mengeluarkan sejumlah dana. Apa saja manfaat yang dirasakan perusahaan?

 

1. Meningkatkan Produktivitas

Karena karyawan semakin termotivasi dan produktif, maka produktivitas operasional perusahaan pun juga ikut meningkat. Peningkatan produktivitas secara kontinu dapat membuat pendapatan yang masuk ke dalam perusahaan semakin lancar. Akibatnya, posisi perusahaan bisa lebih tangguh dan kokoh di antara para kompetitor.

 

reimbursement

2. Membentuk Image Perusahaan yang Baik

Image atau citra perusahaan pada dasarnya bisa terbentuk melalui pemberian uang insentif kepada karyawan. 

Bagaimana bisa? Karena pemberian insentif kepada karyawan yang memang menunjukkan kinerja yang baik menandakan bahwa perusahaan adalah organisasi yang kredibel dan profesional dalam mengelola karyawan. Dengan begitu, banyak kandidat unggulan yang tertarik untuk bergabung bersama perusahaan.

 

3. Mengembangkan Loyalitas 

Tanpa loyalitas dari karyawan, sebuah perusahaan tidak akan mampu bersaing dengan kompetitor. Namun, cukup sulit untuk menemukan karyawan yang loyal dan sesuai kebutuhan perusahaan. Bisa saja karyawan yang cukup kompeten memilih resign karena mendapatkan penawaran yang lebih menarik dari perusahaan lain. Nah, untuk menumbuhkan loyalitas dari karyawan, perusahaan bisa memberikan uang insentif. 

 

Baca juga: 6 Cara Membangun Sense of Belonging dalam Perusahaan

 

4. Menurunkan Tingkat Turnover

Seperti yang telah disebutkan, karyawan yang menerima uang insentif akan lebih termotivasi dan loyal untuk bekerja di perusahaan. Itu menandakan bahwa karyawan bisa lebih lama untuk bekerja dalam perusahaan. Hal ini juga ikut menurunkan tingkat turnover dalam perusahaan. Tingkat turnover yang rendah dapat menguntungkan dan membantu perusahaan dalam menghemat biaya anggaran rekrutmen.

 

Mengelola Segala Macam Insentif dengan Software HRD LinovHR

Menghitung berbagai komponen penggajian termasuk insentif untuk banyak karyawan cukup melelahkan. Tidak perlu lagi menggunakan cara manual yang memakan waktu dan tenaga. Software HRD dari LinovHR dapat mewujudkan pengelolaan penggajian termasuk uang insentif yang lebih sistematis, akurat, dan cepat. 

Informasi dan data karyawan yang digunakan dalam Software HRD dari LinovHR hanya digunakan untuk pengelolaan karyawan semata. Hal ini didukung oleh cloud based server yang menjamin keamanan serta kerahasiaan data dan informasi karyawan. Jadi, perusahaan tidak perlu khawatir dengan adanya kebocoran dan manipulasi data.  

Semua itu, Software HRD dari LinovHR didukung dengan fitur-fitur canggih yang memudahkan pekerjaan HRD. Dengan begitu, pengelolaan dan perhitungan uang insentif menjadi lebih mudah dan tepat. HRD pun bisa fokus kepada tugas lain yang membutuhkan perhatian khusus seperti penyusunan strategi atau pengambilan keputusan.

Ingin informasi lebih lengkap mengenai bagaimana LinovHR mengelola uang insentif? Hubungi LinovHR sekarang juga!