employee management

Memaksimalkan Employee Management dengan LinovHR

Kualitas bisnis perusahaan akan ditentukan oleh kualitas karyawan. Guna mendapatkan karyawan berkualitas, perusahaan akan selalu memaksimalkan employee management. 

Mungkin saja banyak orang yang mengira bahwa employee management atau manajemen karyawan bisa dilakukan dengan mudah. Namun, faktanya tidak demikian. Ada banyak tugas administrasi yang sering kali memakan waktu lama. Padahal, manajemen karyawan berkaitan erat dengan relasi perusahaan dengan karyawan atau employee relations. 

Untuk membantu dalam dalam pengoptimalan employee management serta employee relations dalam perusahaan, HRD dapat memaksimalkannya dengan bantuan software aplikasi seperti Software aplikasi HRD dari LinovHR.

 

Mengenal Employee Management

Employee management atau manajemen karyawan adalah usaha untuk membantu karyawan dalam bekerja agar mencapai target perusahaan yang lebih besar. Proses ini bertujuan untuk merubah kinerja karyawan yang buruk menjadi berpotensi dan luar biasa. Kegiatan ini sangat berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia seperti rekrutmen karyawan baru, manajemen penggajian, manajemen kinerja, dan lain-lain.

Employee management mencakup pada 3 bidang utama, antara lain:

  1. Akuisisi atau kegiatan untuk menemukan dan merekrut karyawan baru.
  2. Keterlibatan dan Mempertahankan karyawan
  3. Manajemen Kinerja

 

Aspek Penting dalam Employee Management

Karyawan adalah salah satu aset penting dalam perusahaan yang harus dipertahankan dan juga dikembangkan. Agar setiap karyawan bisa meningkatkan potensinya, terdapat aspek fundamental dalam proses manajemen karyawan atau employee management.

 

Seleksi 

Seorang HRD akan menyeleksi puluhan hingga ratusan calon kandidat sebelum melakukan proses rekrutmen. Untuk itu, HRD harus menentukan pilihan yang tepat agar calon kandidat tersebut bisa memberikan kontribusi yang baik kepada perusahaan.

 

Pengukuran 

Selain menentukan pilihan yang tepat, HRD juga harus mengukur skill yang dimiliki oleh calon kandidat. Jangan merekrut calon kandidat yang kurang atau tidak memiliki skill yang dibutuhkan.

software hris

Monitoring 

Sebagai HRD, Anda harus benar-benar memantau setiap proses dalam pengelolaan karyawan. Sebab, jika luput, bisa saja ada salah satu aspek yang justru terlewat dan hal tersebut akan merugikan perusahaan. 

 

Saling Mempengaruhi

Dalam hal ini, HRD dan juga karyawan harus saling mempengaruhi dengan cara membangun hubungan yang baik, saling memberi saran, dan membantu dalam memecahkan masalah.

 

Reward 

Target yang sudah dicapai oleh karyawan pastinya melewati proses yang tidak mudah. Sebagai bentuk penghargaan kepada karyawan, Anda bisa memberikannya dalam bentuk bonus upah atau hal lain.

 

Disiplin

Aturan tetap aturan. Jika karyawan melakukan kesalahan atau memperlihatkan kinerja yang buruk, jangan ragu untuk menegur atas perbuatan yang mereka perbuat. 

 

Manfaatkan Modul dan Fitur dari LinovHR untuk Memaksimalkan Employee Management

Proses employee management tidak akan berjalan lancar jika hanya dikerjakan dengan satu orang. Untuk itu, Anda harus membuat tim yang baik untuk melakukan tugas ini. Selain itu, penggunaan software aplikasi HRD akan lebih memudahkan pekerjaan divisi HR dalam melakukan employee management.

Anda bisa menggunakan Software Aplikasi HRD dari LinovHR. Di dalam software ini, terdapat modul dan fitur-fitur yang akan membantu Anda dalam memaksimalkan kegiatan employee management.

 

Time Management

Pada masa pandemi COVID-19, terdapat beberapa perusahaan yang menetapkan beberapa karyawan bekerja dari rumah atau work from home sementara sisanya harus bekerja di kantor.  Modul time management dari LinovHR akan membantu Anda dalam mengatur jadwal kerja dan juga absensi karyawan lebih mudah. 

 

Performance Management

Pada modul performance management, proses penilaian kinerja karyawan akan lebih objektif dan terukur. Anda dapat menganalisa proses kerja hingga hasil yang telah dicapai pada setiap karyawan. Dengan begitu, setiap kinerja karyawan bisa dipantau secara holistik. 

 

Succession Management

Fungsi dari modul ini akan membantu dalam pengelolaan hal-hal yang berkaitan target kesuksesan perusahaan. Jika terdapat posisi yang kosong, modul Succession Management akan mengatur posisi tersebut dengan calon karyawan.

 

Payroll 

 

payroll

 

Modul payroll memiliki fitur yang akan membantu HRD dalam melakukan proses penggajian yang dilakukan secara sistematis dengan perhitungan yang sangat akurat dan tingkat keamanan yang tinggi. Tidak ada lagi berbagai kendala dalam penggajian seperti komponen gaji yang tertukar dan sebagainya. 

 

ESS (Employee Self Service)

Selain tim HRD, karyawan juga bisa terlibat dengan mengatur dan mengakses datanya sendiri. Dengan modul ESS, setiap karyawan bisa mengajukan izin jika sedang dalam kondisi darurat. Lalu karyawan juga dapat menerima informasi penting yang disampaikan oleh perusahaan.

 

Proses employee management yang benar akan menghasilkan kinerja karyawan yang baik. Sebagai HRD yang melakukan tugas pengelolaan sumber daya manusia perusahaan, membangun employee relation atau hubungan antara HRD dan karyawan harus dijaga dengan baik agar tidak terjadi hubungan kerja yang pasif. Untuk lebih lengkapnya, segera hubungi LinovHR sekarang juga!