8 Alasan Perusahaan Anda Butuh Aplikasi HRD

Tugas utama seorang HRD adalah mengembangkan sumber daya manusia dalam perusahaan. Namun pada prakteknya, pekerjaan HRD lebih banyak melakukan tugas seperti meringkas absensi, melakukan kalkulasi lembur, melakukan penghitungan pph 21, menghitung gaji, memperhitungkan cuti yang diambil, mempersiapkan THR, dan mengurus BPJS karyawan.

 

Perusahaan Membutuhkan Aplikasi HRD

Jika diperhatikan lebih teliti, pelaksanaan tugas di atas kebanyakan bersifat administratif, yang sebenarnya sangat menyita waktu. Belum lagi jika harus melayani pertanyaan dan permintaan karyawan.

Tugas-tugas rutin tersebut seharusnya bisa digantikan dengan sebuah sistem yang akan membantu HRD melakukan fungsinya dengan lebih baik. Maka dari itulah perusahaan membutuhkan aplikasi ini.

 

Baca Juga: Aplikasi HRD Berbasis Web menjadi Tren Bisnis Masa Kini!

 

Studi Kasus di Amerika Serikat

Sebuah perusahaan penyedia aplikasi HRIS dari Amerika Serikat, Gusto, membuat survei kegiatan 100 HRD profesional dalam satu hari yang biasa. Hasilnya cukup mengejutkan, yaitu: 

  • 21% mengurus arsip karyawan
  • 20% menjawab pertanyaan karyawan
  • 16% mengarahkan masalah-masalah karyawan
  • 10% melatih karyawan
  • 7% memberikan konseling
  • 6% kegiatan umum seperti membuat inventaris kantor dan menerima paket
  • 5% mengelola PP dan PKB
  • 4% memberikan orientasi karyawan
  • 4% mewawancarai calon karyawan
  • 3% mengurus gaji (payroll)
  • 2% mengatur tunjangan karyawan
  • 2% merencanakan kegiatan team building

 

Data di atas menunjukkan bahwa mayoritas waktu dihabiskan HRD untuk kegiatan administratif. Pekerjaan yang lebih penting seperti wawancara calon karyawan, mengurus gaji dan merencanakan kegiatan team building hanya memakan sekitar 2–4% waktu kerja.

Dengan 8 jam kerja sehari, HRD hanya melakukan tugas utamanya selama 20 menit! sangat tidak efektif. Alasan ini menunjukkan mengapa perusahaan membutuhkan sebuah aplikasi HRD, sehingga HRD bisa mengembangkan sumber daya manusia dengan lebih baik, terarah, dan menghasilkan kinerja yang menguntungkan perusahaan.

 

 

8 Alasan Perusahaan Butuh Aplikasi HRD

Kemampuan aplikasi HRD untuk pengelolaan karyawan dalam perusahaan pastinya akan jauh lebih efektif dari pada dilakukan secara manual tanpa bantuan teknologi. Untuk itu, inilah 8 alasan penting mengapa perusahaan Anda membutuhkan aplikasi HRD!

 

1. Mengikuti Perkembangan Zaman

Seiring berjalannya waktu, saat ini sudah banyak perusahaan yang mengaplikasikan teknologi untuk pengelolaan karyawan dan juga kelancaran aktivitas kerja melalui penggunaan aplikasi HRD.

Karena dengan memanfaatkan aplikasi ini, manajemen perusahaan maupun karyawan dapat mengakses pekerjaan mereka secara online melalui smartphone dan juga komputer. Kemudahan ini tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak orang yang memiliki banyak aktivitas kerja baik di dalam maupun di luar kantor dan kecepatan dalam mengirim pesan atau informasi. Selain itu, aplikasi ini juga pastinya akan mengurangi penggunaan kertas.

 

2. Mengefektifkan Pekerjaan Karyawan

Jika seluruh pekerjaan masih dikerjakan secara manual, maka manusia harus mengerjakan seluruh tugas tersebut secara satu persatu. Cara tersebut tentu saja akan memakan banyak waktu dan ketelitian yang tinggi dalam setiap proyek.

Tetapi dengan adanya sistem yang terpasang dalam aplikasi, Anda bisa mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan dan mendapatkan hasil yang akurat. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas bisa lebih cepat dan sangat efektif.

 

3. Terintegrasi dengan Pekerjaan Lainnya

Seperti yang dijelaskan di atas, aplikasi HRD mampu untuk mengerjakan banyak tugas secara bersamaan. Dengan begitu, sistem ini akan menghubungkan 1 pekerjaan ke pekerjaan lainnya secara otomatis.

Misalnya saat sedang menghitung gaji karyawan, salah satu komponen yang digunakan adalah data absensi. Jadi, data absensi yang telah tersimpan di dalam sistem akan terinput secara otomatis saat proses perhitungan gaji.

 

4. Menyesuaikan dengan Aturan Pemerintah

Aturan yang dibuat oleh pemerintah untuk perusahaan dan juga tenaga kerja haruslah ditaati dengan baik. Namun terkadang aturan tersebut dapat berubah sesuai dengan kondisi atau pejabat yang memerintah. Jika perusahaan menggunakan aplikasi untuk pengelolaan karyawan, sistem akan secara otomatis menyesuaikan aturan pemerintah yang terbaru. Jadi, Anda bisa langsung menggunakan aplikasi secara mudah.

 

5. Memudahkan dalam Pembuatan Laporan

Dengan kecanggihan sistem dalam mengerjakan berbagai tugas, aplikasi dapat memudahkan manajemen dalam pembuatan laporan secara komprehensif. Karena data sudah tersedia secara lengkap dan karyawan hanya tinggal memasukkan data-data yang dibutuhkan secara cepat dan mudah. Dengan begitu, pembuatan laporan akan menghasilkan data yang sangat akurat.

 

6. Kinerja Karyawan Bisa Lebih Terpantau

Kinerja karyawan selama periode kerja tentunya harus selalu dipantau secara berkala untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan atau penurunan. Tetapi jika hal ini dilakukan tanpa bantuan sistem, pemantauan kinerja tidak akan berjalan efektif. Tetapi jika hal ini dikerjakan dengan bantuan aplikasi, Anda bisa dengan mudah mengecek seluruh tingkatan kinerja karyawan secara menyeluruh.

 

7. Menjadi Acuan untuk Pembuat Keputusan yang Tepat

Saat ingin membuat keputusan tentunya harus berdasarkan pada data yang sesuai. Maka dari itu, aplikasi HRD dapat membantu perusahaan, manajer, hingga karyawan dalam membuat keputusan secara tepat. Misalnya jika perusahaan ingin mengadakan promosi jabatan, maka HRD dapat melihat tingkatan kinerja karyawan melalui aplikasi. Atau saat HRD ingin menentukan program pelatihan apa yang tepat untuk karyawan.

 

8. Karyawan Dapat Mengaksesnya Secara Mudah

Seluruh fitur yang ada dalam aplikasi dirancang untuk memudahkan karyawan untuk mengaksesnya. Jadi, aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan oleh HRD atau manajemen perusahaan, karyawan pun dapat menggunakan jika terdapat beberapa pekerjaan seperti pengajuan izin, cuti, lembur, merubah jadwal kerja, dan selalu update pada informasi perusahaan.

 

Hilangkan Kompleksitas Pengelolaan Karyawan dengan Aplikasi HRD LinovHR!

Pemanfaatan Aplikasi HRD LinovHR mampu melakukan seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan sumber daya manusia baik bersifat teknis maupun strategi. Seluruh pekerjaan mulai dari penggajian, penilaian kinerja, pembuatan jadwal kerja, dan berbagai pekerjaan lainnya dapat dilakukan secara otomatis dan terhubung satu sama lainnya. Selain itu, LinovHR juga dapat mendeteksi secara cepat jika terjadi suatu masalah atau hambatan dalam kerja agar tidak menjadi lebih besar dan melebar.

Seluruh data akan dikelola secara baik melalui satu sistem dan pastinya terlindungi dengan sistem keamanan yang tinggi. Jika perusahaan Anda masih menggunakan kertas dan dokumen untuk melakukan pekerjaan, sudah saatnya beralih ke sistem Aplikasi HRD LinovHR. Segera beralih ke LinovHR untuk pengelolaan SDM yang lebih modern dan profesional!

Admin LinovHR

Recent Posts

Perlukah Aplikasi Manajemen Aset untuk Karyawan?

Manajemen aset adalah praktik yang dilakukan untuk mengatur dan mengelola total kekayaan dari waktu ke…

11 jam ago

Gunakan RACI Matrix untuk Tim Lebih Produktif

Apakah Anda pernah mendengar RACI Matrix? Sekarang ini banyak perusahaan yang menggunakan metode ini untuk…

13 jam ago

Hari Libur Nasional 2022 Ada 16 Hari, Apa Saja Rinciannya?

Tahun 2021 hampir berakhir dan pemerintah sudah menetapkan Hari Libur Nasional 2022. Adapun ketentuan tersebut…

15 jam ago

Aplikasi Jadwal Shift: Solusi Mudah Membuat Jadwal Kerja

Jadwal shift kerja seringkali menjadi suatu permasalahan yang ‘tricky’  bagi perusahaan. Mengapa demikian? Jadwal shift…

18 jam ago

Cari Software Payroll Gratis, Memangnya Ada?

Semakin banyak karyawan, semakin sulit juga untuk penghitungan gaji atau payroll. Kesalahan dalam penggajian juga…

1 hari ago

Hendak Merekrut Karyawan Asing? Pelajari RPTKA Terlebih Dahulu!

Mempekerjakan tenaga kerja asing menjadi suatu kepentingan bagi perusahaan apalagi jika SDM perusahaan tersebut tidak…

2 hari ago