Performance Appraisal System dan Manfaat Penerapannya di Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

performance appraisal system
Isi Artikel

Melakukan sebuah pengukuran atas kinerja yang telah dilakukan oleh karyawan sangat penting untuk dilakukan oleh perusahaan.

Pengukuran atau penilaian tersebut berguna untuk memonitoring hasil kerja dari setiap karyawan yang Anda miliki di perusahaan.

Salah satu cara yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan yaitu dengan menerapkan performance appraisal system untuk mengukur kinerja dari setiap karyawannya. 

Pada era sekarang, performance appraisal system bisa dilakukan secara online atau terhubung dengan internet, sehingga memudahkan perusahaan dalam melakukan penilaian.

Maka dari itu, pembahasan kali ini dikhususkan untuk membedah secara tuntas manfaat dalam menggunakan online performance appraisal system dalam menilai kinerja karyawan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

Kenapa Perusahaan Banyak Mulai Menggunakan Performance Appraisal System?

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa saat ini segala hal sangat bergantung pada kemajuan teknologi dan juga internet. Hal tersebut yang mengakibatkan atau menjadi dasar atas segala sesuatu yang ada saat ini kebanyakan akan terintegrasi secara online.

Salah satunya yaitu performance appraisal system yang ada dalam dunia kerja. Ada banyak sekali alasan dan juga pertimbangan dari perusahaan dalam menggunakan online performance appraisal system di dalam bisnis mereka.

Pertimbangan utamanya yaitu sistem yang terintegrasi dengan internet tentunya akan lebih efektif dan juga efisien dalam penerapannya. Berbeda dengan cara lama atau tradisional yang cenderung lebih rumit dan juga kaku dalam pengaplikasiannya.

Berkaca dari hal tersebut, maka banyak perusahaan saat ini mulai menggunakan sistem penilaian kinerja pegawai secara online dan terintegrasi dengan internet yang ada saat ini.

 

Baca Juga: Proses Individual Performance Plan dan Elemen Pentingnya

 

Manfaat Online Performance Appraisal System

Melakukan penilaian kinerja dengan cara yang lama akan membuang banyak waktu dan juga energi. Dilansir dari TruQu, sebanyak 58% perusahaan masih menggunakan cara manual dan belum beralih ke sistem otomatis. 

Menggunakan online performance appraisal system dapat memberikan beragam manfaat bagi perusahaan yang akan dijelaskan di bawah ini.

 

1. Penilaian Kinerja Menjadi Lebih Efektif

Manfaat pertama yang Anda dapatkan dalam menerapkan sistem ini secara online yaitu akan memudahkan penilaian kinerja karyawan yang Anda miliki menjadi lebih efektif ketimbang dengan cara yang lama.

Sistem yang berbasis online akan menyimpan data-data secara keseluruhan dari sepanjang tahun mengenai setiap karyawan.

Hal tersebut dapat memudakan manajer untuk melakukan evaluasi atas kinerja yang telah dilakukan di waktu ke waktu, tidak pada kurun waktu tertentu.

Dengan begitu penilaian terhadap karyawan bisa lebih objektif dan sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

 

2. Menghemat Waktu

Melakukan evaluasi kinerja karyawan dengan cara yang lama akan membutuhkan banyak waktu dalam melakukannya.

Seorang karyawan dengan atasannya harus membuat jadwal khusus untuk melakukan evaluasi kinerja tahunan tersebut, dan juga membutuhkan berkas atau kertas yang banyak dalam melakukannya.

Sistem online akan memudahkan manajer dan juga karyawan dalam melakukan evaluasi kinerja. Mereka hanya perlu masuk ke dalam sistem yang sudah tersedia, sesuai dengan keinginan dan juga waktu yang mereka punya.

 

3. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Manfaat selanjutnya yaitu meningkatkan keterlibatan karyawan dengan cara melakukan evaluasi diri bagi setiap karyawan.

Hal ini bisa memberikan dampak yang positif terhadap penilaian kinerja yang dilakukan setiap tahunnya.

Jika biasanya karyawan hanya menerima feedback yang diberikan oleh atasan, namun kali ini mereka bisa ikut terlibat secara aktif dalam proses penilaian tersebut.

Melakukan cara ini akan memudahkan seorang manajer dalam melihat kekuatan dan juga kelemahan dari setiap karyawan yang dimiliki, serta memahami kinerja yang dilakukan oleh karyawan melalui sudut pandang karyawan itu sendiri.

 

4. Lebih Fleksibel dan Mudah

Menggunakan online performance appraisal system akan membantu Anda dalam melakukan peninjauan kinerja karyawan dengan mudah dan cepat.

Sistem yang terintegrasi dengan internet bisa diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun Anda berada. Sehingga Anda bisa menggunakan waktu yang ada untuk fokus ke dalam pengembangan karyawan yang Anda miliki di perusahaan.

 

5. Menyamakan Tujuan Karyawan dengan Perusahaan

Tidak jarang tujuan karyawan dengan visi misi perusahaan berbeda satu sama lain, mengingat isi kepala dan gagasan tiap orang yang pasti berbeda. 

Dalam menerapkan sistem ini, seorang manajer bisa melakukan monitoring dan juga pengukuran kinerja yang dilakukan oleh karyawannya, agar tujuan yang dimiliki karyawan selalu sesuai dengan visi dan misi yang dipegang oleh perusahaan.

Seorang manajer juga bisa memberikan pelatihan atau pembinaan terhadap karyawan yang memiliki kinerja yang kurang memuaskan untuk tetap menjaga kinerja tersebut berada pada jalur yang seharusnya.

 

Aplikasi Performance Appraisal LinovHR untuk Memudahkan Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan

 

performance review

 

Melakukan evaluasi dan penilaian kinerja karyawan dapat dengan mudah dilakukan dengan sistem penilaian kinerja karyawan dari Software HRIS LinovHR. Aplikasi ini memudahkan manajemen HRD dalam melakukan analisa dan penilaian kinerja karyawan secara terukur.

Modul Performance Appraisal LinovHR memiliki beberapa fitur utama, seperti performance review, goal management dan feedback.

Melalui modul ini, seluruh proses manajemen kinerja karyawan, mulai dari penentuan target kerja, penilaian kinerja, hingga pembuatan laporan atau hasil review karyawan dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan juga akurat.

Demikian pembahasan mendalam mengenai manfaat menggunakan online performance appraisal system dalam sebuah perusahaan.

Mengingat sistem ini memiliki pengaruh dan juga peran yang cukup vital, maka penting untuk memilih dan menggunakan aplikasi yang sesuai dan sudah terpercaya seperti software performance appraisal dari LinovHR. 

 

Jadwalkan demo sekarang dan rasakan kemudahannya. Ada promo gratis 3 bulan!

 

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter