Payroll Information System

8 Keuntungan Menggunakan Payroll Information System Dibandingkan Manual

Banyaknya urusan mengenai manajemen karyawan termasuk di dalamnya manajemen data dan payroll membuat HR dan tim payroll kadang kesulitan. Hal itu akan membuat masa penggajian atau pembayaran payroll menjadi sangat sibuk, terlebih jika memiliki banyak karyawan. 

Menghitung payroll haruslah tepat dan akurat. Jika terjadi kesalahan, maka bukan tidak mungkin seluruh sistem akan mundur. Penjadwalan payroll juga akan terkena dampaknya. 

Bagaimana cara agar manajemen payroll ini berjalan efektif? Salah satunya dengan menggunakan payroll information system. Apa itu payroll information system?

Secara sederhananya sering disebut dengan software payroll, yaitu sistem atau software yang akan memudahkan Anda melakukan manajemen data karyawan terutama terkait payroll. 

Mengapa Anda harus menggunakan software payroll? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

 

Keuntungan Menggunakan Payroll Information System

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika kita menggunakan payroll information system adalah sebagai berikut.

 

Manajemen Data Lebih Baik 

Selain data yang digunakan untuk perhitungan payroll, dengan menggunakan software payroll maka manajemen data karyawan atau SDM perusahaan akan lebih terorganisir dengan baik. Tentunya hal ini akan membantu pengerjaan dan lebih efektif. 

 

Sistem yang Terintegrasi

Sistem penggajian yang hanya dikerjakan oleh tim payroll tentu akan membutuhkan koordinasi lebih. Namun, jika menggunakan software payroll, maka sistem ini akan otomatis terintegrasi dengan HR sehingga penggajian akan lebih mudah dilakukan.

 

Kemudahan Akses Data

Data karyawan juga dapat diakses secara langsung oleh karyawan itu sendiri. Kemudahan data ini akan didapatkan jika Anda menerapkan payroll information system. 

 

Meminimalisir Kesalahan Perhitungan 

Sistem perhitungan yang ada pada software payroll secara otomatis akan membantu pekerjaan HRD dalam meminimalisir adanya kesalahan atau human error yang bisa terjadi jika perhitungan payroll dilakukan secara manual. 

 

Hitung Pajak Otomatis

Elemen penggajian bukan hanya terdiri dari gaji pokok, namun ada banyak elemen lainnya. Mulai dari tunjangan, uang lembur, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, termasuk didalamnya juga pajak penghasilan. Melalui payroll information system, maka perhitungan pajak penghasilan sudah otomatis terkalkulasi. 

 

Efisiensi waktu Pengerjaan

Jika semua sistem sudah terintegrasi dan perhitungan dapat dilakukan dengan mudah, tentunya akan berdampak juga pada efisiensi waktu pengerjaan. Jika waktu perhitungan payroll dapat efektif dan sesuai, tentunya tidak akan berdampak pada mundurnya jadwal pembayaran payroll karyawan.

 

Pengajuan Lebih Mudah

Biasanya software payroll tidak hanya digunakan untuk perhitungan payroll. Anda juga bisa mengajukan lembur, cuti, penggantian jadwal, dan pengajuan lain dengan lebih mudah dan terintegrasi. Hal ini tentu sulit dilakukan dengan sistem manual.

 

Baca juga: Payroll Automation Software Untuk Mengelola Payroll Lebih Mudah

 

Rekap Data yang Efektif 

Rekapitulasi data penggajian, termasuk pemberian slip gaji karyawan dapat dilakukan secara langsung dengan sistem yang ada dalam software payroll sehingga tidak membutuhkan waktu lama layaknya rekapitulasi manual. 

 

payroll

LinovHR memiliki solusi untuk payroll information system yang dapat Anda gunakan, yaitu modul Payroll dari LinovHR! Mengapa modul Payroll LinovHR?

Modul Payroll System Indonesia LinovHR akan membantu Anda mengelola payroll karyawan dan hal-hal administratif dengan mudah. Kegiatan pembayaran gaji serta komponen-komponen di dalamnya akan lebih terkoordinasi dengan baik. 

Modul ini akan melakukan perhitungan gaji beserta komponennya, baik secara rutin maupun periodik dan akan mengelompokkan payroll kedalam beberapa jenis karyawan, hingga perhitungan tax dan menghasilkan laporan payroll nantinya. 

Slip gaji hingga laporan dapat Anda lihat dengan mudah dan Anda print sesuai kebutuhan. Setelah dikelompokkan berdasarkan jenis karyawan maka barulah dilakukan proses perhitungan payroll. 

Modul Payroll dari LinovHR juga dilengkapi Tax Calculator yang dapat memberikan Anda simulasi pembayaran pajak dalam waktu setahun.

Sangat mudah bukan? Solusi payroll information system perusahaan Anda, serahkan kepada modul Payroll LinovHR! Schedule a demo, sekarang!