payroll online

Memaksimalkan Pembayaran Gaji dengan Payroll Online

Istilah sistem pembayaran gaji yang mungkin sudah kita kenal dengan sebutan payroll. Seiring dengan berkembangnya teknologi, sistem payroll bertransformasi hingga menjadi payroll online yang banyak digunakan oleh perusahaan. Namun apakah Anda masih asing dengan sistem tersebut? Agar dapat mengetahui lebih lanjut, mari simak penjelasan di bawah ini.

 

Apa Itu Payroll Online?

Payroll online adalah sistem penggajian karyawan menggunakan bantuan dari software aplikasi yang terhubung dengan akses internet. Jadi pembayaran gaji dapat dilakukan secara otomatis dan meminimalisir kesalahan dalam perhitungan. 

Pada perusahaan yang memiliki skala yang cukup besar dengan jumlah karyawan yang banyak, sistem payroll online ini bisa menjadi solusi untuk melakukan perhitungan gaji yang cepat dan tepat. Dengan begitu, divisi HR dalam perusahaan bisa lebih mudah dalam mengontrol dan mengelola gaji karyawan.

Melalui payroll online, karyawan akan menerima slip gaji yang diberikan dengan rincian seperti gaji pokok, uang lembur, potongan pajak, uang makan, uang transportasi, BPJS Ketenagakerjaan/Kesehatan, dan lainnya. Dengan menggunakan payroll online, akan memudahkan sistem administrasi dalam memberikan gaji pegawai.

payroll

 

Kenapa Harus Menggunakan Payroll Online?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, payroll online akan memudahkan perusahaan khususnya divisi HR untuk proses pemberian gaji karyawan. Karena sistem payroll ini sendiri memiliki kelebihan dibandingkan dengan menggunakan sistem payroll manual.

 

1. Dapat Diakses Secara Online

Sistem payroll akan terhubung dengan akses internet sehingga para penggunanya dapat mengaksesnya dimana saja asalkan memiliki jaringan internet yang stabil. Dengan begitu, kegiatan payroll akan semakin mudah dilakukan.

 

2. Hemat Waktu

Payroll pada sistem ini dapat membuat laporan gaji karyawan tiap bulan dan dilakukan secara otomatis. Jika nanti terdapat karyawan absen selama 2 hari, maka payroll akan menghitung gaji karyawan sesuai dengan jadwal masuk secara otomatis. Tentu saja dengan menggunakan payroll online, sistem penggajian karyawan akan dilakukan secara cepat dan sangat menghemat waktu.

 

3. Seluruh Data Disimpan Otomatis

Jika perusahaan Anda masih menyimpan seluruh data karyawan, kemungkinan yang akan terjadi adalah data tersebut bisa saja hilang atau rusak sehingga tidak bisa lagi digunakan. Untuk itu, penggunaan sistem payroll online dapat meminimalisir kejadian tersebut. 

Karena setiap data yang telah diinput akan disimpan secara online dengan tingkat keamanan yang tinggi. Anda juga bisa mengatur siapa saja yang dapat mengakses data tersebut agar tingkat kehilangan atau kebocoran bisa terhindari.

 

4. Melihat Laporan Gaji Bulanan

Keuntungan payroll online lainnya adalah dapat mengetahui setiap laporan gaji bulanan karyawan. Melalui payroll online, laporan akan terlihat secara detail terkait pada setiap gaji pokok, potongan pajak, BPJS dan hal lainnya. Selain itu, karyawan juga akan menerima slip gaji yang mereka terima melalui e-mail pribadi.

 

5. Dapat Menghitung Jumlah Gaji dan Potongannya

Setiap gaji yang diterima karyawan pastinya terdapat potongan-potongan biaya seperti pajak, asuransi, potongan gaji akibat absensi, dan lain-lain. Dari semua potongan tersebut nantinya akan dihitung secara otomatis sehingga menghasilkan gaji bersih yang akan diterima oleh karyawan.

 

Baca Juga: Kok Gaji Saya Kurang? Kenali Potongan Apa Saja yang Ada di Slip Gaji!

 

6. Menyesuaikan Kebutuhan Perusahaan

Kebutuhan pada setiap perusahaan pastinya berbeda-beda. Untuk itu, Anda bisa menyesuaikan payroll apa yang akan digunakan. Misalnya pada perusahaan kecil bisa request kebutuhan payroll dengan skala yang kecil saja dan untuk perusahaan yang besar bisa meminta sistem payroll yang lebih lengkap. Untuk itu, perusahaan dapat memaksimalkan kegiatan penggajian.

 

7. Perhitungan Pajak Sesuai dengan Aturan yang Berlaku

Aturan tentang pajak pada setiap tahun mengalami perubahan tergantung dengan sistem ekonomi atau pemerintah yang sedang menjabat. Dengan menggunakan sistem payroll online, perhitungan pajak wajib akan dihitung berdasarkan aturan terbaru pada tahun tersebut.

 

Kelola Gaji Karyawan dengan Modul Payroll dari HR Software LinovHR

Pada saat ini sudah banyak vendor yang menawarkan payroll online untuk kebutuhan perusahaan. Namun, Anda juga harus tetap jeli untuk mencari yang terbaik dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Salah satu payroll online terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Modul Payroll dari LinovHR.

Modul ini akan menawarkan berbagai fitur yang akan membantu Anda dalam kegiatan penggajian karyawan. Selain pembayaran gaji, komponen-komponen lain seperti potongan pajak, asuransi hingga pembuatan slip gaji akan dilakukan secara otomatis dengan tingkat akurasi dan keamanan yang sangat tinggi.

 

Baca Juga : Sistem Penggajian dari LinovHR: Hitung Gaji Otomatis dan Praktis

 

Modul Payroll LinovHR menawarkan beberapa kemudahan dalam administrasi penggajian perusahaan Anda, seperti:

  • Menyimpan informasi seluruh data bank yang terintegrasi dengan proses payroll perusahaan.
  • Memudahkan pembuatan dan pengiriman slip gaji.
  • Menyimpan seluruh metode pembayaran financial melalui fitur Payment Method.
  • Melakukan pengelompokkan komponen payroll berdasarkan kode akuntansi dengan fitur  Account Code.
  • Mengelola gaji pokok, tunjangan, BPJS, hingga dana pensiun dengan mudah.
  • Memudahkan dalam pengelompokan karyawan dalam hal penerimaan gaji.
  • Menampilkan laporan payroll dengan fitur E-Payroll.
  • Menghitung simulasi pembayaran pajak selama setahun.

 

Kebutuhan akan payroll online semakin hari kian tinggi diminati oleh perusahaan. Karena sistem ini akan sangat membantu perusahaan dalam melakukan perhitungan dan pembayaran gaji karyawan.  Agar tidak salah memilih, gunakan Modul Payroll dari LinovHR untuk membantu perusahaan dalam proses pengelolaan gaji dan komponen lainya.

Segera hubungi LinovHR dan jadwalkan demo sekarang juga! LinovHR.COM/Contact-Us/