pengembangan karir

Pentingnya Program Pengembangan Karir untuk Karyawan

Promosi atau kenaikan jabatan pada sebuah perusahaan adalah sesuatu yang lumrah terjadi. Hal tersebut adalah bentuk pengembangan karir yang dilakukan perusahaan kepada karyawannya. Pengembangan karir ini tentu menjadi suatu hal yang diinginkan oleh setiap karyawan karena umumnya semakin tinggi sebuah jabatan, maka semakin sejahtera juga kehidupannya. Bayangkan jika perusahaan tidak melalukan proses pengembangan karir, pasti karyawan akan pindah dan justru merugikan perusahaan itu sendiri karena harus sering melakukan rekrutmen.

 

Apa Itu Pengembagan Karir?

Menurut I Komang A, dkk (2012), pengembangan karir adalah peningkatan pribadi yang dilakukan seseorang untuk mencapai suatu rencana karir serta peningkatan oleh departemen HR untuk mencapai suatu rencana kerja sesuai dengan jalur atau jenjang organisasi.

Sejalan dengan pengertian tersebut, Sinambela (2016) juga mengatakan bahwa pengembangan karir adalah upaya yang dilakukan oleh organisasi dalam merencanakan karir pegawainya yang disebut sebagai manajemen karir, antara lain merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi karir.

Suatu pengembangan karir selayaknya dilakukan dengan perencanaan dan strategi khusus. Hal ini untuk menjamin pelaksanaanya sesuai dengan harapan dan target yang diinginkan baik oleh perusahaan ataupun karyawan. Untuk itulah, upaya pengembangan karir yang merupakan salah satu bentuk manajemen sumber daya manusia ini dilaksanakan melalui suatu program yang dikenal dengan sebutan Program Pengembangan Karir atau Career Development Program (CDP).

 

Program Pengembangan Karir

Program pengembangan karir merupakan upaya-upaya yang dilakukan perusahaan untuk memberikan kesempatan kepada karyawannya dalam meningkatkan performa kerja. Program pengembangan karir ini tidak harus berupa kegiatan-kegiatan besar yang rumit, melainkan cukup dengan cara-cara sederhana.

Menurut Samsudin (2010), desain program pengembangan karir dibedakan dalam tiga fase yaitu :

 

1.    Fase Pencernaan

Fase ini meliputi upaya penyelarasan rancangan karir karyawan dengan karir perusahaan. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pekerja dalam melaksanakan tugas.

 

2.    Fase Pengarahan

Fase ini dimaksudkan untuk membantu para pekerja agar mampu mewujudkan perencanaan karirnya menjadi nyata. Caranya bisa dengan pengarahan melalui konseling atau pendekatan menggunakan pelayanan informasi.

 

3.    Fase Pengembangan

Fase ini merupakan cara karyawan dalam mewujudukan kreativitas dan inistiatifnya untuk menduduki posisi pada masa mendatang. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti mentoring, pelatihan, rotasi jabatan, dan program beasiswa.

 

Lantas seperti apa program pengembangan karir dilaksanakan? Terdapat beberapa metode/cara yang lumrah dipakai dalam program pengembangan karir, yaitu :

 

1.    Pendidikan dan Pelatihan

Metode ini menjadi salah satu cara perusahaan untuk memperbaiki dan mengembangkan sikap, perilaku, keterampilan, serta pengetahuan dari karyawannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Bentuk-bentuk pendidikan dan pelatihan ini adalah seperti perencanaan karir, pembelajaran, rotasi pekerjaan, pelatihan dan bimbingan, bussines games, simulasi, magang, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: 7 Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM Untuk Perusahaan

 

2.    Promosi

Promosi menjadi bentuk program pengembangan karir yang diharapkan oleh karyawan karena mereka bisa mendapat jabatan dengan posisi yang lebih tinggi. Umumnya, promosi juga akan diikuti oleh tugas dan tanggung jawab yang lebih tinggi pula, namun semua akan sebanding dengan income dan fasilitas yang didapat. Pelaksanaan promosi tentu harus memperhatikan syarat-syarat seperto pengalaman, tingkat pendidikan, kejujuran, loyalitas, dan sebagainya.

 

Baca Juga: 7 Indikator Penilaian Dalam Promosi Jabatan

 

3.    Mutasi

Mutasi merupakan perubahan posisi/jabatan atau tempat bekerja yang dilakukan pimpinan perusahaan kepada karyawannya baik secara horizontal maupun vertical. Prinsip dari program mutasi ini adalah memindahkan karyawan ke posisi yang lebih tepat dengan pekerjaan yang sesuai sehingga produktivitas kerja bisa meningkat.

 

Pentingnya Program Pengembangan Karir untuk Karyawan

Pengembangan karir sangat berguna bagi perusahaan agar roda perusahaan bisa berjalan dengan baik karena ada rotasi jabatan yang terjadi di dalamnya. Selain itu, dengan adanya program pengembangan karir, perusahaan bisa menekan angka resign-nya karyawan. Dikutip dari forbes, penelitian The LinkedIn Global Job Seeeker Trends menunjukkan bahwa alasan utama karyawan berganti pekerjaan adalah karena kurangnya kesempatan untuk mengembangkan karir. Alasan utama mereka tertarik pada perusahaan baru adalah jalur karir yang kuat.

Tetapi tentunya program pengembangan karir ini sangat bermanfaat dan penting bagi karyawan. Beberapa keuntungan yang diperoleh karyawan dari program pengembangan karir ini adalah seperti :

 

1. Lebih Memahami Passion

Memahami passion yang dimiliki tentu penting bagi seorang karyawan untuk melakukan pengembangan diri sesuai kemampuan dan bakatnya. Dengan memahami passion, seorang karyawan juga dapat bekerja lebih produktif, kreatif, dan inovatif karena bekerja dengan semangat.

 

2. Jaminan Kesejahteraan

Memberikan suatu program pengembangan karir adalah bentuk jaminan kesejahteraan yang amat penting bagi karyawan. Terjaminnya kesejahteraan hidup akan membuat karyawan lebih loyal dalam bekerja. Pelatihan, pendidikan, bahwa beasiswa yang diterima karyawan menjadi modal untuk mereka berprestasi lebih tinggi.

 

3. Menambah Relasi Kerja

Perkembangan karir artinya karyawan akan berhubungan dengan orang-orang baru sesuai posisi/jabatannya baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan. Peluang relasi ini sangat penting untuk pengembangan diri yang bisa menjadi modal untuk menghadapi tantangan sosial di masa depan.

 

4. Meningkatkan Kepercayadirian

Mendapatkan pengembangan karir tentu menjadi amunisi diri bagi seorang karyawan untuk meningkatkan kepercayadiriannya. Rasa percaya diri ini akan sangat penting untuk karyawan agar mampu bersaing dengan perkembangan global.

 

Program pengembangan karir bagi karyawan adalah investasi strategis baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan. Program ini penting bagi karyawan karena bisa menjadi motivasi untuk mengembangkan diri dengan jaminan kesejahteraan yang secara bersama juga diterima.