perencanaan sumber daya manusia

Melakukan Perencanaan Sumber Daya Manusia Bersama LinovHR

Human Resource Department (HRD) tidak hanya berkutat dengan tugas administrasi karyawan. Peranan HRD mencakup berbagai macam hal termasuk perencanaan sumber daya manusia (SDM). perencanaan sdm ini dimaksudkan agar perusahaan mempunyai tenaga kerja yang benar-benar dibutuhkan untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Tanpa perencanaan yang jelas, perusahaan akan kesulitan untuk mengembangkan usahanya jauh lebih besar dan kokoh. 

Kini, perusahaan dapat merancang serta mengimplementasikan perencanaan sdm lebih efektif dan sistematis menggunakan Software HRD dari LinovHR. Mari cari tahu lebih dalam melalui pembahasan di bawah ini! 

 

rekrutmen

Pentingnya Perencanaan Sumber Daya Manusia 

Sederhananya, perencanaan sumber daya manusia adalah proses analisis mendalam mengenai kebutuhan tenaga kerja berikut dengan kualifikasi yang harus dimiliki tenaga kerja. Sehingga perusahaan dapat mencapai visi misi dengan maksimal. 

Karyawan sebagai sumber daya manusia adalah awal dari keberhasilan perusahaan. Karyawan yang unggul dapat membangun perusahaan, sedangkan karyawan yang mempunyai kinerja kurang baik dapat menurunkan kualitas perusahaan. Hampir semua kualitas operasional perusahaan dipengaruhi oleh tenaga kerja yang ada. Jadi, tidak heran jika banyak perusahaan melakukan perencanaan sdm dengan matang agar mendapatkan tenaga kerja yang membangun. 

Perencanaan sumber daya manusia adalah teknik penting yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan perusahaan. Hal ini berguna agar pemanfaatan sumber daya manusia berupa tenaga kerja dapat dilakukan secara maksimal. strategi perencanaan sdm sering dikaitkan dengan rekrutmen untuk mencari kandidat terbaik yang akan mengisi posisi tertentu. Ibaratnya, orang yang tepat berada pada waktu dan tempat yang tepat. 

 

Baca Juga: Pengertian Kompetensi dan Cara Meningkatkannya di Lingkungan Kerja

 

Melalui proses perencanaan sdm yang intensif, HRD akan memutuskan apakah akan melakukan rekrutmen internal atau eksternal. Tak hanya itu, HRD juga akan melakukan upaya peningkatan kemampuan karyawan berupa program pelatihan dan pengembangan karyawan. 

Perencanaan tenaga kerja yang mendalam akan menghasilkan peningkatan produktivitas maksimal. Hal ini akan memungkinkan kontribusi yang besar dari keseluruhan perkembangan perusahaan. Pihak perusahaan akan diuntungkan karena proses operasionalnya berjalan lancar sementara karyawan diuntungkan karena bisa mengalokasikan kemampuan terbaiknya dalam posisi yang tepat. 

 

Kemampuan Software HRD dari LinovHR untuk Perencanaan Sumber Daya Manusia 

Cara konvensional mengharuskan HRD menggunakan dokumen fisik dalam perencanaan sdm. Tentu saja cara tersebut tidak efektif dan praktis. HRD harus mencatat berbagai informasi di selembar kertas kemudian mengarsipkan dokumen tersebut. Cara konvensional macam ini juga sering menyulitkan HRD untuk mencari informasi dari perencanaan di periode sebelumnya. 

 

Baca Juga: 4 Hambatan yang Dihadapi Perusahaan dalam Pengambilan Keputusan

 

Ada cara yang lebih praktis dalam melakukan perencanaan sumber daya manusia, yaitu memanfaatkan Software HRD dari LinovHR. Dengan Software HRD dari LinovHR, perencanaan dapat dilakukan lebih sistematis dan terpusat. Sehingga tidak sulit lagi dalam mendokumentasikan informasi dan mencari informasi yang dibutuhkan. Kemampuan unggulan Software HRD dari LinovHR untuk strategi perencanaan sdm antara lain: 

  1. Merancang kebutuhan tenaga kerja sesuai kondisi perusahaan dan mengajukan rancangan tersebut melalui manpower planning request. Selanjutnya pengajuan akan diarahkan kepada atasan yang berwenang untuk disetujui. 
  2. Pengajuan rancangan sumber daya manusia yang telah disetujui oleh atasan akan ditampilkan pada fitur manpower plan. Ketika plan sdm sudah disetujui, maka HRD bisa menggunakannya langsung untuk rekrutmen karyawan. 
  3. Sebuah perencanaan yang baik memiliki periode waktu yang jelas. Software HRD dari LinovHR dapat membantu HRD menentukan periode perencanaan sdm melalui fitur manpower planning period. Umumnya periode yang ditetapkan adalah satu tahun. 

 

Sukseskan Perencanaan Sumber Daya Manusia Bersama LinovHR 

Mengandalkan cara konvensional dalam pengelolaan dan perencanaan seputar karyawan sudah bukan lagi pilihan utama. HRD harus dapat menyelaraskan kinerjanya dengan perkembangan teknologi yang kian pesat. LinovHR dapat menjawab semua kebutuhan perusahan mengenai teknologi pengelolaan tenaga kerja melalui Software HRD. 

Tampilan dan fitur yang dimiliki Software HRD dari LinovHR mudah dipahami sehingga HRD tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi. Tidak hanya itu. Seluruh informasi perencanaan dijamin keamanan dan kerahasiaannya dalam cloud based server.  Tunggu apalagi? Segera hubungi LinovHR untuk keterangan lebih lanjut!