Software HRD dan Payroll

7 Software HRD dan Payroll untuk Kelola Mudahkan Karyawan

Mengelola karyawan adalah tanggung jawab utama divisi HRD. Kendala utama yang dihadapi HRD dalam pengelolaan karyawan adalah jumlah karyawan yang banyak dan keberagaman informasi karyawan yang begitu rumit. Tidak jarang tugas HRD yang membutuhkan fokus dan analisis mendalam jadi terbengkalai karena tugas administrasi yang memakan waktu. Untungnya, perusahaan bisa mengandalkan Software HRD dan Payroll. 

Adanya Software HRD dan Payroll  bukan untuk menggantikan keberadaan HRD. justru sebaliknya, penggunaan software dalam pengelolaan karyawan dapat mengoptimalkan kinerja HRD.

Namun tidak semua perusahaan mampu mengembangkan sistem software  sendiri. Jika kondisinya seperti itu, perusahaan bisa memilih menggunakan jasa software HRd dan Payroll yang ditawarkan banyak vendor di luar sana. 

Manakah yang harus HRD pilih? Di bawah ini adalah rekomendasi Software HRD dan Payroll  yang dapat perusahaan Anda pertimbangkan. 

 

LinovHR Payroll

payroll

 

Penggajian bulanan dalam perusahaan melibatkan banyak komponen gaji yang harus diolah, dikelompokkan, dan dihitung agar menghasilkan gaji yang siap diterima karyawan. Sering kali keberagaman komponen ini membuat HRD merasa pusing dan membuat perhitungan gaji menjadi keliru. 

LinovHR adalah vendor Software HRIS (Human Resource Information System) yang berpengalaman dalam menangani sistem penggajian perusahaan melalui Software Payroll. Keunggulan dari Software Payroll LinovHR antara lain: 

 

  • Data dan informasi karyawan dijamin keamanan dan kerahasiaannya.  
  • Mudah digunakan oleh non praktisi IT sekalipun
  • Dapat membuat laporan dan slip gaji otomatis
  • Tampilan user friendly, sehingga HRD dapat beradaptasi lebih cepat
  • Dapat diakses online maupun offline

 

Baca Juga: Monitoring Peningkatan Kinerja Melalui LinovHR

 

Software HRD LinovHR

software hris

 

Selain menawarkan Software Payroll, LinovHR juga menawarkan Software HRD yang mempunyai berbagai macam modul yang dapat membantu pengelolaan SDM, seperti  proses onboarding, rekrutmen, absensi karyawan, dan lain-lain. Dengan menggunakan software, HRD bisa memfokuskan diri kepada tugas lain yang memerlukan administrasi. 

Keunggulan utama dari Software HR Indonesia LinovHR adalah jaminan keamanan data dan informasi karyawan. Semua informasi dan data karyawan hanya digunakan untuk keperluan pengelolaan SDM. Jadi, perusahaan tidak perlu khawatir mengenai adanya penyalahgunaan data dan informasi. 

Fitur yang ada dalam Software HRD dan Payroll dari LinovHR cukup lengkap, yaitu: 

 

  • Performance Management
  • Organizational Management
  • Personnel Management
  • Payroll
  • Recruitment
  • Competency Management
  • Time Management
  • Reimbursement
  • Succession Management
  • Learning and Development
  • Employee Self Service
  • Loan

 

Page Up

Page Up mempunyai visi dan misi untuk menghubungkan setiap jajaran dalam perusahaan dengan karir yang menjanjikan melalui manajemen talenta. Jika HRD ingin memaksimalkan pengelolaan SDM dari segi rekrutmen, pengaturan sistem kerja, dan membangun employer branding, maka Page Up adalah pilihan yang tepat. 

Namun, sayangnya ruang lingkup Page Up hanya berfokus dalam pengelolaan talenta dan tidak mendukung aspek pengelolaan karyawan yang lain seperti penggajian, pelatihan dan pengembangan karyawan, reimbursement, dan sebagainya. 

 

Lattice

Karyawan adalah aspek penting bagi perkembangan perusahaan. Hal ini disadari oleh Lattice, salah satu penyedia Software HRD terkemuka dunia. Lattice mendukung pengelolaan karyawan melalui sistem canggih dengan berpegangan kepada nilai-nilai keberagaman atau diversity karyawan. Melalui kolaborasi antara sistem dan nilai tersebut, diharapkan suatu perusahaan dapat memaksimalkan segala potensi dari sisi pengelolaan tenaga kerja. Lattice sendiri memiliki head office di San Francisco, Amerika Serikat. 

 

Gusto

Selain itu contoh di atas, ada juga Gusto yang menawarkan Software HRD yang dapat membantu HRD memaksimalkan pengelolaan kerja. Layanan yang ditawarkan oleh Gusto adalah otomatisasi payroll, time tracking, people management, dan lain-lain. Tarif dasar yang dikenakan oleh Gusto adalah Rp 500.000 – Rp 2.200.000 perbulan. Harga tersebut belum termasuk biaya untuk per karyawan. Hal ini dinilai cukup mahal bagi perusahaan skala kecil dari dalam negeri. 

 

Personio

Berdiri pada tahun 2015 di Jerman, Personio menyediakan Software HRD dengan tujuan utama untuk membantu HR profesional lebih fokus kepada pengembangan karyawan. Personio percaya bahwa digitalisasi dalam pengelolaan karyawan adalah awal yang tepat untuk memulai optimalisasi pemberdayaan SDM. Kekurangan yang paling terlihat dari Personio adalah tidak tersedianya modul atau fitur untuk mendukung proses pelatihan dan pengembangan karyawan. 

 

Baca Juga: Jenis Struktur Organisasi HRD untuk Berbagai Perusahaan

 

Paylocity

Rekomendasi Software HRD dan Payroll yang terakhir adalah Paylocity asal Amerika Serikat. Modul yang disajikan oleh Paylocity cukup lengkap dan dapat membantu HRD untuk memaksimalkan kinerja HRD. Paylocity berpengalaman dalam menangani perusahaan dari berbagai skala dan industri. Inilah yang membuat keandalan Paylocity tak perlu diragukan. Pasalnya, harga yang ditawarkan oleh Paylocity masih tergolong sangat mahal mengingat asal Paylocity merupakan dari luar negeri. 

Implementasi Software HRD dan payroll adalah permulaan yang tepat bagi HR untuk memaksimalkan pengelolaan karyawan.

Dengan memilih Software yang tepat, HRD dapat mengurangi berbagai permasalahan yang ada dalam kinerja sehari-hari dan meningkatkan fokus kerja. Alhasil, kinerja HRD jauh efektif dan efisien serta berpengaruh signifikan terhadap karyawan lain keseluruhan. Semoga informasi di atas dapat membantu!