software penggajian karyawan

Software Penggajian Karyawan: Kelola Payroll dan Kehadiran Jadi Akurat

Salah satu kegiatan HRD yang paling kompleks adalah mengelola absensi dan penggajian. Maka dari itu, ada banyak perusahaan yang sudah mengandalkan software penggajian karyawan serta software absensi agar bisa memaksimalkan proses kerja. Bagaimana software absensi dan penggajian bisa melaksanakan itu semua? Simak ulasannya di bawah ini!

 

Apa itu Software Absensi dan Penggajian Karyawan?

Implementasi software pada pengelolaan karyawan merupakan salah satu solusi yang paling tepat untuk meningkatkan kualitas kerja HRD. 

Software absensi merupakan piranti lunak atau sistem dengan kemampuan mengelola kehadiran karyawan dalam sistem terpusat. Tidak hanya itu, software absensi juga dapat membuat laporan kehadiran karyawan dalam waktu yang cepat. 

Sementara itu, software penggajian karyawan adalah perangkat lunak yang mengelola database payroll seluruh karyawan dalam perusahaan. Software ini mampu memproses penggajian karyawan secara serentak serta menyimpan informasi karyawan terkait penggajian. 

Kehadiran software absensi dan penggajian dapat memperlancar proses pekerjaan HRD. Dengan begitu, tak ada salahnya untuk mempertimbangakan penggunaan software ini dalam perusahaan. 

 

Sinkronisasi Data Absensi

Walau mempunyai fungsi yang berbeda, software absensi dan software penggajian saling berkaitan satu sama lain. Hal ini cukup wajar mengingat proses penggajian bulanan membutuhkan data kehadiran karyawan. 

Software penggajian karyawan akan “menarik” data dari software absensi setiap proses penggajian bulanan. Sehingga HRD pun tidak perlu melakukan input data kehadiran manual ke dalam sistem penggajian.  

Adanya sinkronisasi data kehadiran ini dapat membantu HRD untuk memproses penggajian jauh lebih cepat dan akurat. Sebab, dibandingkan dengan proses input manual, sinkronisasi data juga meminimalisir kesalahan input atau human error pada pekerjaan HRD sehari-hari. 

 

Baca Juga: Cari Software Absensi dan Penggajian? LinovHR Solusinya!

 

Kemampuan Software Penggajian Karyawan 

Berbeda namun berhubungan, software absensi dan penggajian. Apa saja sih sebenarnya kemampuan dari software absensi dan penggajian? 

 

Membuat Laporan Otomatis

Seperti yang diketahui, proses laporan bisa diotomatisasi menggunakan software. Adapun laporan yang bisa dihasilkan adalah laporan gaji dan laporan absensi. Kedua laporan ini dapat membantu HRD dalam melakukan penilaian maupun penyusunan strategi untuk pengelolaan karyawan. 

 

Mencetak Slip Gaji Secara Cepat

Slip gaji tidak wajib untuk dibuat tiap bulannya oleh HRD. Namun, karyawan dapat meninta slip gaji ketika dibutuhkan. Slip gaji ini akan berguna bagi karyawan untuk berbagai keperluan seperti mengajukan kredit atau melamar pekerjaan baru.

Adanya software penggajian ini dapat memudahkan HRD memproses dan mencetak slip gaji secara cepat dan akurat dibandingkan mengandalkan cara manual. 

 

Menghitung Gaji dan Pajak Penghasilan

Salah satu tugas lain dari HRD adalah memproses pajak penghasilan di samping gaji karyawan. Pajak penghasilan setiap bulannya akan dipotong dari gaji karyawan sesuai penghasilan, status pernikahan dan jumlah tanggungan karyawan. Nantinya pajak ini akan langsung disetorkan kepada dinas terkait. 

 

Menghitung Uang Lembur dan Reimburse

Ada kalanya karyawan harus bekerja lebih dari waktu kerja normal atau lembur serta mengeluarkan dana untuk kepentingan perusahaan dari kantong pribadi. HRD dapat menghitung uang lembur dan reimburse menggunakan software penggajian. Khusus untuk lembur, data lembur karyawan pun didapatkan dari software penggajian. 

 

Baca Juga: 10 Cara Menyukseskan Manajemen Penggajian ala LinovHR

 

Software Absensi dan Penggajian LinovHR: Solusi Terbaik untuk Kelola Payroll dan Absensi

Dari ulasan singkat di atas, bisa dikatakan bahwa software absensi dan penggajian adalah solusi tepat untuk perusahaan Anda. Ada banyak software absensi dan penggajian karyawan gratis di luar sana. Namun apakah software absensi dan software penggajian karyawan gratis sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda? Belum tentu!

LinovHR adalah solusi bagi software absensi dan software penggajian karyawan yang dapat digunakan perusahaan Anda.

Fitur-fitur yang tersedia dalam software absensi dan penggajian dari LinovHR antara lain: 

 

  1. Payment Method: menentukan metode pembayaran gaji yang akan digunakan perusahaan. 
  2. Payroll Component: menentukan dan mengelola komponen penggajian. 
  3. Payroll Group: mengelompokkan data payroll berdasarkan komponen tertentu. 
  4. Payroll Process: memproses payroll secara otomatis dan serentak untuk banyak karyawan. 
  5. E- Payroll: menyusun laporan penggajian otomatis. 
  6. Salary Slip: menghasilkan slip gaji untuk karyawan, di mana HRD bisa memilih untuk mencetaknya atau mengirimkan via email. 
  7. Tax Calculator: menghitung estimasi pajak penghasilan yang harus diproses oleh perusahaan dalam waktu setahun. 
  8. Timesheet: untuk memproses waktu kehadiran karyawan yang akan dibandingkan dengan jadwal kerja yang sudah disusun sebelumnya. 

 

Dan masih ada banyak fitur lainnya yang mampu membantu proses pengelolaan absensi dan penggajian! 

 

4 Manfaat Menggunakan LinovHR untuk Kelola Gaji dan Absensi

Jika ditarik ulasan dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa penggunaan software absensi dan penggajian dari LinovHR tentu menguntungkan bagi perusahaan. 

Tim layanan LinovHR mampu bekerja secara sigap dan tanggap dalam melayani berbagai kebutuhan perusahaan Anda terkait pengelolaan karyawan. 

Inilah beberapa manfaat dalam menggunakan software dari LinovHR untuk proses penggajian dan absensi! 

 

apa itu payroll

 

Aman dan rahasia

LinovHR menjamin semua data dan informasi yang dikelola untuk manajemen absensi dan penggajian aman. Semua itu berkat adanya cloud based server. Jadi, perusahaan tidak perlu ragu akan keamanan dan kerahasiaan data karyawan.

 

Fleksibel

Tak hanya itu, software dari LinovHR juga dapat digunakan di mana saja dan kapan saja. Hal ini akan mempermudah HRD untuk mengerjakan tugasnya bahkan ketika sedang bekerja dari rumah. 

Cepat dan Akurat. Berkat adanya otomatisasi sistem, proses pengelolaan dan perhitungan pun menjadi cepat serta akurat dibandingkan proses manual yang memakan waktu lama. 

 

Hemat

Bayangkan jika Anda masih harus bertahan dengan proses manual yang membutuhkan banyak kertas. Pastinya akan menggunung dan membutuhkan banyak biaya untuk membeli kertas. Namun, dengan adanya software dalam proses pengelolaan absensi dan penggajian, perusahaan bisa lebih hemat karena tidak membutuhkan kertas sama sekali. 

 

Ingin tahu lebih banyak mengenai software absensi dan software penggajian karyawan dari LinovHR? Klik tautan berikut ini untuk mengajukan demo software dari LinovHR!