Struktur organisasi

Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan Dan Tugas Tiap Jabatan

Perkembangan sebuah perusahaan tak dapat lepas dari adanya struktur organisasi dalam perusahaan tersebut. Terkadang sebuah perusahaan yang baru mulai meremehkan pembentukan struktur organisasi perusahaan, akan sulit untuk berkembang jangka panjangnya. Di sini perlu pemikiran yang serius ketika Anda akan membangun perusahaan. Pikirkanlah terlebih dahulu fondasi atau dasar dari sebuah perusahaan dibentuk.

Selain adanya kemauan untuk bekerja, struktur organisasi perusahaan sangat penting menjadi dasar berdiri dan berkembangnya sebuah usaha. Ini akan membuat perusahaan berjalan dengan baik dan memiliki kinerja yang optimal. Dengan demikian perusahaan akan memberikan hasil keuntungan bagi pemilik dan karyawan yang bekerja.

Seandainya, dalam membantu mencapai target perusahaan jangka waktu dekat perusahaan Anda mampu berkembang dan memiliki jumlah karyawan yang banyak maka Anda tidak akan keteteran dalam menjalankan dan melakukan kontrol kepada perusahaan tersebut, karena sudah ditunjang oleh struktur organisasi perusahaan yang baik.

Struktur organisasi perusahaan yang baik juga didukung oleh pembagian tugas yang jelas bagi masing- masing jabatan yang ada. Supaya pekerjaan yang dikerjakan berjalan dengan teratur dan efisien.

Baca Juga: Struktur Organisasi Yang Ideal Untuk Perusahaan Startup

Beberapa keuntungan yang didapat jika perusahaan memiliki sistem organisasi yang baik adalah;job descriptionkaryawan jelas, kejelasan koordinasi antar fungsi serta pembagian wewenang dan tanggung jawab antar departemen, mengurangi konflik internal yang terjadi di dalam perusahaan, membuat moral dan motivasi kerja karyawan meningkat karena adanya jenjang karier yang jelas dan membantu mencapai target perusahaan.

Pada umumnya struktur organisasi yang mudah dibuat dan diterapkan dalam perusahaan berdasarkan pola kerja, tanggung jawab di dalam perusahaan tersebut. Pembentukan struktur organisasi yang sederhana dapat dilakukan seperti ini.

Direktur

Adalah pimpinan tertinggi sebuah perusahaan yang memimpin beberapa manajer yang ada di bawahnya seperti manajer pemasaran, manajer keuangan, manajer bagian produksi. Tugas seorang direktur adalah mengembangkan perusahaan secara menyeluruh, bertanggung jawab penuh atas seluruh karyawan dan pengembangan jangka panjang perusahaan, dapat mengangkat dan memberhentikan manajer, mengambil keputusan-keputusan penting dalam perusahaan. Di samping itu seorang direktur sebaiknya orang yang mempunyai banyak ide segar yang dapat membantu perusahaan berkembang dan bersaing di dunia usaha.

Manajer Pemasaran atau Marketing

Manajer pemasaran biasanya membawahi bagian penjualan. Jika sebuah perusahaan tidak memiliki manajer penjualan yang handal, dapat dipastikan itu akan mengganggu kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Dalam hal ini manajer pemasaran yang handal mampu bertanggung jawab pada sisi penjualan perusahaan dan bertanggung jawab kepada direktur. Tugas umum seorang manajer penjualan adalah: membuat metode pemasaran yang strategis dan berkembang, memonitoring dan mengarahkan sistem pemasaran dan penjualan yang sedang berlangsung, memberikan inputan yang positif kepada pihak perusahaan yang terkait dengan pemasaran. Terkadang manajer pemasaran juga mengambil keputusan tentang stok dan pengadaan barang berkaitan dengan pemasaran yang ada.

Baca Juga: 10 Alasan HRD Harus Memposisikan Diri Layaknya Marketing

Manajer Administrasi Dan Keuangan

Adalah bagian dalam perusahaan yang mengurus administrasi pembukuan dan keuangan yang keluar dan masuk. Manajer administrasi dan keuangan bertanggung jawab langsung kepada direktur. Tidak ada pergerakan data dan uang dalam perusahaan yang tidak diketahui oleh manajer administrasi dan keuangan ini. Tugas seorang manajer administrasi dan keuangan adalah mengawasi keuangan perusahaan, mengumpulkan dan melakukan pendataan terhadap faktur penjualan dan faktur pembelian, mempelajari aktivitas keuangan perusahaan.

Manajer Gudang

Adalah bertugas sebagai penjaga stok barang jika ada dalam gudang atau melakukan transaksi pembelian. Tugasnya adalah mengawasi penerimaan dan pengeluaran barang dari gudang. Melakukan pencocokan stok barang yang keluar dan masuk. Memberikan kebijaksanaan tentang aktivitas di gudang.

Efisiensi kerja sebuah perusahaan bergantung pada pemahaman setiap posisi departemen yang dipimpin setiap manajer ini. Setiap manajer harus mampu mengayomi anak buahnya dengan baik supaya bekerja dengan optimal, ini akan membuat perusahaan lebih nyaman dan mengurangi konflik.