tes CPNS 2021

Minat Jadi PNS? Pahami Tahapan Tes CPNS 2021!

Siapa yang ingin menjadi PNS? Tes CPNS 2021 saat ini hendak dibuka. Apakah Anda sudah siap? Menjadi seorang PNS memang menjadi pekerjaan idaman seluruh masyarakat terutama para fresh graduate.

 

Terdapat 26 kementerian dan lembaga yang buka pendaftaran untuk tes CPNS 2021. Apa saja?

 

  1. Kementerian Perhubungan
  2. Kementerian Luar Negeri RI
  3. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI
  4. Kementerian Kelautan dan Perikanan
  5. Kementerian Perindustrian
  6. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
  7. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  8. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
  9. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi
  10. Kementerian Badan Usaha Milik Negara
  11. Kementerian Agama
  12. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
  13. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
  14. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  15. Kementerian Pertanian
  16. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
  17. Kepolisian Republik Indonesia
  18. Badan Pemeriksa Keuangan
  19. Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas)
  20. Kejaksaan RI
  21. Dewan Perwakilan Rakyat
  22. Badan Siber dan Sandi Negara
  23. Badan Standardisasi Nasional
  24. Badan Pengawas Obat dan Makanan
  25. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional
  26. Badan Pengawas Pemilu

 

Walaupun banyak kementerian dan lembaga yang buka, bukan berarti peluang keterima juga besar.

Banyaknya peminat seluruh Indonesia hingga ribuan pendaftar membuat Anda harus mempersiapkan diri untuk tes CPNS. Mari kita simak persiapan dan tahapan tesnya!

 

Baca Juga: Mengintai Karyawan, Berikut 8 Penyakit Akibat Kerja dan Kelelahan Berlebih!

 

Persiapan Sebelum Menjalani Tes CPNS

Jika mendengar tes CPNS biasanya langsung takut dan grogi duluan. Jangan takut! Kali ini akan diberikan tips persiapan sebelum menjalani tes CPNS yang dapat Anda terapkan.

 

Membuat Timeline Belajar dan Tes

Sebelum memulai belajar, buatlah timeline belajar dan tes CPNS. Bisa ditulis di kertas dan ditempel di mading atau dijadikan wallpaper  dalam smartphone Anda sebagai pengingat.

Bisa dimulai dengan membuat timeline seluruh alur tes dan membuat timeline belajar. Misalnya mulai belajar dengan topik kebangsaan di hari Senin, tes intelegensi di hari Selasa, TPA di hari Rabu, dan lain sebagainya sesuai dengan kemampuan Anda. Namun jangan lupa juga membuat hari libur agar Anda tidak mudah burnout.

 

Sering Latihan Soal atau Ikut Tryout

Latihan soal atau ikut tryout merupakan salah satu cara untuk mengasah sejauh mana kemampuan dan belajar Anda selama ini. Hal ini juga menjadi alat bantu sebagai kisi-kisi saat tes nanti. Karena dua tahun terakhir, inti soal dari tes CPNS tidak banyak yang berubah.

Tips lainnya yang dapat Anda ikuti yaitu selama mengisi latihan soal, Anda dapat membuat batas waktu agar terbiasa dengan limit waktu saat tes nanti. 

 

Mempersiapkan Fisik

Selain belajar, kesehatan fisik juga penting dipersiapkan untuk tes nanti. Walaupun sibuk belajar, namun jangan terlalu sering begadang, minimal 7 jam untuk istirahat tidur.

Beri waktu juga untuk olahraga agar badan tetap prima. Perbanyak minum air putih dan makan sayur dan buah. 

 

Mempersiapkan Mental

Jangan menyepelekan persiapan mental! Banyak yang gagal dalam tes CPNS karena mentalnya yang kuat. Yakinkan diri bahwa Anda siap apapun yang terjadi, perbanyak doa, serta minta restu dengan orang tua dan kerabat.

 

Baca Juga: 4 Task Management Skill untuk Kelancaran Kinerja

 

6 Tahapan Tes CPNS 2021

Dalam seleksi tes CPNS, terdapat enam tahapan yang harus Anda lalui untuk menjadi PNS di kementerian atau lembaga impian Anda. Simak dan jangan sampai terlewat!

 

1. Seleksi Administrasi

Ini merupakan tahapan awal untuk mengikuti tes CPNS. Anda mendaftar dan melakukan seleksi administratif dalam website sscn.bkn.go.id. Mulai dari pendaftaran akun, mengunggah dokumen yang dibutuhkan, dan verifikasi.

Dokumen yang dibutuhkan seperti ijazah, kartu keluarga, kartu tanda penduduk, transkrip nilai terakhir, pas foto, dan dokumen lain yang dibutuhkan sesuai dengan kementerian atau lembaga yang dituju.

 

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Setelah lulus seleksi administrasi, Anda akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tes SKD di tahun 2021 dilakukan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).

Dalam tahap ini terdapat tiga tes yang akan dilaksanakan yaitu :

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) : materi yang akan diuji dalam TWK yaitu terkait dengan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa Indonesia dengan jumlah soal 30.
  • Tes Intelegensia Umum (TIU) : materi yang akan diuji dalam TIU yaitu kemampuan verbal, numerik, dan figural dengan jumlah soal 35.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) : sebagai penilaian individu baik secara sosial, hubungan kerja, informatika, dan profesionalisme dengan jumlah soal 35.

 

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Setelah lulus SKD, Anda dapat melaju ke tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tes SKB di tahun 2021 juga menggunakan metode CAT.

Terdapat 2 materi yang diujikan dalam tes ini. Pertama, bidang jabatan fungsional yang akan disusun oleh pembina jabatan instansi terkait. Dan kedua, bidang jabatan pelaksana yang materinya lebih terkait dengan jabatan fungsional terkait instansi tersebut.

Dalam SKB, terdapat lima tes yang akan dijalani yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Praktik Kerja, Tes Bahasa Asing, Tes Fisik, dan Psikotes.

 

4. Integrasi Nilai

Setelah Anda lulus dari kedua tes, integrasi nilai merupakan penentuan nilai berdasarkan regulasi yang ada. Ketentuan tersebut adalah bobot tes SKD yaitu 40 persen dan tes SKB yaitu 60 persen. Cara penilaiannya adalah total hasil kedua tes tersebut.

Cara penghitungan masing-masing total tes yaitu :

 

  • Total SKD : (skor yang diperoleh / 500) x bobot SKD 40%
  • Total SKB : 60% SKB 1 + 40% SKB 2

 

Baca Juga: Jenis dan Pangkat Golongan PNS Terbaru

 

5. Pengumuman Kelulusan

Setelah melalui keseluruhan tes yang ada, Anda dapat memeriksa kelulusan melalui website kementerian atau lembaga yang Anda daftarkan. Kelulusan ini berdasar pada nilai tertinggi kumulatif dari tes SKD dan tes SKB.

 

6. Pemberkasan

Setelah dinyatakan lulus, Anda akan diminta untuk melengkapi dokumen pendukung sesuai kebijakan kementerian atau lembaga terkait.

 

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengikuti tes CPNS 2021? Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu dalam mencapai karir impian!