Talent Management

Talent Management System Dan Manfaatnya Untuk Perusahaan

Mengelola berbagai macam proses HRD terkadang bisa seperti bermain lempar tangkap bola. Antara merekrut kandidat yang tepat, memasukkan dalam program orientasi, sampai ke peralihan kepemimpinan, banyak yang harus dilakukan. Memiliki Talent Management System atau TMS yang tepat bisa menyelaraskan semua proses HR Anda. Ada 7 cara TMS bisa bermanfaat untuk perusahaan Anda.

 

1. Berbagi Data

Talent Management System yang tepat bisa mengintegrasikan dan menyelaraskan proses-proses utama dalam HR. Sementara banyak data yang dikumpulkan oleh HRIS disimpan dan terkadang bisa sulit untuk dianalisa, suatu sistem TMS yang terpadu berbagi data untuk keseluruhan sistem dan memberi kemudahan akses. Ini memberikan pengertian yang lebih jelas tentang arti data tersebut bagi perusahaan dan memampukan Anda membuat keputusan-keputusan bisnis yang strategis.

 

Baca Juga: Mengapa Perusahaan Membutuhkan Aplikasi HRD?

 

2. Proses Rekrutmen Yang Tepat Sasaran

Memiliki Talent Management System yang tepat bisa membantu Anda merekrut kandidat-kandidat potensial dan bertalenta yang dicari oleh banyak perusahaan. Dengan menyatukan semua tugas seperti memasang deskripsi kerja, memonitor aplikasi, dan membuatnya mudah untuk mengelola penawaran, sebuah TMS menyelaraskan proses rekrutmen Anda. Anda bisa lebih fokus pada kandidat itu sendiri dari pada prosesnya.

 

3. Pengalaman Orientasi Yang Lebih Baik

Pendekatan yang lebih terorganisir dan efisien untuk orientasi dan adaptasi karyawan baru bisa tercapai melalui TMS. Anda bisa membuat profil karyawan yang mengandung semua informasi dan data yang dikumpulkan selama proses rekrutmen dan wawancara. Otomatisasi pekerjaan administrasi karyawan baru bisa menghemat waktu yang Anda dan karyawan tersebut sehingga Anda bisa lebih fokus kepada kandidat.

 

4. Mempertahankan Karyawan Terbaik

Saat Anda sudah menemukan dan memiliki karyawan-karyawan dengan kinerja tinggi, Anda harus mempertahankan mereka. Dengan semua informasi karyawan disimpan dalam satu platform dan diatur rapi menjadi profil online, Anda bisa memonitor evaluasi kinerja, gol-gol, keahlian, dan aspirasi karir untuk memastikan mereka senang dan di jalur yang tepat. Talent Management System yang tepat bisa mengumpulkan semua informasi yang mudah untuk dianalisa dan membuat laporan mengenai karyawan yang perlu pengembangan, monitoring, dan promosi jabatan.

 

5. Pengembangan Karyawan

Talent Management System yang baik dan terpadu harus ada opsi untuk pembelajaran dan pengembangan karyawan. Sistem ini memampukan karyawan untuk mengambil kursus atau pelatihan, mengembangkan kemampuan, dan dalam beberapa hal mengikuti sertifikasi yang sesuai dengan perkembangan profesional mereka. Solusi TMS juga mengumpulkan data mengenai skill yang dimiliki karyawan dan memudahkan HRD untuk memberikan training yang sesuai dan karyawan bisa mengaksesnya melalui profil pribadi mereka.

 

6. Pengalaman Karyawan Yang Lebih Baik

Tingkat keluar masuk karyawan yang tinggi atau turnover adalah sesuatu yang merugikan perusahaan. TMS yang terintegrasi dengan aplikasi slip gaji atau payroll meningkatkan pengalaman karyawan dengan mereka bisa mengakses slip gaji, permintaan cuti, dan izin sakit. Struktur organisasi juga bisa dimasukkan agar karyawan tahu struktur manajemen dan pelaporan dalam perusahaan.

 

7. Peningkatan Interaksi Karyawan dengan Manajer

Jika Anda ingin terjadi peningkatan interaksi dalam perusahaan, Talent Management System yang baik bisa menolong. Profil karyawan memberi bahan interaksi antara karyawan dengan manajer sehubungan dengan perkembangan profesional karyawan tersebut. TMS yang terintegrasi mendorong mereka untuk lebih komitmen dalam perusahaan dan -menyelaraskan pekerjaan harian mereka dengan tujuan-tujuan bisnis sementara tetap memperhatikan gol-gol pribadi mereka.

 

Investasi Talent Management System yang tepat membantu Anda lebih strategis, informatif, dan membebaskan waktu untuk fokus kepada karyawan yang sudah ada atau akan direkrut. LinovHR sebagai Software HR di Indonesia juga fokus untuk menunjang strategi Talent Management di Perusahaan anda.