disiplin kerja

Tingkat Disiplin Kerja Rendah? Terapkan Aturan Ini

Disiplin kerja merupakan hal yang harus dimiliki oleh seluruh karyawan dalam perusahaan. Tanpa adanya kedisiplinan, akan sangat sulit perusahaan bisa berkembang. Karena bagaimanapun juga Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan merupakan aset penting yang akan jadi motor penggerak perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah dibuat. Lantas, bagaimana bila tingkat disiplin kerja rendah? Terapkan aturan ini.

1.Buatlah job description pekerjaan yang jelas

Job description atau gambaran dari pekerjaan merupakan hal pertama yang perlu perusahaan buat. Terapkan jobdesc pada karyawan sesuai dengan posisinya masing-masing. Apalagi bila perusahaan sudah terbilang maju, jangan sampai melimpahkan pekerjaan pada karyawan yang bukan dalam posisinya. Jobdesc juga akan membantu para karyawan mengetahui apa yang harus dikerjakannya, ini akan memaksimalkan kinerja karyawan dan membantunya disiplin dalam posisi kerjanya.

2.Terapkan waktu kerja yang jelas, berikan sanksi bila perlu

Perusahaan juga mesti bisa menerapkan waktu kerja yang jelas. Misalnya saja, kapan karyawan harus masuk bekerja, kapan waktu pulang, dan bagaimana aturan bila harus lembur. Semua waktu-waktu tersebut harus diatur dengan baik, guna membantu karyawan agar tidak bekerja seenaknya. Kecuali bila memang perusahaan membebaskan karyawan masuk pukul berapa saja asalkan bisa memenuhi 8 jam kerja, itu tidak masalah. Bila aturan mengenai waktu sudah dibuat, aplikasikasikan pada karyawan, berikan sanksi bila memang diperlukan agar bisa mendisiplinkan para karyawan di perusahaan.

 

Baca Juga :Lakukan hal ini jika manajemen waktu anda bermasalah saat bekerja

 

3.Tidak melarang karyawan menyampaikan ide

Disiplin kerja karyawan terkadang juga akan terganggu karena ia merasa tidak dibiarkan untuk mengembangkan idenya. Jangan sampai karyawan malah mengembangkan ide di luar perusahaan, dan tidak lama ia memilih keluar karena aturan yang terlalu mengekang dari perusahaan sebelumnya. Sebaiknya hindarilah hal ini, biarkan karyawan menyampaikan ide yang dia miliki. Hal ini bisa sangat membantu perusahaan bila memang idenya bisa dikembangkan, bila cocok.

4.Memberikan reward

Perusahaan juga jangan sampai mengira, bila membuat sebuah peraturan yang sangat tegas akan membantu karyawan memiliki disiplin kerja yang tinggi. Perusahaan harus menyadari, bahwa manusia pada dasarnya memang akan sulit diatur dan adanya peraturan dapat membuat orang merasa tertekan. Oleh sebab itu, perusahaan harus menjadikan karyawannya merasa termotivasi agar bisa mengikuti peraturan yang telah diberikan, caranya bisa dengan menerapkan aturan reward.

Reward merupakan apresiasi perusahaan pada karyawan. Sekecil apapun pencapaian yang didapatkan perusahaan, sebaiknya berikanlah apresiasi agar bisa termotivasi untuk lebih baik dan meningkatkan disiplin kerja kedepannya. Misalnya saja, perusahaan akan memberikan bonus pada karyawan yang sama sekali tidak pernah terlambat masuk kerja selama 1 bulan penuh. Atau aturan pemberian bonus bila karyawan berhasil melakukan pekerjaannya dengan baik.

 

Baca Juga :Contoh reward dan punishment yang ada di dalam perusahaan

 

Namun, dari ke-4 aturan di atas, hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah menjadi contoh untuk karyawan lain. Saat pimpinan perusahaan atau HRD sudah membuat sebuah aturan maka jangan hanya diterapkan pada karyawan saja, namun pimpinan dan HRD pun harus melakukannya. Jangan sampai karyawan malah menganggap remeh pimpinannya sendiri dan membicarakan di belakang sebab pimpinannya yang tidak mengikuti aturan. Jadilah pimpinan yang terhormat yang bisa menginspirasi karyawan lainnya.

Itulah 4 aturan yang bisa diterapkan untuk meningkatkan disiplin kerja karyawan  dalam perusahaan. Buatlah aturan yang wajar namun tetap bisa meningkatkan semangat kerja para karyawan, jangan sampai aturan malah membuat karyawan merasa tertekan.