software hrd terbaik

Lagi cari Software HRD Terbaik? Simak Tips Memilih Software HR

Apa itu Software HR?

Software HR adalah suatu sistem yang tersusun secara sistematis untuk memproses dan menyimpan data karyawan. Semua data tersebut diproses dan diolah sedemikian rupa demi membantu tim Human Resource menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh Software HR adalah menghitung pajak dan penggajian bulanan karyawan, absensi, pengajuan cuti, dan lain sebagainya. Software HR bekerja dengan sistematis dan otomatis sehingga tidak perlu diragukan keakuratannya. Selain itu, semua data karyawan dalam Software HR juga dijamin kerahasiaannya dengan tingkat keamanan yang berlapis. 

 

Kenapa Harus Menggunakan Software HR Terbaik?

Sebuah tim HR memiliki segudang tugas berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia berupa karyawan. Tentu saja, dalam pengelolaan sumber daya manusia tersebut terdapat berbagai macam dinamika yang berbeda dari tiap karyawan. Contoh nyatanya adalah menurunnya kinerja karyawan, konflik dalam divisi, rekrutmen karyawan baru, dan lainnya.  Hal tersebut menambah beban kerja tim HR dan membuat tim HR kurang fokus untuk merancang strategi pengelolaan sumber daya manusia.

Belum lagi tugas-tugas tim HR yang bersifat periodik dan administratif seperti penghitungan gaji dan pajak karyawan bulanan, dan rekap absensi karyawan yang memakan waktu cukup lama.  Perhitungan dan rekap data-data dalam kegiatan administratif HR rawan sekali terjadi salah input atau salah perhitungan. Jika terjadi kesalahan input atau perhitungan, reputasi perusahaan yang menjadi taruhannya. Karyawan akan menaruh curiga kepada perusahaan dan menilai perusahaan tidak kredibel. Prasangka karyawan seperti ini akan membuat kinerja karyawan tidak lagi maksimal seperti sebelumnya. 

 

Baca Juga: Solusi Modern Pengelolaan Payroll Perusahaan

Software HR merupakan penyelesaian efektif atas problematika yang dihadapi tim HR. Seperti yang telah dijelaskan, Software HR berjalan dengan otomatis dan sistematis dalam melakukan perhitungan, pengolahan, bahkan rekap data untuk kegiatan administratif periodik seperti penggajian karyawan dan rekap absen karyawan. Semua perhitungan dan pengolahan data tersebut tidak perlu diragukan keakuratan dan kerahasiaannya.  

Setelah tugas-tugas administrasi tersebut terselesaikan dengan baik, tim HR dapat lebih fokus merancang rencana pengelolaan sumber daya manusia secara maksimal. Sumber daya manusia yang berkualitas tercipta melalui proses pelatihan, mentoring, konsultasi, dan pengawasan dari pengelolaan sumber daya manusia oleh tim HR. Pada akhirnya, sumber daya manusia berkualitas akan tercipta dalam perusahaan dan berpengaruh besar terhadap bisnis perusahaan. Luas sekali pengaruh Software HR dalam perusahaan, bukan? 

 

Tips Memilih Software HR terbaik untuk Perusahaan Anda

Sayangnya tidak semua perusahaan mampu untuk mengembangkan Software HR sendiri karena keterbatasan kemampuan internal. Oleh karena itu, perusahaan akan berupaya untuk mencari vendor layanan Software HR terbaik untuk meningkatkan proses bisnis perusahaan. Ada banyak sekali vendor layanan Software HR yang mempromosikan jasa mereka di lingkungan bisnis. Namun, memilih Software HR tidak boleh sembarangan, loh! 

Perusahaan harus paham dan tahu dengan mendetail mengenai Software HR seperti apa yang paling tepat untuk perusahaan. Ketika perusahaan memilih Software HR yang tidak cocok dengan perusahaan, justru akan melahirkan masalah baru dan menjadi pemborosan pengeluaran. Tidak ada satupun perusahaan yang ingin mengalami hal seperti ini.  Maka, perusahaan harus selektif dalam memilih Software HR. Berikut tips memilih Software HR terbaik untuk perusahaan:

 

Sesuaikan dengan Budget

Pertama, analisis ukuran bisnis perusahaan dan putuskan berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk Software HR. Mengetahui budget dan klasifikasi ukuran bisnis perusahaan akan membantu vendor untuk menyesuaikan Software HR seperti apa yang paling cocok untuk perusahan.  Budget Software HR akan sangat berbeda untuk perusahaan dengan jumlah karyawan lebih 60 dengan perusahaan dengan karyawan kurang dari 60. Dengan demikian, menyesuaikan budget dan memahami skala perusahaan sangat penting pada tahap pertama memilih Software HR. 

 

Pertimbangkan Pengalaman dan Reputasi

Bandingkan penawaran yang ditawarkan oleh vendor dengan testimoni dari perusahaan lain yang pernah menggunakan Software HR tersebut. Apakah perusahaan lain puas atau tidak? Tingkat kepuasan perusahaan lain dalam menggunakan Software HR dari vendor tertentu dapat menjadi acuan mengenai reputasi dan pengalaman vendor dalam merancang dan menawarkan Software HR. Pastikan pula bahwa vendor sudah bergerak cukup lama dalam perancangan Software HR. Vendor yang bergerak cukup lama biasanya juga memiliki pengalaman yang cukup baik. 

 

Baca Juga: Menelisik Payroll System dalam Perusahaan

 

Fitur 

Setiap Software HR tentunya memiliki fitur uniknya masing-masing. Nah, apakah fitur tersebut pas dengan kebutuhan perusahaan atau tidak? Sebaiknya perusahaan turut memastikan apakah fitur mudah digunakan atau tidak dengan meminta demo Software HR tersebut untuk mengetahui dan melihat secara langsung simulasi dari proses dan fitur Software HR. 

 

Keamanan

Software HR akan menyimpan banyak data dan informasi karyawan dan perusahaan yang bersifat rahasia. Pengamanan berlapis berupa kata sandi, kode verifikasi, dan pembatasan akses sangat berperan penting dalam menjaga keamanan data dan informasi karyawan. Ini adalah upaya dari vendor Software HR menjaga data dan informasi karyawan dari peretasan dan penyalahgunaan oleh oknum tertentu. 

 

Kompatibilitas dan Fleksibilitas 

Kemudian, pastikan kompatibilitas dan fleksibilitas Software HR. Apakah Software HR mampu diimplementasikan dalam komputer kantor sesuai dengan spesifikasi yang ada? Apakah Software HR mudah diakses dimana saja bahkan di luar kantor sekali pun? Pertanyaan sederhana tersebut mampu menyimpulkan apakah Software HR memiliki kompatibilitas yang sesuai dengan komputer kantor dan mudah diakses dimana saja atau tidak. 

 

Sebaiknya perusahaan memilih Software HR berbasis cloud yang dapat diakses dengan internet. Selain tak membutuhkan spesifikasi komputer atau laptop tertentu untuk implementasi, Software HR berbasis cloud juga mampu diakses di luar kantor menggunakan ponsel pintar sekalipun ketika memang dibutuhkan mendadak.

Perusahaan tak perlu bingung untuk memilih Software HR terbaik sesuai tips di atas. LinovHR menjawab semua pertanyaan tersebut dengan pengalaman dan reputasi unggul dalam menyediakan Software HR. Software HR terbaik  oleh LinovHR dirancang oleh tim developer yang cakap dan terlatih dalam merancang sistem. Jadi, perusahaan tak perlu gusar mengenai keamanan dan keakuratan pengolahan dan perhitungan Software HR oleh LinovHR. Di samping itu, Software HR oleh LinovHR menggunakan desain berbasis cloud sehingga kompatibel dan fleksibel untuk diakses dimana saja dan kapan saja. Tunggu apalagi? Segera kontak LinovHR dan rasakan manfaat maksimal Software HR terbaik oleh LinovHR.