potensi diri

Tips Mengembangkan Potensi Diri dalam Lingkungan Kerja

Setiap orang memiliki potensi diri yang berbeda. Semua potensi tersebut bila dikembangkan dengan maksimal dapat menjadi peluang besar bagi karier. Oleh karenanya banyak orang yang  berlomba-lomba untuk menggali potensi yang ada pada diri mereka. Mengembangakan potensi yang mereka miliki dalam lingkungan kerja sebenarnya tidaklah susah. Namun, semua itu memang membutuhkan kegigihan dan kerja keras yang berkelanjutan. 

 

Pengertian Potensi Diri

Potensi diri adalah kemampuan dan keahlian dalam individu yang belum ditemukan dan digunakan dengan maksimal. Potensi yang belum dieksplorasi dan digunakan dengan baik menjadi sia-sia belaka. Oleh karena itu, penting bagi seorang individu terutama karyawan dalam perusahaan untuk menemukan dan mengembangkan lalu menerapkan potensi terbaik yang ada dalam dirinya. 

 

Tips Mengembangkan Potensi Diri

Untuk membantu karyawan mengembangkan potensi, LinovHR akan menghimpun tips sederhana bagaimana cara mengembangkan potensi dalam diri di lingkungan kerja. Apa saja tips tersebut? 

 

1. Mengenal Diri Sendiri

Tidak mungkin bagi seseorang untuk menggali potensi jika tak mengenali diri sendiri. Mengambil tanggung jawab untuk karier dimulai dengan penilaian yang akurat tentang keterampilan dan kinerja saat ini. Dapatkah Anda memahami kekurangan dan kelebihan yang paling signifikan? Latihan untuk memahami kekurangan dan kelebihan melibatkan refleksi yang menuntut pandangan orang-orang sekitar Anda. Minta umpan balik yang sangat spesifik dan menerima masukan dari rekan maupun atasan di kantor. Pengumpulan umpan balik ini perlu menjadi proses yang berkelanjutan. Karena kemajuan karier akan menghadapi tantangan dan tuntutan baru.

 

2. Kontinu Belajar

Kebanyakan orang cenderung berpikir bahwa semuanya sudah beres begitu mereka mendapatkan pekerjaan. Padahal hal tersebut tidak tepat.  Hanya karena telah mendapatkan pekerjaan, tidak berarti Anda telah mencapai tujuan dan harus berhenti belajar.  Pendidikan dan pembelajar berkelanjutan adalah investasi yang berharga dalam karier. Seorang karyawan harus tetap belajar secara berkelanjutan untuk menemukan potensi diri. 

Dunia perlahan berubah menjadi dunia digital yang terkoneksi satu sama lain. Banyak hal yang tersedia secara online, termasuk ilmu pengetahuan. Gunakan berbagai macam platform untuk meningkatkan pengetahuan dimana dan kapan saja. Misalnya, seorang staff marketing perlu memperbaiki keterampilan dan pengetahuan melalui kursus daring gratis agar tahu cara mengatur campaign produk melalui media daring. Demikian pula staf HR harus belajar tentang teknologi terbaru untuk menerapkan teknologi dalam tugas administrasi rutin supaya lebih fokus kepada pengembangan kinerja karyawan.

 

Baca Juga: Cara Belajar Efektif untuk Menjadi Karyawan Unggulan

 

3. Menunjukkan Karakter dan Kepemimpinan

Bila Anda sebagai karyawan memiliki karakter dan kepemimpinan yang cukup kuat, artinya Anda mampu untuk membawa diri sendiri dan menggali potensi dan kemampuan diri yang baik. Karakter dan kepemimpinan membuat perbedaan antara kinerja yang buruk dan kinerja yang hebat. Para pemimpin yang hebat bersedia melakukan hal-hal untuk orang lain tanpa memperhatikan apa untungnya bagi mereka. Mereka melatih dan membimbing seluruh karyawan untuk bekerja lebih baik dalam mencapai tujuan perusahaan.  Mereka juga mencari tahu apa yang bisa dilakukan jika perlu mengambil keputusan maupun merancang strategi.

.

4. Tidak Takut Gagal

Dalam proses untuk belajar dan bekerja, terkadang banyak orang dihadapkan masalah yang membawa kegagalan. Kegagalan dialami dalam proses pembelajaran adalah hal yang normal. Hampir semua orang yang ahli dibidang tertentu pun pernah gagal. Jatuh dalam kegagalan bukan berarti individu tersebut tidak mampu bangkit dan melangkah kembali. Beranilah untuk mengambil resiko gagal dalam progress Anda. Lakukan motivasi diri dengan mengingat tujuan awal mengapa Anda mengambil langkah karier yang ditempuh. Cobalah juga untuk membayangkan cita-cita yang ingin dicapai. Dengan begitu, Anda akan lebih kuat dari sebelumnya.

 

5. Apresiasi Diri

Saat berhasil dan meraih pencapaian kecil, maka catatlah dan apresiasi diri Anda. Kemudian buatlah target pencapaian berikutnya. Apresiasi diri dalam bentuk hal-hal kecil dapat membangun keyakinan terhadap kemampuan diri sehingga Anda lebih mudah dalam menemukan potensi lain yang ada. Selain itu,  apresiasi diri membawa Anda untuk membangun rasa kepercayaan diri yang besar dan menyebarkan positive vibes bagi rekan di sekitar. Dengan begini, Anda lebih semangat untuk melangkah meraih tujuan selanjutnya.

 

6. Konsisten

Menggali potensi diri tidak lepas dari hal-hal sederhana yang dilakukan tiap hari dengan konsisten. Semua hal besar dimulai dari hal baik kecil dan sederhana yang Anda biasa lakukan tiap harinya. Tetapkan to-do-list dan catat semua kegiatan yang akan Anda lakukan tiap harinya. Catatan tersebut juga berguna untuk menentukan kegiatan mana yang paling penting atau memiliki tingkat urgensi yang besar dibandingkan kegiatan lain. Waktu yang terbuang pun semakin sedikit sehingga Anda mempunyai waktu yang lebih banyak untuk eksplorasi potensi dalam diri. 

 

Baca Juga: 8 Kiat Menentukan Skala Prioritas Pekerjaan 

 

7. Jangan Berlebihan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Potensi yang ada dalam tiap-tiap diri seseorang pastinya berbeda dengan orang lainnya. Begitu pula pencapaian tiap individu tidak akan sama dengan pencapaian orang lain.  Jadi, Anda tak perlu membandingkan diri dengan orang lain secara berlebihan. Hargailah segala potensi dan pencapaian diri yang ada dalam diri. Agar tak selalu membandingkan diri, latihlah potensi tersebut agar menjadi istimewa dan menjadi unik sesuai diri Anda. Langkah menuju tujuan pun lebih menantang dan lambat laun akan membangun diri lebih kuat. 

 

Itulah tips sederhana mengembangkan potensi diri di lingkungan kerja. Tidak ada satu pun orang yang mampu menggali potensi dalam diri lebih baik selain diri sendiri. Maka, sebagai seorang karyawan dan manusia seutuhnya, Anda harus mandiri untuk belajar dan eksplorasi diri sendiri untuk menjadi individu unggulan. Pada akhirnya potensi yang maksimal akan membawa kepada perkembangan karier dan Anda sendirilah yang menikmati hasil tersebut. Nah, siapkah Anda untuk berhadapan dengan potensi terbaik dalam diri Anda?