digital employee experience

Best Practice Meningkatkan Digital Employee Experience di Perusahaan

Digital employee experience atau yang sering disingkat DEX saat ini sudah menjadi bagian penting dalam pengalaman menyeluruh seorang karyawan semenjak hadirnya opsi pekerjaan secara jarak jauh maupun hybrid

Hal ini melibatkan berbagai teknologi yang menunjang kolaborasi pekerja yang disediakan oleh perusahaan. 

Mulai dari perangkat, aplikasi, dan jaringan yang mendukung kinerja karyawan. Konsep ini melibatkan budaya perusahaan, employee engagement, dan kemampuan perusahaan untuk berinovasi.

Lalu cara apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam meningkatkan pengalaman digital employee? Untuk mengetahui lebih jauh, simak penjelasan artikel LinovHR berikut sampai tuntas ya!

  

Apa Itu Digital Employee Experience?

Digital employee experience atau pengalaman karyawan digital adalah cerminan dari seberapa efektif para karyawan berinteraksi dengan alat digital pada tempat kerja yang mereka miliki, serta seberapa mampu karyawan untuk terlibat, cakap, dan produktif.

Dalam sistematikanya, DEX mencakup teknologi antarmuka guna memantau alur kerja dan produktivitas para karyawan, melakukan komunikasi dan kolaborasi dengan mudah serta secara real time, serta untuk melakukan pelatihan untuk mengembangkan profesionalisme karyawan.

 

Mengapa Perlu Memerhatikan Digital Employee Experience? 

Perusahaan yang memerhatikan digital employee experience tentu akan memberikan kemudahan bagi para karyawan untuk mengakses segala informasi yang dibutuhkan oleh mereka.

Adapun beberapa alasanya, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Mempersiapkan Lingkungan Kerja Pasca Pandemi

Dengan adanya bantuan alat digital, maka dapat memungkinkan bagi para perusahaan dan karyawan untuk melakukan pekerjaan melalui jarak jauh secara efisien. Dengan memanfaatkan bantuan alat digital, maka pekerjaan bisa dilakukan dengan cara yang lebih fleksibel.

 

  1. Meningkatkan Pengalaman Karyawan Secara Keseluruhan

Dengan meningkatkan digital employee experience, maka perusahaan dapat mendukung keterlibatan para karyawan dalam melakukan interaksi secara digital. Hal tersebut tentu akan meningkatkan pengalaman bagi para karyawan secara keseluruhan. 

 

  1. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Dengan menggunakan alat yang memadai, tentu perusahaan dapat meningkatkan produktivitas para karyawan walaupun melakukan pekerjaan melalui jarak jauh.

 

  1. Profitabilitas Lebih Tinggi

Jika perusahaan dapat membuat para karyawan merasa bahagia akan pekerjaannya, maka karyawan akan lebih produktif dalam melakukan pekerjaannya. Hal tersebut tentu akan membantu perusahaan untuk menghasilkan profit yang lebih tinggi. 

 

  1. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Mengutip melalui aihr, penelitian menunjukkan bahwa pengalaman karyawan dan pengalaman pelanggan saling memiliki keterkaitan.

Dengan menggunakan pengalaman digital karyawan, maka karyawan akan memiliki pengalaman yang lebih baik dan secara tidak langsung hal tersebut akan berkaitan dengan pengalaman pelanggan.

 

Baca Juga: Seperti Apa Implementasi Digital Workplace?

 

Cara Meningkatkan Pengalaman Karyawan Digital di Perusahaan

Di dalam menerapkan digital employee experience, perusahaan perlu mengetahui bagaimana cara dalam meningkatkan pengalaman karyawan digital di perusahaan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memprioritaskan kebutuhan karyawan dalam memenuhi pekerjaannya.
  2. Membuat peta jalan yang jelas guna membantu perusahaan dalam mengevaluasi keseluruhan proses.
  3. Mengomunikasikan strategi digital employee experience yang akan dilakukan oleh perusahaan kepada seluruh karyawan agar mereka mengetahui tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan.
  4. Jangan terlalu cepat untuk melakukan inovasi terhadap digital, karena hal tersebut dapat menyebabkan beberapa dampak seperti kebingungan dan penolakan.
  5. Perusahaan memberikan pelatihan dan dukungan kepada karyawan, selain itu perusahaan juga harus bisa mentolerir para karyawan jika mereka melakukan kesalahan.

 

Software HR LinovHR Sebagai Cara Meningkatkan Digital Employee Experience

Melibatkan teknologi dalam kegiatan perusahaan sudah bukan lagi hal yang bisa ditawar. Kehadiran teknologi dalam proses kerja membuatnya lebih efektif dan efisien.

Hal ini juga akan menambah pengalaman berbeda pada karyawan. Di mana mereka dapat bekerja lebih produktif karena teknologi mempersingkat proses kerja mereka.

Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan, ketika karyawan dapat bekerja lebih produktif maka tujuan perusahaan akan lekas tercapai, cost yang dikeluarkan pun lebih efisien. 

Tidak sampai situ, penggunaan teknologi pun memberikan data yang real kepada perusahaan. Data ini sangat berguna sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.

Adanya teknologi pun membuat perusahaan mempunyai sentralisasi data, sehingga tidak ada data yang tercecer atau bocor ke tangan yang salah. Salah satu penerapan teknologi yang sudah harus digunakan perusahaan adalah software HRIS.

 

software hris

 

Penggunaan software HRIS seperti LinovHR dapat meningkatkan digital employee experience. Ini karena software HRIS LinovHR memiliki berbagai modul lengkap yang membantu administrasi perusahaan.

Mulai dari database karyawan yang berbasis digital, penghitungan gaji secara otomatis, sampai dengan pengaturan jadwal dan cuti karyawan semua tidak lagi diatur secara manual tapi berbasis teknologi HRIS.

Tidak sampai situ saja, software HRIS LinovHR juga dilengkapi dengan ESS yang memungkinkan karyawan terlibat secara aktif dalam penggunaan teknologi.

Dengan aplikasi ESS yang dapat diinstal di Android atau iOS, karyawan dapat melakukan absen berbasis geolocation dan face recognition, mengajukan cuti, izin, sampai reimbursement.

 

Aplikasi Absensi Online
Aplikasi ESS LinovHR

 

Selain itu, karyawan juga dapat secara mandiri memperbarui profil database kepegawaian mereka.

Dengan begini, dalam satu software perusahaan dapat mengurus administrasi  dan meningkatkan pengalaman digital karyawan lebih mudah, efektif, dan efisien.

Tunggu apa lagi? Segera gunakan Software HRIS LinovHR sekarang juga!

Itulah informasi mengenai digital employee experience yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda!